Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak UPT SDN 211 Gresik

Authors

  • Melinda Dewi Mayanti STAI Al-Azhar Menganti Gresik

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p2015-2012

Keywords:

Merdeka curriculum, Driving schools

Abstract

Pendidikan dasar di Indonesia telah melalui berbagai pengembangan kurikulum. Saat ini Kemendikbud telah memperkenalkan program kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau memperoleh informasi tentang pelaksanaan program kurikulum merdeka di sekolah penggerak. metdoe yang digunkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan analisis data berupa triangulasi. Adapun hasil penelitian diantaranya: 1) penyusunan operasional kurikulum merdeka, 2) penyusunan administrasi kurikulum merdeka, 3) penerapan pembelajaran kurikulum merdeka, 4) kendala dalam penerapan kurikulum merdeka, 5) keunggulan dalam kurikulum merdeka, 6) kegiatan-kegiatan dalam kurikulum merdeka. Namun demikian, beberapa hal yang menjadi pertimbangan pada kebijakan dan pelaksana pendidikan, sehingga kurikulum merdeka dapat diimplementasikan dengan tepat dan bukan sekedar progam yang diterapkan dalam pendidikan sekolah dasar, khususdnya di Kabupaten Gresik.

References

Ainia, Dela Khoirul. 2020. “MERDEKA BELAJAR DALAM PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANAGAN PENDIDIKAN KARAKTER.” Jurnal Filsafat Indonesia 3(3):95–101. doi: 10.23887/jfi.v3i3.24525.

Angga, Angga. t.t. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” 6. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, dan Suhardjono. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, dan Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(2):3011–24. doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Ainia, Dela Khoirul. 2020. “MERDEKA BELAJAR DALAM PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANAGAN PENDIDIKAN KARAKTER.” Jurnal Filsafat Indonesia 3(3):95–101. doi: 10.23887/jfi.v3i3.24525.

Angga, Angga. t.t. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” 6. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, dan Suhardjono. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, dan Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(2):3011–24. doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Marisa, Mira. 2021. “INOVASI KURIKULUM ‘MERDEKA BELAJAR’ DI ERA SOCIETY 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora) 5(1):66–78.

Munandar, Arif. 2018. “KURIKULUM SEBAGAI JANTUNG PENDIDIKAN.” Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia (0):52–51.

Patilima, Sarlin. 2022. “SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (0).

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, dan Iis Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):3613–25. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2714.

Satriawan, Wahyu, Iffa Dian Santika, dan Amin Naim. 2021. “Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 11(1):1–12. doi: 10.24042/alidarah.v11i1.7633.

Sherly, Sherly, Edy Dharma, dan Humiras Betty Sihombing. 2021. “MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR.” UrbanGreen Conference Proceeding Library 183–90.

Sibagariang, Dahlia, Hotmaulina Sihotang, dan Erni Murniarti. 2021. “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2):88–99.

Ainia, Dela Khoirul. 2020. “MERDEKA BELAJAR DALAM PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANAGAN PENDIDIKAN KARAKTER.” Jurnal Filsafat Indonesia 3(3):95–101. doi: 10.23887/jfi.v3i3.24525.

Angga, Angga. t.t. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut.” 6. doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.

Arikunto, Suharsimi, Supardi, dan Suhardjono. 2021. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Indarta, Yose, Nizwardi Jalinus, Waskito Waskito, Agariadne Dwinggo Samala, Afif Rahman Riyanda, dan Novi Hendri Adi. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(2):3011–24. doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Marisa, Mira. 2021. “INOVASI KURIKULUM ‘MERDEKA BELAJAR’ DI ERA SOCIETY 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora) 5(1):66–78.

Munandar, Arif. 2018. “KURIKULUM SEBAGAI JANTUNG PENDIDIKAN.” Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia (0):52–51.

Patilima, Sarlin. 2022. “SEKOLAH PENGGERAK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (0).

Rachmawati, Nugraheni, Arita Marini, Maratun Nafiah, dan Iis Nurasiah. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe Di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):3613–25. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2714.

Satriawan, Wahyu, Iffa Dian Santika, dan Amin Naim. 2021. “Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah Dalam Kerangka Inkuiri Apresiatif.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 11(1):1–12. doi: 10.24042/alidarah.v11i1.7633.

Sherly, Sherly, Edy Dharma, dan Humiras Betty Sihombing. 2021. “MERDEKA BELAJAR: KAJIAN LITERATUR.” UrbanGreen Conference Proceeding Library 183–90.

Sibagariang, Dahlia, Hotmaulina Sihotang, dan Erni Murniarti. 2021. “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2):88–99.

Sugiyono;, Prof DR. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumarsih, Ineu, Teni Marliyani, Yadi Hadiyansah, Asep Herry Hernawan, dan Prihantini Prihantini. 2022. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(5):8248–58. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3216.

Supriyadi, Agus. 2021. “Pelatihan Strategi Menulis Proposal Hibah Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.” Jurnal Abdimas Prakasa Dakara 1(1):25–28. doi: 10.37640/japd.v1i1.937.

Syafi’i, Fahrian Firdaus. 2022. “MERDEKA BELAJAR: SEKOLAH PENGGERAK.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (0).

Yamin, Muhammad, dan Syahrir Syahrir. 2020. “PEMBANGUNAN PENDIDIKAN MERDEKA BELAJAR (TELAAH METODE PEMBELAJARAN).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6(1). doi: 10.36312/jime.v6i1.1121.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Mayanti, M. D. . (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak UPT SDN 211 Gresik. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 205–212. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p2015-2012
Abstract views: 1242 , PDF Downloads: 694