Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD

Authors

  • Elma Citra Maylia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aghista Putri Amelia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dina Mayadiana Suwarna Universitas Pendidikan Indonesia
  • Izzah Muyassaroh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jenuri Jenuri Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p32-41

Keywords:

Critical thinking, Inquiry, Learning strategy

Abstract

ABSTRAK

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang menjadi faktor pendukung keberhasilan belajar peserta didik. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan karena pemilihan model pembelajaran yang kurang bervariasi, tidak disesuaikan dengan karakteristik siswa. Inkuiri adalah salah satu cara penyampaian pelajaran dengan penelaah sesuatu yang bersifat mencari secara kritis, analisis dan argumentative dengan menggunakan langkah - langkah tertentu menuju suatu kesimpulan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur atau kajian pustaka dengan melakukan pencarian informasi dan data yang valid atau terpercaya dan relevan dengan topik penelitian sebanyak 26 jurnal. Berdasarkan hasil pengamatan, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dengan model inkuiri sangat dianjurkan melatih berpikir kritis tertutama siswa SD.

 

Keywords: Berpikir Kritis, Inkuiri, Strategi Pembelajaran

References

Antoni, A. M., Hidayat, F., & Khatimah, H. (2021). META ANALISIS PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATA PELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 135-141.

Cahyono, C., Sukarliana, L., & Mulyana, D. (2021). Penerapan model pembelajaran inquiry dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 161-171.

Diana, E. R., & Anugraheni, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 612-621.

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277-1285.

Firdausi, B. W., Warsono, W., & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229-243.

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar (Cover Baru). Grasindo.

Hadisi, L. (2014). Inkuiri: Sebuah strategi menuju pembelajaran bermakna. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 7(2), 85-98.

Hasyda, S. (2021). Implementasi JIM (Juris Prudential Inquiri Model) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Era New Normal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4152-4159.

Kunandar. (2007). Guru profesional: implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi guru. Divisi Buku Perguruan Tinggi, RajaGrafindo Persada.

Laelasari, I., & Adisendjaja, Y. H. (2018). Mengeksplorasi kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu siswa melalui kegiatan laboratorium inquiry sederhana. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 14-19.

Muftahid, H., & Andika, D. (2019). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran PPKN. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 5(2), 165-173.

Mulyasa, H. E. (2020). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan.

Nur Islami Zain, U. ., Affandi, L. H. ., & Oktaviyanti, I. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS . Journal of Classroom Action Research, 4(2), 71–74. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i2.1680

Qondias, D., Endu, E. N., Dhey, K. A., & Un, L. M. W. (2023). PERAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 76-86.

Rositawati, D. N. (2019). Kajian berpikir kritis pada metode inkuiri. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya) (Vol. 3, pp. 74-84).

Sanjaya, W. (2012). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan.

Sari, A. A. I., & Lutfi, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Inkuiri. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 118-129.

Sari, E. P., Makmur, A., & Hasibuan, E. A. (2021). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Pada Materi Pengukuran Di Kelas V SD Negeri 20019 Padangsidimpuan. PeTeKa, 4(1), 51-59.

Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49-60.

Winarno.Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan : Isi, Strategi, Dan Penilaian .2013

Sochibin, A., Dwijananti, P., & Marwoto, P. (2009). Penerapan model pembelajaran inkuiri terpimpin untuk peningkatan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2).

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Maylia, E. C., Amelia, A. P., Suwarna, D. M., Muyassaroh, I., & Jenuri, J. (2024). Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD . Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 32–41. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p32-41
Abstract views: 355 , PDF Downloads: 394