Evaluasi Peluang yang Tepat untuk Pengembangan Sekolah Islam (Studi Kasus di MIS Nurul Islam Cibarengkok)

Authors

  • Anisa Puspitasari Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Susilawati Susilawati Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhamad Haris Abiyu Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Muhajir Muhajir Universitas Islam Negri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p203-215

Keywords:

Evaluation, Opportunities, Education, Management, Schools

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi managemen pendidikan yang terdapat di MIS Nurul Islam Cibarengkok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, selanjutnya pengumpulan dengan sumber data sekunder dan primer. Data sekunder yang diperoleh melalui studi literatur, seperti jurnal atau artikel, buku dan bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan tema yang diangkat oleh peneliti dan sumber data primer meliputi wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan Islam yang telah diterapkan oleh MIS Nurul Islam Cibarengkok sudah terlaksana dengan baik dan efektif, karna lembaga islam MIS Nurul Islam Cibarengkok telah menerapkan 6 komponen managemen yang sangat penting bagi pengembangan sekolah islam secara tepat.

References

E. Eriyanto, & Junaidi, J. Pendidikan Islam Perspektif Manajemen. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, Vol. 3, No.

(2018): 32.

https://doi.org/10.35316/jpii.v3i1.85 Fiantika, feny rita. Metodologi Penelitian

Kualitatif. PT. Global Ekslusif Teknologi, 2022.

Getteng, Abd. Rahman. Pendidikan Islam dalam Pembangunan. Ujung Pandang: Yayasan al-Ahkam (1997).

https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.33 Listiowaty, Endang. Konsep Manajemen

Pendidikan Berbasis Islam dalam Upaya Pencapaian Tujuan Pendidikan. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2 (2020): 107.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/Tahdzi bi/article/download/7872/4690

Marzuki, Ismail, and Lukmanul Hakim.

Mappanganro. Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah (Ujung pandang: Yayasan Ahkam, 1996).

Mulyasa,. E. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung PT. Remaja Rosdakarya, (2005).

Nizar, Samsul & Zainal Efendi Hasibuan. Hadis Tarbawi, membangun kerangka pendidikan ideal perspektif Rasulullah. Jakarta: PT. Kalam Mulia (2011).

Solehuddin., M. Manajemen Pendidikan Islam dan Implikasinya. Article: STAI Ar- Rosyid Surabaya(2018)https://ejournal.staiarros yid.ac.id/index.php/risda/article/downloa d/2/2

Sulistiyorini. Manajemen Pendidikan Islam, Surabaya: ELKAF (2006).

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya (1999).

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Puspitasari, A., Susilawati, S., Abiyu, M. H., & Muhajir Muhajir. (2024). Evaluasi Peluang yang Tepat untuk Pengembangan Sekolah Islam (Studi Kasus di MIS Nurul Islam Cibarengkok). Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(3), 203–215. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n3.p203-215
Abstract views: 14 , PDF Downloads: 19