Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Rme Materi Perkalian Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bawean

Authors

  • Nur Firdausi Nuzula Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arissona Dia Indah Sari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahyuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p167-174

Keywords:

Problem Solving, RME, Scrapbook Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media scrpabook berbasis RME materi perkalian dengan harapan dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman mengenai pemecahan masalah dengan benar, kondisi belajar yang aktif serta terciptanya media pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan Bawean. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah metode pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu : analisis, perencanaa, pengembangan, implementasi, evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 12 peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bawean. Penelitian ini diambil pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) media scrapbook berbasis RME materi perkalian ini dikembangkan berdasarkan dengan 5 tahapan dalam model pengembangan ADDIE, 2) media scrapbook berbasis RME materi perkalian dinyatakan “Sangat Baik” oleh ahli media dengan perolehan nilai sebesar 82% dan oleh ahli materi dengan perolehan nilai sebesar 83%, 3) serta hasil angket respon peserta didik terhadap media scrapbook berbasis RME materi perkalian yang memperoleh hasil “Positif/Baik” dengan nilai 81%.

 

References

Abi, Mustofa H dkk. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Afifah, A., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Scrund (Scrapbook Bangun Datar) Untuk Kelas IV SD. JPGSD, 10.

Alfiansyah, I., & Hakiky, N. (2021). Pengembangan Modul Ajar Matematika Materi Pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04.

Atiah, N. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Masyarakat 5.0. Seminar Nasional Pendidikan.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8, 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Fitria, D. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII MTs. YPP Aziddin Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Hasyim, I. (2017). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Di Kelas II MIN MIRUK Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Lestari, N., Anjarini, T., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Media Scrapbook berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Struktur tumbuhan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 491–497. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2220

Liawati, O., & Sari, P. (2017). Pengembangan Media Scrapbook Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Tata Surya. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak, anggota IKAPI

Pratiwi, L.(2018). Media Video: Solusi Pembelajaran Ips Bagi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Era Revolusi.

Pratiwi, S. M., & Rahmawati, I. (2022). Pengembangan Media V-Mau Berbasis Rme Dalam Konsep Perkalian Sebagai Penjumlahan Berulang. JPGSD, 10.

Rahmawati, R. (2020). Modifikasi Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Penguasaan Simple English Vocabulary Siswa Kelas I di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia .

Ratnasari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Daur Air Untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Proses Daur Air Dan Kegiatan Manusia Yang Dapat Mempengaruhinya Siswa Kelas V Sdn Jagalan 1 Kediri Tahun Pelajaran 2017. UN PGRI Kediri.

Sari, I. P., Yuliantini, N., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu Pebrian Tarmizi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3.

Taufiq, A. (2019). Modul Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar (2nd ed.). PDGK4403.

Toni, T., Ramadani, F., Yolanda, N., & Ulfa, M. (2017). Klasifikasi Media Pembelajaran Menurut Para Ahli, Klasifikasi Media Pembelajaran Berdasarkan Klasifikasinya. http://materiperkuliahanpgsdselvia.blogspot.com/2017/11/makalah-klasifikasi-media-pembelajaran.html

Ulfa, I., Umam, N. K., & Alfiansyah, I. (2021). Pengembangan Video Kegiatanku Pada Materi Menulis Narasi Di Sekolah Dasar. JTIEE, 5(1).

Wulandari, P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4.

Zaenah, S., Darma, Y., & Hodiyanto. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Materi Bilangan Bulat. Seminar Nasional Pendidikan MIPA Dan Teknologi (SNPMT II)

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Nuzula, N. F., Sari, A. D. I., & Subayani, N. W. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Rme Materi Perkalian Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Bawean. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 167–174. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p167-174
Abstract views: 117 , PDF Downloads: 120