IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA MELALUI PENGAITAN KONSEP NARASI KUE SEMPRONG PADA KELAS 2 DI SD NEGERI 3 GADING SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p147-153Keywords:
Ethnomathematics, Narration, Learning, Semprong Traditional Cake, KarawangAbstract
ABSTRAK
Matematika merupakan mata pelajaran ilmiah, pembelajaran matematika merupakan pembelajaran wajib yang diajarkan kepada siswa. Namun, sering kita dengar bahwa banyak siswa yang tidak menyukai matematika karena dianggap sulit. Oleh karena itu, peneliti mengkaji konsep narasi etnomatematika melalui kue tradisional semprong pada pembelajaran matematika di kelas II dan VI SDN Gading 3 Surabaya. Makanan tradisional ini merupakan makanan yang sudah terkenal di indonesia salah satunya di daerah karawang. Namun belum banyak referensi mengenai pembelajaran matematika dan kebudayaan yang membahas tentang kue tradisional ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendefinisikan hubungan antara warisan budaya dan matematika, khususnya dalam budaya masyarakat Karawang. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pengukuran, geometri serta analisis data dan peluang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Keunikan dari penelitian ini adalah masyarakat Karawang dan siswa belum mengetahui bahwa kue biji tradisional khas Karawang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika terkait kue tradisional tanpa biji ciri khas Karawang adalah materi bentuk sisi lengkung yang dipelajari di Kelas II dan VI SDN Gading 3 Surabaya.
References
http://journal.upgris.ac.id/index.php/aks ioma/article/view/5980/3690
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika PadaBentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2),217.
https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.870
Rudyanto, H. erik, HS, A. kartikasari, & Pratiwi,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

