Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p238-247Keywords:
Hasil Belajar, Kontruktivisme, Sekolah DasarAbstract
Pendekatan konstruktivisme merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan siswa aktif dalam belajar langsung dengan membentuk pengetahuan baru yang dikonstruksi dari makna dan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendekatan konstruktivisme dalam pelaksanaan pembelajaran di SD terhadap peningkatan hasil belajar berdasarkan jurnal-jurnal ilmiah yang dipublikasikan terindeks SINTA selama sepuluh tahun terakhir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode tinjauan pustaka terhadap 20 artikel jurnal yang bersumber dari Google Scholar dan Publish or Perish. Pendekatan konstruktivisme dapat dikaitkan dengan lingkungan sekitar. Hasil tinjauan literatur berupa klasifikasi untuk penelitian di mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, PKN, Bahasa Indonesia dan Seni. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat diintegrasikan dengan model pembelajaran seperti model pembelajaran Discovery learning, Cooperative learning, Problem Based Learning (PBL), dan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan penelitian tersebut penerapan pendekatan konstruktivisme dapat melatih, meningkatkan, dan memberikan efek positif terhadap keterampilan-keterampilan di abad 21, seperti keterampilan berpikir kritis, menulis, membaca, komunikasi, kerja sama dan keterampilan kreatif.
References
Aaliyah, N. B., Sukardi, S., & Heldayani, E. (2023). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sd N 140 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4756-4765.
Aidawati, A., & Oktavia, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Implementasi Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Materi Perubahan Lingkungan Di Sd Negeri Geulumbang Aceh Barat. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).
Arista, R., & Nurhasana, P. D. (2023). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri 4 Tugumulyo. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 479-491.
Daswarman, D. (2016). Implikasi Pendekatan Konstruktivisme dalam Pemecahan Masalah Matematika bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal CERDAS Proklamator, 4(1).
Dhani, M. I., Aziz, T. A., & El Hakim, L. (2022). Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(4), 1236-1241.
Fitria, D., Lestari, M., Aisyah, S., Renita, R., Dasmini, D., & Safrudin, S. (2021). Meta-Analisis Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Simki Economic, 4(2), 192-199.
Indrawati, T. (2015). Peningkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas V Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 40. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v15i1.5243
Karmila, E., & Husna, A. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Membuat Karya Kerajinan Tangan Melalui Pendekatan Kontruktivisme Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 25 Air Dingin Kecamatan Lembah Gumanti. Jurnal Dimensi, 6(3).
Ningsih, D., & Satria, E. (2015). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Membaca Nyaring Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Iv Sd Negeri 03 Koto Bangun Kabupaten 50 Kota. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3).
Putri, V. E. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1).
Rohman, T., & Ekasari, P. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Penjumlahan Pecahan dengan Pendekatan Konstruktivisme. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(1), 1-9.
Safiudin, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 12-22.
Santi, J. (2013). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tumbuhan Hijau di Kelas V SDN 3 Tolitoli. Jurnal Kreatif Online, 4(3).
Sarpika, E., Hambali, H., & Arief, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri Mangasa I Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 2(1), 204. https://doi.org/10.26618/jkpd.v2i1.1081
Sulistya, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pembagian Pecahan Biasa dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SD Negeri 03 Silaut Kabupaten Pesisir Selatan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 6-15.
Wardani, S. (2020). Pendekatan Kontruktivisme Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 3, No. 3, pp. 1601-1606).
Widiasih, N. P. A. (2020). Pengaruh model discovery learning berorientasi konstruktivisme sosiokultural terhadap curiosity dan hasil belajar ipa siswa kelas iv sd negeri gugus ra kartini denpasar barat. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 34-41.
Yunan, M., & Andriani, R. Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PKn.
Yusnimarniarti, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Konstruksi dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 04 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(1), 52-57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/grafik.png)
![](https://journal.unesa.ac.id/public/site/pdf.png)