Meningkatkan Keterampilan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia Dini
Enhancement of Early Childhood Cognitive Skills and Creativity
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p172-176Keywords:
anak usia dini, guru, kreativitasAbstract
Guru adalah seorang pengajar dan merupakan sosok pemimpin pembelajaran serta memegang peran penting dalam keseluruhan proses pembelajaran. Sebagai pemimpin pembelajaran ia mempunyai tanggugjawab penuh atas keberadaan pembelajaran yang dilakukan Salah satu cara mendidik anak yaitu dengan mengembangkan kreativitas anak. Oleh karena itu, tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kepustakaan, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dari berbagai sumber literature seperti artikel yang berkaitan dengan topik bahasan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu upaya meningkatkan keterampilan kognitif dan kreativitas anak dapat dilakukan guru melalui bermain,membacakan cerita, tanya jawab, menyiapkan sarana, menciptakan ruangan kondusif dan mengapresiasi anak.
References
Juandi, A., & Sontani, U. T. (2017). Keterampilan Dan Kreativitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 130. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8114
Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 4(1), 1–8.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT RINEKA CIPTA.
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691
Rahmiyati Dhani, R. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 9, No. 1, Maret 2020 e-ISSN 2620-920, Vol 9, No., 45–50.
Sianturi, R., & Rusmana, N. (2020). MENJADI GURU PAUD PROFESIONAL. ALFABETA.
Sternberg, R. (1999). Handbook of Creativity. Cambridge University Press.
Sujana, A. (2014). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 16–20.
Sujiono, Yuliani Nuraini, dkk. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka. Universitas Terbuka.
Susanto A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Ymara Widya.
kumpulanpengertian.com. (n.d.). Retrieved March 22, 2022, from pengertian-teori-kognitif-menurut-para.ahli : https://www.kumpulanpengertian.com/2016/01/pengertian-teori-kognitif-menurut-para.ahli
Narmadi. (2021, Juny 15). Cara Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini yang Sederhana dan Mudah Dilakukan. Retrieved March 27, 2022, from cara-mengembangkan-kreativitas-anak-usia-dini: https://narmadi.com/id/cara-mengembangkan-kreativitas-anak-usia-dini/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.