KOMET-QR Kartu Eksplorasi Etnomatematika-QR Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Annas Solihin Universitas Negeri Surabaya
  • Ika Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p64-79

Keywords:

Flat building, Ethnomathematics, QR-Code

Abstract

KOMET-QR (Quick Response Ethnomathematics Exploration Card) is an innovative learning media that combines Ethnomathematics and QR-Code technology, providing an interactive experience between digital resources not only in the classroom, but also facilitating learning outside class hours. With interactivity, contextuality, and respect for local wisdom, KOMET-QR is effective in increasing understanding of Bangun Datar for fourth grade elementary school. This research is development research or Research and Development (R&D) using the ADDIE development model. The research results showed material validity of 94% and media validity of 97.33%, both in the "Very Valid" category. Media effectiveness was 98.31%, with the category "Very Effective," seen from a significant increase in the posttest. Practicality reached 96.95% with the category "Very Practical." With high validity, effectiveness and practicality results, KOMET-QR was declared suitable for use in learning activities.

References

DAFTAR PUSTAKA

Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Perspektif Budaya Madura. http://mass.iain-jember.ac.id

Afriansyah, E. A. (2022). Peran RME terhadap Miskonsepsi Siswa MTs pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Anwar. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Luas Bangun Ruang Melalui Benda Konkret Sekitar Siswa Kelas VI SDN Talabiu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(1).

Aprilianti Sopian, L., Banindra Yudha, C., & Oktaviana, E. (2020). Penerapan Media Papan Geoboard pada Pembelajaran Matematika.

Arnidha, Y. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Bangun Datar. JPGMI, 3(1), 53–61.

Arwanto, M., & Pd. (t.t.). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA BATIK TRUSMI CIREBON UNTUK MENGUNGKAP NILAI FILOSOFI DAN KONSEP MATEMATIS.

Astriandini, M. G., Yosep, D., & Kristanto, D. (2021). Kajian Etnomatematika Pola Batik Keraton Surakarta Melalui Analisis Simetri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 10(1). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Astutiningtyas, E. L. (2017). Ethno-Module Kombinatorik dan Kesadaran Metakognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 47–52. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm

Aufa, S., & Zuryanty. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 14 Sungai Aur. Journal Of Social Science Research, 3(2), 3074–3083.

Aziz, A. N., Sugiman, S., & Prabowo, A. (2016). Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Slow Learner di Kelas Inklusif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 111. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4168

Dwi Astuti, R., & Ulfah, A. (2019). Pengembangan Media Permainan Lajur Bata (Langkah Juara Bangun Datar) Untuk Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas 4 Sekolah Dasar. Dalam Fundamental Pendidikan Dasar (Vol. 1, Nomor 1).

Dwi Lestari, A., Wijayanti, R., & Susilawati, L. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD BERBASIS AKM PADA MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN SCAN QR. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 311–317.

Ernia, S., & Wahyudi. (2023). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika melalui Model Discovery Learning. Journal Of Social Science Research, 3, 3017–3026.

Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , 10(2). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Febriyanti, A., Sukasno, & Mandasari, N. (2020). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha (Vol. 11, Nomor 1).

Fiquroisyin, D. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Harahap, M., Mujib, A., & Syahri Nasution, A. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. http://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS

Irmayanti, Islamiah, N., & Syarifuddin. (2020). Analisis Sosiomatematika Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Pada Siswa SDN 224 Palae. JTMT Jurnal Tadris Matematika, 1. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm

Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Mulyawati, F. (2023). Karakteristik Belajar dan Pembelajaran Anak Usia Sekolah Dasar (SD). Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2).

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, 3(9).

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34.

Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 2(3), 320. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69

Kurniawan, D. A. (2021). Pelestarian Budaya Jawa Melalui Pembelajaran Kreatif di Desa Slogoretno Sebagai Wujud Gerakan Nasionalisme. JURNAL CANDI, 21.

Magdalena, I., Wizy Astuty, H., Valentina, F. R., Devita, N., & Tangerang, U. M. (2020). Penanganan Kasus Kesulitan Belajar Matematika Pada Kelas VI SDN Karawaci Baru 4. Dalam PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Nomor 1). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Ma’rifah Setiawati, S. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar ? (Vol. 35, Nomor 1).

Medhika, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian Melalui Benda Konkret Kelas II Di SDN Pamotan Ii Porong.

Miftahuddin, M., & Arofah, F. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Hitung Sebagai Media Pembelajaran Perkalian Pada Siswa Kelas IV. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 108–116. https://doi.org/10.24176/jino.v2i2.4525

Muhsetyo, G., & Sc, M. (2014). Pembelajaran Matematika Berdasarkan KBK.

Munawar, G., & Dini, F. A. (2022). Prototipe E-Wallet Berbasis Mobile untuk Mendukung Transaksi Elektronik di Lingkungan Kampus. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 10(4), 355. https://doi.org/10.26418/justin.v10i4.47495

Nahak, H. M. I. (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Nuraini, F., Mahfiroh, L., Fitrotunnida, T., & Praredya, B. (2023). Eksplorasi Pola dan Bentuk Simetri Gerakan Tari Tradisional Berbasis Etnomatematika pada Tari Nanas Madu.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019a). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019b). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Okta Marinka, D., Febriani, P., & nyoman Wirne, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Dalam Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 03, Nomor 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Perdana Aprilianti, P., Astuti, D., & Dahlan, A. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.691-702

Pratiwi, J. W., Pujiastuti, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng (Vol. 05, Nomor 02). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Prima, V., Bandaso, D., & Harjono, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website “Geo Me Try” untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Peserta Didik Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(7), 610–623. https://doi.org/10.5281/zenodo.7827286

Rahmawati, I., & Chintia. (2021). Pengembangan “Kawan Rusa” (Kartu Awan Rumus Dan Sifat) Berbasis E-Card Interaktif Materi Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(10), 3551–3565.

Rahmawati, I., & Febriyanti, I. (2020). Pengembangan Media Kartu Domino Hitung Matematika-Kode Quick Response (KOMIKA-QR) Pada Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar.

Rahmawati, I., & Zulkifli, A. (2020). Eksplorasi Rumah Adat Joglo Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar.

Retnodari, W., Faddia Elbas, W., & Loviana, D. S. (2020). Scaffolding Dalam Pembelajaran Matematika (Vol. 1).

Sanna Erika, & Isdaryanti. (2019). Role of teachers in students’ mathematics learning processes based on robotics integration. Learning, Culture and Social Interaction, 21. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2019.04.005

Saputra, A. W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGMI Pada Mata Kuliah Matematika Materi Geometri Ruang Dan Alternatif Solusinya. PELITA Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1, 53–60.

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. 6(2). http://e-mosharafa.org/

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081

Sofiah, A. M., & Isdaryanti. (2023). Pengembangan Media KABARU (Kartu Bangun Ruang) Berbasis Qr-Code Pada Pelajaran Matematika Kelas V SD. Dalam Joyful Learning Journal (Vol. 12, Nomor 2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj

Stit, Y. S., & Nusantara, P. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Dalam EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 2, Nomor 3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=kQ1SDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Pembelajaran+merupakan+suatu+bentuk+bantuan+yang+diberikan+oleh+pendidik+kepada+peserta+didik+agar+peserta+didik+dapat+memperoleh+ilmu+dan+pengetahuan&ots=d_wHBUkr8T&sig=8dEacR2erqI0cQBKgOM8ixSjeK8&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Suhartini, & Maryanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, II(2).

Surat, I. M. (2018). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika sebagai Inovasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, VII(2), 143–154. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548083

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Taris, L., & R, M. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Anti Korupsi Berbasis Gender Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Di SD.

Twyman, J. S., & Heward, W. L. (2018). How to improve student learning in every classroom now. International Journal of Educational Research, 87. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2016.05.007

Ulfa Ningrum, H. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self Efficacy Pada Pembelajaran Matematika SMA. PRISMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 679–686. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Ulva, M., & Amalia, R. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (AUTISME) di Sekolah Inklusif. Dalam JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education JOURNAL ON TEACHER (Vol. 1).

Unaenah, E., Ayumi, A., Nuraulia, D., & Sundari, L. (2023). Konsep Matematika Siswa Dalam Menuntaskan Permasalahan Bangun Datar. 2(4). http://jurnal.anfa.co.id

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., Safitri, T., & Tangerang, U. M. (2020). Teori Brunner Pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Nomor 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2021). Integrasi Kearifan Lokal Pada Pembelajaran di SD Melalui Etnomatematika dan Etnosains (Ethnomathscience). Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 335–341. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i2.5243

Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2).

Wiryanto, & Jannah, M. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino Hitung Matematika-Kode Quick Response (KOMIKA-QR) Pada Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar.

Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 127–131. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas

Zahrani, N. (2023). Pemanfaatan Smart Apps Creator (Sac) Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi: Rubik (Rumah Bahasa Indonesia Kita). Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(7). https://doi.org/10.5281/zenodo.8289840

Zulfa, O. N., Grahito Wicaksono, A., & Prihastari, E. B. (2023). Pemanfaatan Etnomatematika untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Senggrong. Journal on Education, 05(04), 11894–11908.

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Solihin, A., & Rahmawati, I. (2024). KOMET-QR Kartu Eksplorasi Etnomatematika-QR Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p64-79
Abstract views: 204 , PDF Downloads: 170