Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak UPT SDN 211 Gresik

Authors

  • Melinda Dewi Mayanti STAI Al-Azhar Menganti Gresik

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p2015-2012

Keywords:

Merdeka curriculum, Driving schools

Abstract

Pendidikan dasar di Indonesia telah melalui berbagai pengembangan kurikulum. Saat ini Kemendikbud telah memperkenalkan program kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau memperoleh informasi tentang pelaksanaan program kurikulum merdeka di sekolah penggerak. metdoe yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan analisis data berupa triangulasi. Adapun hasil penelitian diantaranya: 1) penyusunan operasional kurikulum merdeka, 2) penyusunan administrasi kurikulum merdeka, 3) penerapan pembelajaran kurikulum merdeka, 4) kendala dalam penerapan kurikulum merdeka, 5) keunggulan dalam kurikulum merdeka, 6) kegiatan-kegiatan dalam kurikulum merdeka. Namun demikian, beberapa hal yang menjadi pertimbangan pada kebijakan dan pelaksana pendidikan, sehingga kurikulum merdeka dapat diimplementasikan dengan tepat dan bukan sekedar progam yang diterapkan dalam pendidikan sekolah dasar, khususdnya di Kabupaten Gresik.

References

Arikunto, Suharsimi, Supardi, dan Suhardjono. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, dan Suhardjono. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, dan Suhardjono. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Sugiyono;, Prof DR. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Mayanti, M. D. . (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak UPT SDN 211 Gresik. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 205–212. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p2015-2012
Abstract views: 1744 , PDF Downloads: 1394