Peran Kepala Sekolah sebagai Edupreneur dalam Transformasi Sekolah yang Unggul

Authors

  • Sofiyudin Arif UIN K. H. Abdurrahman Wahid

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p24-31

Keywords:

principal, edupreneur, excellent school

Abstract

The main problem in the world of education is the lack of development of Edupreneurial leadership, involving uncertainty of roles, resource constraints, conflict management, teacher performance assessment, and relationships with parents and the community. Therefore, this research aims to investigate effective strategies that can be used by school principals as Edupreneurs in creating excellent school transformations, with a focus on identifying Edupreneurship principles into school policies and practices. This research uses a literature review research method with a descriptive analysis type. From the research, it is found that the role of the school principal as an edupreneur in directing school transformation through a combination of transformational, distributive, and servant leadership models, supported by innovation diffusion strategies, organizational learning, strategic management, and change management, forms a solid framework for achieving educational excellence.

References

Arifin, M., & Gunawan, G. (2020). Entrepreneurial leadership models in the 21st century for vocational education. In Utopia y Praxis Latinoamericana (Vol. 25, Issue Extra 6, pp. 175–188). https://doi.org/10.5281/zenodo.3987599

Arwildayanto, A., & Arifin, A. (2021). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul. Tudent Journal of Educational Management, 248–264.

Bafadal, I. (2016). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Sekolah. Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–9.

Darwisyah, D., Nur Rohcbani, I. T., Desvitasari, D., Armawati, A., & Maisah, M. (2020). Manajemen Strategi Perubahan Lembaga Pendidikan Islam Pada Pascasarjana Uin Sts Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i2.385

Dewadi, F. M. (2021). Pengembangan Sistem Homeschooling Dalam Inovasi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.5

Dewanta, S. N., & Wibowo, U. B. (2014). Penerapan Manajemen Konflik Berbasis Sekolah Studi Kasus Di Dua Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 93–105. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2412

Hasan, H. A. (2020a). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.

Hasan, H. A. (2020b). Pendidikan kewirausahaan: Konsep, karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan generasi Muda. PILAR, 11(1).

Ibrahim, I., & Don, Y. (2014). Kepimpinan servant dan pengaruhnya terhadap pengurusan perubahan di sekolah. Jurnal Pendidikan Malaysia, 19–26.

Karawang, U. S., & Yanto, E. S. (2015). Mengatasi Keterbatasan Sumber Daya Pengajaran dan Pembelajaran bahasa Inggris di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. 2(5), 58–73.

Kuswaeri, I. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(2), 1–13.

Lazwardi, D. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Pendidikan, 1(1).

Lie, T. L., & Kusuma, F. P. (2022). Model Kepemimpinan Berkelanjutan: Sebuah Kajian Kritis Kepemimpinan Dan Manajemen Tokoh Musa Berdasarkan Keluaran 18: 1-27. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 238–262.

Mamlakah, T., & Suklani. (2023). Guru Profesional : Menggali Kompetensi Dan Mengasah Karakteristik. Adiba: Journal of Education, 3(4), 447–453.

MAR’A, E. I. (2017). RANCANGAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT EKSEKUSI STRATEGI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA X DI SURABAYA. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Maulana, R., Muzakky, R., Muzakky1, R., Mahmuudy2, R., & Faristiana, A. R. (2023). Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 240–255.

Maulia, R. (2020). PENGELOLAAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMKN 3 BANDA ACEH. In Pascasarjana UIN Bandda Aceh.

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS BERBANTUAN WHITEBOARD ANIMATION DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN ABAD-21 DI MI THORIQUL ULUM LAMONGAN. In PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.

Omar, N. H. C., Hamid, A. H. A., & Othman, N. (2021). KORELASI ANTARA AMALAN KEPIMPINAN DISTRIBUTIF PENGETUA DENGAN AMALAN KEPIMPINAN GURU SEKOLAH MENENGAH DI MUADZAM SHAH, PAHANG. International Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 142–161.

Prabawanti, B. E., & Herman, S. Y. S. (2019). Sukses Membangun Kewirausahaan Sosial: Konsep, Teori, & Praktik. Penerbit Unika Atma Jaya.

Ramadani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SDN Berbeluk 1. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SDN Berbeluk 1, 5(2), 1–12.

Rayatin, L., Novieastari, E., & Afifah, E. (2018). Model Kepemimpinan Servant Paling Dominan Berhubungan dengan Kinerja. Universitas Aufa Royhan.

Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 213–223.

Roziqin, Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161

Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26–34.

Saufi, A., & Hambali, H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.497

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kompri. (2020). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung PT. Remaja Rosdakarya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84.

Setupaa, M., & Yuliana, L. (2022). Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah. 1(1), 1–21.

Sulasari, A. (2016). Pengembangan Metode Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Karakter Wirausaha Mahasiswa di Politeknik Negeri Malang. Akutansi Bisnis & Manajemen (ABM), 23(1), 16–28.

Suncaka, E. (2023). Manajemen Konflik Di Sekolah. Journal on Education, 5(4), 45–55. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i1.22

Syamsu, Azma, & Minabari, M. (2023). Peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai edupreneurship di smk negeri pariwisata parigata parigi kabupaten parigi moutong. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 2, 237–242.

Tamam, B., & Muadin, A. (2019). Implementasi Edupreuneurship Dalam Pembentukan Karakter Sekolah Unggul. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 13–21.

Taqwina, A., Giatman, M., & Ernawati, E. (2022). Kepemimpinan manajemen sekolah serta tantangan pada era 4.0. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 199. https://doi.org/10.29210/30031745000

Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p181

Arifin, M., & Gunawan, G. (2020). Entrepreneurial leadership models in the 21st century for vocational education. In Utopia y Praxis Latinoamericana (Vol. 25, Issue Extra 6, pp. 175–188). https://doi.org/10.5281/zenodo.3987599

Arwildayanto, A., & Arifin, A. (2021). Implementasi Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Unggul. Tudent Journal of Educational Management, 248–264.

Bafadal, I. (2016). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Rangka Peningkatan Akuntabilitas Sekolah. Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–9.

Darwisyah, D., Nur Rohcbani, I. T., Desvitasari, D., Armawati, A., & Maisah, M. (2020). Manajemen Strategi Perubahan Lembaga Pendidikan Islam Pada Pascasarjana Uin Sts Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(2), 223–232. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i2.385

Dewadi, F. M. (2021). Pengembangan Sistem Homeschooling Dalam Inovasi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 5.0. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.5

Dewanta, S. N., & Wibowo, U. B. (2014). Penerapan Manajemen Konflik Berbasis Sekolah Studi Kasus Di Dua Sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 93–105. https://doi.org/10.21831/amp.v2i1.2412

Hasan, H. A. (2020a). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik, dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 99–111.

Hasan, H. A. (2020b). Pendidikan kewirausahaan: Konsep, karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan generasi Muda. PILAR, 11(1).

Ibrahim, I., & Don, Y. (2014). Kepimpinan servant dan pengaruhnya terhadap pengurusan perubahan di sekolah. Jurnal Pendidikan Malaysia, 19–26.

Karawang, U. S., & Yanto, E. S. (2015). Mengatasi Keterbatasan Sumber Daya Pengajaran dan Pembelajaran bahasa Inggris di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. 2(5), 58–73.

Kuswaeri, I. (2017). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(2), 1–13.

Lazwardi, D. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU. Jurnal Pendidikan, 1(1).

Lie, T. L., & Kusuma, F. P. (2022). Model Kepemimpinan Berkelanjutan: Sebuah Kajian Kritis Kepemimpinan Dan Manajemen Tokoh Musa Berdasarkan Keluaran 18: 1-27. CHARISTHEO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 238–262.

Mamlakah, T., & Suklani. (2023). Guru Profesional : Menggali Kompetensi Dan Mengasah Karakteristik. Adiba: Journal of Education, 3(4), 447–453.

MAR’A, E. I. (2017). RANCANGAN BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT EKSEKUSI STRATEGI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA X DI SURABAYA. UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Maulana, R., Muzakky, R., Muzakky1, R., Mahmuudy2, R., & Faristiana, A. R. (2023). Transformasi Pesantren Menghadapi Era Revolusi Digital 4.0. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(3), 240–255.

Maulia, R. (2020). PENGELOLAAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SMKN 3 BANDA ACEH. In Pascasarjana UIN Bandda Aceh.

Nadialista Kurniawan, R. A. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS BERBANTUAN WHITEBOARD ANIMATION DALAM MENUMBUHKAN KETERAMPILAN ABAD-21 DI MI THORIQUL ULUM LAMONGAN. In PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.

Omar, N. H. C., Hamid, A. H. A., & Othman, N. (2021). KORELASI ANTARA AMALAN KEPIMPINAN DISTRIBUTIF PENGETUA DENGAN AMALAN KEPIMPINAN GURU SEKOLAH MENENGAH DI MUADZAM SHAH, PAHANG. International Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 142–161.

Prabawanti, B. E., & Herman, S. Y. S. (2019). Sukses Membangun Kewirausahaan Sosial: Konsep, Teori, & Praktik. Penerbit Unika Atma Jaya.

Ramadani, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SDN Berbeluk 1. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (Ar) Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SDN Berbeluk 1, 5(2), 1–12.

Rayatin, L., Novieastari, E., & Afifah, E. (2018). Model Kepemimpinan Servant Paling Dominan Berhubungan dengan Kinerja. Universitas Aufa Royhan.

Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 213–223.

Roziqin, Z. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Sekolah Unggul. As-Sabiqun, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i1.161

Saragih, R. (2017). Membangun usaha kreatif, inovatif dan bermanfaat melalui penerapan kewirausahaan sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26–34.

Saufi, A., & Hambali, H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.497

Setiyadi, B., & Rosalina, V. (2021). Kompri. (2020). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung PT. Remaja Rosdakarya. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 75–84.

Setupaa, M., & Yuliana, L. (2022). Peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya sekolah. 1(1), 1–21.

Sulasari, A. (2016). Pengembangan Metode Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Karakter Wirausaha Mahasiswa di Politeknik Negeri Malang. Akutansi Bisnis & Manajemen (ABM), 23(1), 16–28.

Suncaka, E. (2023). Manajemen Konflik Di Sekolah. Journal on Education, 5(4), 45–55. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i1.22

Syamsu, Azma, & Minabari, M. (2023). Peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai edupreneurship di smk negeri pariwisata parigata parigi kabupaten parigi moutong. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0), 2, 237–242.

Tamam, B., & Muadin, A. (2019). Implementasi Edupreuneurship Dalam Pembentukan Karakter Sekolah Unggul. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 13–21.

Taqwina, A., Giatman, M., & Ernawati, E. (2022). Kepemimpinan manajemen sekolah serta tantangan pada era 4.0. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 199. https://doi.org/10.29210/30031745000

Wibawani, D. T., Wiyono, B. B., & Benty, D. D. N. (2019). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(4), 181–187. https://doi.org/10.17977/um027v2i42019p181

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Arif, S. (2024). Peran Kepala Sekolah sebagai Edupreneur dalam Transformasi Sekolah yang Unggul . Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 24–31. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p24-31
Abstract views: 196 , PDF Downloads: 224