Eksplorasi Etnomatematika Grafis Motif Batik Kudus Jawa Tengah

Authors

  • Marliana Noor Faiza Universitas Muria Kudus
  • Aula Zahirotul Maulida Universitas Muria Kudus
  • Eka Zuliana Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p198-204

Keywords:

Batik motifs, ethnomathematics, mathematics

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kerajinan tangan yang menjadi ciri khas budaya negara, termasuk motif batik dari daerah Kudus. Batik merupakan hasil karya tangan manusia yang menggunakan canting secara langsung sebagai alat menggambar dengan lilin sehingga tercipta karya yang indah. Motif-motif yang dihasilkan memiliki makna atau kegunaan, misalnya motif yang mengekspresikan budaya Islam atau motif kaligrafi Islam, Tambal Isen, Ciplokan Parijoto dan Kawung Kretek. Bentuk motif batik Kudus menunjukkan bahwa Kudus memiliki konsep kecocokan dan keserasian yang merupakan aspek geometris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika yang terkandung dalam kaligrafi Batik, Tambal Isen, Ciploka Parijoto dan Kwung Kretek, serta gagasan filosofis yang terkandung dalam budaya tersebut. Metode penelitian ini menggunakan penelitian etnografi kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan secara langsung di lapangan, mencari informasi dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan penelitian ini adalah Ibu Yulia Astuti selaku pemilik “Batik Muria” di Kudus Jawa Tengah. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis spasial dan analisis taksonomi.

References

Aini, F. N., Maharani, Y. A. N., & Zuliana, E. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rokok Kretek Sebagai Budaya Masyarakat Kudus. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 84–97. Doi: https://doi.org/10.32938/jpm.v4i1.2872

Hardiarti, L., Basri, M., & Ekwandari, Y. S. (2021). Promosi Rokok di Hindia-Belanda Tahun 1930-1942. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan penelitian Sejarah, 9(2), 44-54.

Hartoyo, A. (2013). Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Daya Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1). Doi: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v2i1.2180

Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 39–45. Doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45

Miranti, A., Lilik, L., Winari, R., & Surya A. (2021). Representasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan Sebagai Muatan Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 546-560.

Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatika dalam Seni Anyaman Jambi sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714.

Purbasari, I. (2018). Dinamika Pembangunan Masyarakat Kudus Berkonteks Sejarah Industri dan Budaya Lokal. Khazanah Pendidikan, 11(1), 68-79. Doi: https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2311

Ratuanik, M., & Filindity, A. (2021). Etnomatematika: Konsep Geometri Pada Perahu Batu Di Desa Sangliat Dol Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1, 109–122.

Rohim, D. C. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Troso Jepara Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 98–104. Doi: https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p98-104

Salma, R., Fevironika, D. O., & Zuliana, E. (2022). Ethnomathematical Study of Jepara Troso Ikat Weaving Motifs in Two-Dimensional Geometry Mathematics. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 6(2), 102-115.

Shavira, L. E., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Alat Peraga ABD Ajaib Guna Memahami Konsep Luas dan Keliling Bangun Datar Berbasis Etnomatematika. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1, 11–18.

Ulya, H., & Rachmawati, R. (2022). Kontribusi Promotion Mix Terhadap Peningkatan Penjualan (Studi Kasus Pada “Muria Batik Kudus”). Fashion and Fashion Education Journal, 11(2), 55–60. Doi : https://doi.org/10.15294/ffej.v11i2.10269

Wati, L. L., Mutamainah, A., Setianingsih, L., & Fadiana, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27–34. Doi: https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259

Yanti, D. (2019). Studi Tentang Konsep-Konsep Transformasi Geometri Pada Kain Besurek Bengkulu. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2).

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Faiza, M. N., Maulida, A. Z., & Zuliana, E. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Grafis Motif Batik Kudus Jawa Tengah. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 198–204. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p198-204
Abstract views: 224 , PDF Downloads: 189