IMPLEMENTASI RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PERMAINAN ENGKLEK

IMPLEMENTASI RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PERMAINAN ENGKLEK

Authors

  • Syah Putri Endar Pramesta Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p111-120

Keywords:

Ethnomathematics, Hopscotch, Plane Figure, Realistic Mathematic Education (RME)

Abstract

ABSTRAK

Pada dasarnya matematika sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Matematika dapat dipengaruhi oleh aspek sejarah, lingkungan, sosial, dan geografis. Etnomatematika menawarkan pandangan yang lebih luas tentang matematika, merangkul praktik dan metode yang terkait dengan berbagai lingkungan budaya. Dari hal tersebut peneliti melakukan penelitian tentang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) RME berbasis etnomatematika melalui permainan tradisional engklek dalam proses pembelajaran matematika di kelas II SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peserta didik memahami ciri-ciri dari bangun datar tanpa menghafal. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel secara acak (Simple Random Sampling) dengan membagi 27 siswa menjadi 7 kelompok. Hasil data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif hingga didapatkan kesimpulan atas penelitian yang telah dilakukan. Penelitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan permainan engklek dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami ciri-ciri dari bangun datar tanpa menghafal karena siswa merasa antusias dan menunjukkan respon aktif dalam pembelajaran.

 

Kata kunci: Bangun datar, Engklek, Etnomatematika, Realistic Mathematic Education (RME)

 

ABSTRACT

Basically mathematics is very close to everyday life. Mathematics can be influenced by historical, environmental, social, and geographical aspects. Ethnomathematics offers a broader view of mathematics, embracing practices and methods related to various cultural settings. From this, the researchers conducted research on the ethnomathematics-based RME Hypothetical Learning Trajectory (HLT) through traditional hopscotch games in the process of learning mathematics in second grade. The purpose of this research to help students understand the characteristics of plane figure without memorizing them. This study used random sampling method by dividing 27 students into 7 groups. The results of the data collected will be analyzed using qualitative descriptive techniques to obtain conclusions about the research that has been done. This research proves that by using hopscotch game in the learning process can increase student’s understanding the characteristics of plane figure without memorizing because students feel enthusiastic and show an active response in learning.

 

Keywords: Ethnomathematics, Hopscotch, Plane Figure, Realistic Mathematic Education (RME)

References

Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133.

Bogdan, Robert dan Taylor, Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan, (Surabaya : Usaha Nasional, 1992).

Borba, M. C. (1990). Ethnomathematics and Education. For the Learning of Mathematics, 10(1), 39–43. http://www.jstor.org/stable/40247974

d'Ambrosio, U. (2001). In My Opinion: What Is Ethnomathematics, and How Can It Help Children in Schools?. Teaching children mathematics, 7(6), 308-310.

Elwijaya, F., Harun, M., & Helsa, Y. (2021). Implementassi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 741-748.

Freudenthal, H. (1973). Mathematics as an educational task. Dordrecht:Reidel.

Gerdes, P. (1994). Reflections on ethnomathematics. For the learning of mathematics, 14(2), 19-22.

Hirza, B., & Kusumah, Y. S. (2014). Improving Intuition Skills with Realistic Mathematics Education. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 5(1), 27-34.

Imswatama, A., & Lukman, H. S. (n.d.). The effectiveness of Mathematics Teaching Material Based on Ethnomathematics. International Journal of Trends in Mathematics Education Research. https://ijtmer.saintispub.com/index.php/ijtmer/article/view/8

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.

Kawuryan, S.P., Hastuti, W.S. and Supartinah (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Tematik Berbasis Permainan Tradisional Dan Scientific Approach Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif , 1(1), pp. 71–84.

Lapele, D.A. (2022) Identifikasi Kendala Calon Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik, 6(3), pp. 3126–3135.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement?. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959

LJ, Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda karya, 2010).

Mulyasari, D.W., Abdussakir and Rosikhoh, D. (2021) Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar, 4(1), pp. 1–14.

Nuryanti, Suryana, Y. and Giyartini, R. (2021) Pengaruh Penggunaan Permainan Tradisional Engklek Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Jaring-Jaring Kubus , 8(2), pp. 254–264.

Pais, A. (2013). Ethnomathematics and the limits of culture. For the Learning of Mathematics, 33(3), 2-6.

Rahayu, U.K.D. (2019) Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Whole Brain Teaching Bernuansa Etnomatematika. thesis.

Sabrin, M. (2014) Representasi Dalam Pembelajaran Matematika, 1(2), pp. 33–44.

Sari, M.P., Maulana, A. and Kautsar, F. (2021) “Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA),” in Pemanfaatan Permainan Tradisional Engklek Sampar sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika, pp. 447–458.

Shandy, M. (2016). Realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 47-58.

Sholihah, M. A., Widadah, S., & Sukriyah, D. (2022, January). Development of Student Worksheet Based on Ethnomathematics Traditional Engklek Games on Cube and Rectangular Pyramid. In Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021) (pp. 144-152). Atlantis Press.

Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), 41-54.

Turmuzi, M., Sudiarta, I.G.P. and Suharta, I.G.P. (2022) Systematic Literature Review: Etnomatematika Kearifan Lokal Budaya Sasak, 6(1), pp. 397–413.

Widada, W., Herawaty, D., Anggoro, A. F. D., Yudha, A., & Hayati, M. K. (2019, April 1). Ethnomathematics and outdoor learning to improve problem solving ability. Ethnomathematics and Outdoor Learning to Improve Problem Solving Ability. Atlantis Press. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icetep-18/55915469

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Pramesta, S. P. E., & Mariana, N. (2022). IMPLEMENTASI RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PERMAINAN ENGKLEK: IMPLEMENTASI RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI CIRI-CIRI BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PERMAINAN ENGKLEK. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(2), 111–120. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p111-120
Abstract views: 484 , PDF Downloads: 496