Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar: Analisis Review

Authors

  • fransiska rahmawati Universitas Trunojoyo Madura
  • Irvania Emiliawati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Ita Tri Astuti Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Siti Fatimah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura
  • Conny Dian Sumadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p177-188

Keywords:

natualist intelligence, environmental care, elementary school students

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine efforts to increase naturalist intelligence through environmental care behavior in elementary school students. Researchers used the google schoolar database to obtain reference articles that were used as literature reviews. Efforts to increase naturalist intelligence through environmental love behavior in elementary school students based on the results of the review are still encouraging and self-awareness from students. Naturalist intelligence needs to be improved so that it is ready and concerned about the environment to be able to be implemented. Naturalist intelligence is important for elementary school students to have because nowadays a lot of natural damage is caused by human hands. Elementary school students have an important role in carrying out the mission of caring for the environment. The learning process for elementary school students is still in the stage of recognizing, caring for, and protecting the environment and animals and plants that exist in nature. Humans and the environment do each other's daily activities. Instilling the character of students to be able to care about the environment which is driven by encouragement from parents, teachers, and self-awareness. This concern for the environment can be integrated in learning science and environmental education for elementary students. 

 ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kecerdasan naturalis melalui perilaku peduli lingkungan pada siswa sekolah dasar. Peneliti menggunakan database google schoolar untuk mendapatkan referensi artikel yang digunakan sebagai literature review. Upaya peningkatan kecerdasan naturalis melalui perilaku cinta lingkungan pada siswa SD berdasarkan hasil review masih membutuhkan dorongan dan kesadaran dari diri siswa. Kecerdasan naturalis perlu untuk ditingkatkan agar kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan mampu untuk diimplementasikan. Kecerdasan naturalis penting untuk dimiliki oleh siswa SD karena saat ini banyak kerusakan alam yang disebabkan oleh tangan manusia. Siswa SD mempunyai peranan yang penting dalam mengemban misi tentang kepedulian terhadap lingkungan. Proses pembelajaran siswa SD masih dalam tahapan untuk mengenal, merawat, dan menjaga lingkungan serta hewan dan tumbuhan yang ada di alam. Manusia dan lingkungan saling berkesinambungan pada kegiatan sehari-hari. Penanaman karakter siswa untuk dapat peduli terhadap lingkungan dibutuhkan dorongan dari orang tua, guru, dan kesadaran pada dirinya. Kepedulian terhadap lingkungan ini dapat diintegrasikan dalam pembelajaran tematik pada siswa SD.

References

Aldisa, A. M., Muhajang, T., & Tampubolon, S. M. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Naturalis Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 221-226.

Istiana, R., Pratama, W. S., & Hidayat, N. (2017). Analisis partisipasi siswa dalam menjaga kesehatan lingkungan ditinjau melalui kecerdasan naturalis. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 44-51.

Junilasari, R., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTISENSORI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 26-37.

Kusriyanti, K., & Sukoco, P. (2020). Model aktivitas jasmani berbasis alam sekitar untuk meningkatkan kecerdasan naturalis siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 65-77.

Lestari, Y. (2018). Penanaman nilai peduli lingkungan dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(2).

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22-31.

Pramana, I. M. M., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2019). Kontribusi Kecerdasan Naturalis Dan Sikap Peduli Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas Iv Sd. Media Komunikasi FPIPS, 18(2), 97-107.

Purwono, A., & Jannah, T. (2020). Pengaruh Wiyata Ligkungan dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Sikap Kepedulian Lingkungan Bagi Siswa MI. Child Education Journal, 2(1), 1-9.

Rahman, I. F., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui Metode Observation, Investigation dan Experiment dalam Materi Tumbuhan dan Hewan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 120-128.

Rahmawati, I., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2021). KORELASI ANTARA KECERDASAN NATURALIS TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SEKITAR SISWA SD NEGERI PULOREJO 01. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).

Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di sekolah dasar.

Rosiana, E. R., Noviana, E., & Guslinda, G. HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN NATURALIS DENGAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS HARAPAN KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(1), 6-17.

Sari, N. (2021). UPAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KECERDASAN NATURALIS DI SEKOLAH DASAR ALAM MUHAMMADIYAH BANJARBARU (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Supeno, S., & Siswanto, S. Analisis Kecerdasan Naturalis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tematik. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(1), 34-41.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900-908.

Putri, N. R., Miarsyah, M., & Vivanti, D. (2018). Hubungan kecerdasan naturalis dan motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 5(2), 100-109.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

rahmawati, fransiska, Emiliawati, I., Tri Astuti, I., Fatimah, S. ., & Dian Sumadi, C. (2022). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis melalui Perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar: Analisis Review. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 177–188. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p177-188
Abstract views: 200 , PDF Downloads: 235