Meningkatkan Keterampilan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia Dini

Enhancement of Early Childhood Cognitive Skills and Creativity

Authors

  • Purwati Purwati
  • Anisa Tahira
  • Salsa Nurkhaliza Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p172-176

Keywords:

anak usia dini, guru, kreativitas

Abstract

Guru adalah seorang pengajar dan merupakan sosok pemimpin pembelajaran serta memegang peran penting dalam keseluruhan proses pembelajaran. Sebagai pemimpin pembelajaran ia mempunyai tanggugjawab penuh atas keberadaan pembelajaran yang dilakukan Salah satu cara mendidik anak yaitu dengan mengembangkan kreativitas anak. Oleh karena itu, tujuan Penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Metode Penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kepustakaan, dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dari berbagai sumber literature seperti artikel yang berkaitan dengan topik bahasan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu upaya meningkatkan keterampilan kognitif dan kreativitas anak  dapat dilakukan guru melalui bermain,membacakan cerita, tanya jawab, menyiapkan sarana, menciptakan ruangan kondusif dan mengapresiasi anak.

References

Juandi, A., & Sontani, U. T. (2017). Keterampilan Dan Kreativitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 130. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8114

Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 4(1), 1–8.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT RINEKA CIPTA.

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832–840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Rahmiyati Dhani, R. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol 9, No. 1, Maret 2020 e-ISSN 2620-920, Vol 9, No., 45–50.

Sianturi, R., & Rusmana, N. (2020). MENJADI GURU PAUD PROFESIONAL. ALFABETA.

Sternberg, R. (1999). Handbook of Creativity. Cambridge University Press.

Sujana, A. (2014). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 16–20.

Sujiono, Yuliani Nuraini, dkk. (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka. Universitas Terbuka.

Susanto A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Ymara Widya.

kumpulanpengertian.com. (n.d.). Retrieved March 22, 2022, from pengertian-teori-kognitif-menurut-para.ahli : https://www.kumpulanpengertian.com/2016/01/pengertian-teori-kognitif-menurut-para.ahli

Narmadi. (2021, Juny 15). Cara Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini yang Sederhana dan Mudah Dilakukan. Retrieved March 27, 2022, from cara-mengembangkan-kreativitas-anak-usia-dini: https://narmadi.com/id/cara-mengembangkan-kreativitas-anak-usia-dini/

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Purwati, P., Tahira, A., & Nurkhaliza, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia Dini: Enhancement of Early Childhood Cognitive Skills and Creativity. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 172–176. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p172-176
Abstract views: 64 , PDF Downloads: 565