Eksplorasi Etnomatematika Grafis Motif Batik Kudus Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p198-204Keywords:
Batik motifs, ethnomathematics, mathematicsAbstract
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan kerajinan tangan yang menjadi ciri khas budaya negara, termasuk motif batik dari daerah Kudus. Batik merupakan hasil karya tangan manusia yang menggunakan canting secara langsung sebagai alat menggambar dengan lilin sehingga tercipta karya yang indah. Motif-motif yang dihasilkan memiliki makna atau kegunaan, misalnya motif yang mengekspresikan budaya Islam atau motif kaligrafi Islam, Tambal Isen, Ciplokan Parijoto dan Kawung Kretek. Bentuk motif batik Kudus menunjukkan bahwa Kudus memiliki konsep kecocokan dan keserasian yang merupakan aspek geometris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan matematika yang terkandung dalam kaligrafi Batik, Tambal Isen, Ciploka Parijoto dan Kwung Kretek, serta gagasan filosofis yang terkandung dalam budaya tersebut. Metode penelitian ini menggunakan penelitian etnografi kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan secara langsung di lapangan, mencari informasi dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Informan penelitian ini adalah Ibu Yulia Astuti selaku pemilik “Batik Muria” di Kudus Jawa Tengah. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis spasial dan analisis taksonomi.
References
Aini, F. N., Maharani, Y. A. N., & Zuliana, E. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Rokok Kretek Sebagai Budaya Masyarakat Kudus. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 84–97. Doi: https://doi.org/10.32938/jpm.v4i1.2872
Hardiarti, L., Basri, M., & Ekwandari, Y. S. (2021). Promosi Rokok di Hindia-Belanda Tahun 1930-1942. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan penelitian Sejarah, 9(2), 44-54.
Hartoyo, A. (2013). Etnomatematika Pada Budaya Masyarakat Daya Perbatasan Indonesia-Malaysia. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1). Doi: https://doi.org/10.26418/jpmipa.v2i1.2180
Irawan, A., Lestari, M., & Rahayu, W. (2022). Konsep Etnomatematika Batik Tradisional Jawa Sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 39–45. Doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p39-45
Miranti, A., Lilik, L., Winari, R., & Surya A. (2021). Representasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Motif Batik Wahyu Ngawiyatan Sebagai Muatan Pendidikan Senirupa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 546-560.
Patri, S. F. D., & Heswari, S. (2022). Etnomatika dalam Seni Anyaman Jambi sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2705–2714.
Purbasari, I. (2018). Dinamika Pembangunan Masyarakat Kudus Berkonteks Sejarah Industri dan Budaya Lokal. Khazanah Pendidikan, 11(1), 68-79. Doi: https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2311
Ratuanik, M., & Filindity, A. (2021). Etnomatematika: Konsep Geometri Pada Perahu Batu Di Desa Sangliat Dol Kecamatan Wertamrian Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1, 109–122.
Rohim, D. C. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Troso Jepara Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 98–104. Doi: https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p98-104
Salma, R., Fevironika, D. O., & Zuliana, E. (2022). Ethnomathematical Study of Jepara Troso Ikat Weaving Motifs in Two-Dimensional Geometry Mathematics. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 6(2), 102-115.
Shavira, L. E., Arfinanti, N., & Azka, R. (2021). Alat Peraga ABD Ajaib Guna Memahami Konsep Luas dan Keliling Bangun Datar Berbasis Etnomatematika. Polynom: Journal in Mathematics Education, 1, 11–18.
Ulya, H., & Rachmawati, R. (2022). Kontribusi Promotion Mix Terhadap Peningkatan Penjualan (Studi Kasus Pada “Muria Batik Kudus”). Fashion and Fashion Education Journal, 11(2), 55–60. Doi : https://doi.org/10.15294/ffej.v11i2.10269
Wati, L. L., Mutamainah, A., Setianingsih, L., & Fadiana, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Gedog. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 27–34. Doi: https://doi.org/10.55719/jrpm.v3i1.259
Yanti, D. (2019). Studi Tentang Konsep-Konsep Transformasi Geometri Pada Kain Besurek Bengkulu. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.