IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS KUE SPIKU

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS KUE SPIKU

Authors

  • Agnes Vivin Prismayadi Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p133-146

Keywords:

Etnomathematics,, Fractions, Realistic Mathematic Education (RME), Spiku Cake

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, dengan pembelajaran matematika peserta didik mampu berpikir sistematis, logis, kritis dan bisa memecahkan masalah di kehidupan nyata. Pembelajaran matematika pada kenyataanya masih kurang bermakna dan dianggap sulit dipahami oleh peserta didik, khususnya pada materi pecahan. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan suatu penelitian tentang rancangan dan implementasi lintasan belajar dengan menggunakan pendekatan  RME berbasis Etnomatematika untuk memfasilitasi pemahaman dan pengontruksian pengetahuan peserta didik melalui pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian tentang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) RME Berbasis etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil implementasi Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dengan pendekatan RME berbasis etnomatematika dengan konteks kue spiku dalam membantu peserta didik memahami materi pecahan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design and Research dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi berupa gambar dan video, pengerjaan LKPD, dan observasi berupa pengamatan keadaan kelas dan peserta didik secara langsung. Subyek penelitian ini adalah pesrta didik kelas V SD Negeri IV Lidah Wetan Surabaya. Hasil penelitian ini berupa desain Hypothetical Learning Trajectory (HLT) RME berbasis etnomatematika dengan konteks kue spiku pada materi pecahan.

Kata Kunci : Realistic Mathematic Education (RME), Etnomatematika, Pecahan, Kue Spiku

 

Abstract

Mathematics is one of the sciences that is needed in human life, by learning mathematics students are able to think systematically, logically, critically and can solve problems in real life. Learning mathematics in fact is still less meaningful and is considered difficult to understand by students, especially in fractional material. Based on this, research is needed on the design and implementation of learning trajectories using an Ethnomatematics-based RME approach to facilitate students' understanding and construction of knowledge through more interesting and meaningful learning. For this reason, researchers conducted research on ethnomatematics-based RME Hypothetical Learning Trajectory (HLT). The purpose of this study was to find out the results of the implementation of the Hypothetical Learning Trajectory (HLT) with an ethnomathematics-based RME approach with the context of spiku cookies in helping students understand fractional material. The method used in this study was Design and Research with data collection techniques through documentation in the form of pictures and videos, work on worksheets, and observations in the form of observing the state of the class and students directly. The subjects of this study were fifth grade students at SD Negeri IV Lidah Wetan Surabaya. The results of this study are ethnomathematics-based RME Hypothetical Learning Trajectory (HLT) designs with the context of spiku cakes on fractional material.

Keywords : Realistic Mathematic Education (RME), Etnomathematics, Fractions, Spiku Cake

References

Agusdianita, N., & Karjiyati, V. (2021, March). The Use of Ethnomathematics Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education Models on Mathematics Literacy Mastery. In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020) (pp. 317-

. Atlantis Press.

Agustin, A. S., & Yermiandhoko, Y. (2019). Kerajinan Sarung Tenun Desa Wedani Gresik Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnomatematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(5).

Andriani, D., Sahono, B., & Haji, S. (2022, December). RME Teaching Materials Based on Bengkulu Etnomatics in Mathematics Lessons for Class IV Elementary School. In 3rd International Conference on Educational Science and Teacher Profession (ICETeP 2021) (pp. 108-113). Atlantis Press.

Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., Rahmat, C., & No, J. D. S. (2014). Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681- 688.

Atici, F. M., & Eloe, P. W. (2007). A transform method in discrete fractional calculus. International Journal of Difference Equations, 2(2).

Awwaliyah, A., & Chudari, I. N. M. Pengaruh Pembelajaran Etnomatematika Sunda Melalui Media Anyaman untuk Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Pemahaman Matematis pada Siswa Sekolah Dasar.

Berlian, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Siswa SMP Negeri 08 Kaur (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Dehghan, M., Manafian, J., & Saadatmandi, A. (2010). Solving Nonlinear Fractional Partial Differential Equations Using The Homotopy Analysis Method. Numerical Methods for Partial Differential Equations: An International Journal, 26(2), 448-479

dnyana, P. G. W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan RME Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Motivasi Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Erlinda, N., & Surya, E. (2017). Mathematical Learning Strategy of Fractional Form by Using Learning Model of Gagne and Human Figure Line Media. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR)(2017), 34(2), 13-

Fajriyah, E. (2018, February). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 114-119).

Fauzan, A., Tasman, F., & Fitriza, R. (2020, December). Exploration of Ethnomathematics at Rumah Gadang Minangkabau to Design Mathematics Learning Based on RME in Junior High Schools. In 2nd International Conference Innovation in Education (ICoIE 2020) (pp. 279-283). Atlantis Press

Hasanah, A., Susanto, S., & Trapsilasiwi, D. (2021). Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Tradisional di Desa Kemiren Banyuwangi Khas Suku Osing sebagai Bahan Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 9(2), 99-106.

Lidinillah, D. A. M. (2012). Educational Design Research: A Theoretical Framework for Action. Tasikmalaya: Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.

Mesarius, G., & Surya, E. (2017). Improve Learning Outcomes of Comparing Fractions by using the Realistic Mathematical Learning Approach in Class III of Public Primary School 040457 of

Berastagi. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, 34(1), 166-174.

Nuraina, N., Fauzi, K. M. A., & Simbolon, N. (2021). The Effect of Realistic Mathematics Educations (RME) Approach Based on Ethnomatics on the Improvement of Concept Understanding Ability and Students' Learning Motivation in Elementary School Al-Kausar City of Langsa. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(1), 543-554.

Nurhikmah, S., Febrian, F., & Fera, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Ragam Corak Ukiran Khas Melayu Kepulauan Riau. Jurnal Kiprah, 7(1), 41-48.

Odibat, Ζ. Μ., & Momani, S. (2006). Application of Variational Iteration Method to Nonlinear Differential Equations of Fractional Order. International Journal of Nonlinear Sciences and Numerical Simulation, 7(1), 27-34.

Paroqi, L. L., Mursalin, M., & Marhami, M. (2020). The Implementation of Realistic Mathematics Education Approach to Improve Students' Mathematical Communication Ability in Statistics Course. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(10).

Putra, A. P. (2022). Peran Etnomatematika dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Intersections, 7(2), 1-9

Putra, I. K. A. A. J., Suarsana, I. M., & Suharta, I. G. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan untuk Siswa SMPLB Tunarungu dengan Pendekatan Multi Representasi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(2), 158-170.

Royston, P., Ambler, G., & Sauerbrei, W. (1999). The Use of Fractional Polynomials To Model Continuous Risk Variables in Epidemiology. International Journal of Epidemiology, 28(5), 964-974.

Setyani, Y. L., & Amidi, A. (2022, February). Telaah Model PBL-RME Bernuansa Etnomatematika pada Outdoor Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 520-536).

Supriadi, S. Desain Didaktis Penjumlahan Pecahan Melalui Pembelajaran Etnomatematika Sunda untuk Meningkatkan Kemampuan Pemodelan

dan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SD Kelas 5.

Supriadi, S., & Arisetyawan, A. (2020, February). Pembelajaran Etnomatematika Sunda Melalui Permainan Endog-Endogan dan Engklek Untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Materi Pecahan. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 3, No. 1, pp. 097-101)

Sutarto, S., Muzaki, A., Hastuti, I. D., Fujiaturrahman, S., & Untu, Z. (2021). Development of an Ethnomathematics-Based e-Module to Improve Students’ Metacognitive Ability in 3D Geometry Topic. International Journal of Interactive Mobile Technologie (iJIM), 16(03).

Turmuzi, M., Sudiarta, I. G. P., & Suharta, I. G. P. (2022). Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 397-413.

Ulum, B. (2018). Etnomatematika pasuruan : Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686-696.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Prismayadi, A. V. ., & Mariana, N. (2022). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS KUE SPIKU : IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN KONTEKS KUE SPIKU . Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(2), 133–146. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p133-146
Abstract views: 348 , PDF Downloads: 333