Analisis Tantangan Pembelajaran Matematika Online Pada Siswa Kelas 6 SDN Sidorejo 04
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p198-206Keywords:
pembelajaran matematika online, siswa kelas 6, solusi mengatasi, tantangan pembelajaran matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tantangan yang dihadapi siswa pada pembelajaran matematika secara online dan memberikan alternatif solusi untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode purposseful sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada salah satu guru dan kuesioner yang diberikan kepada seluruh siswa kelas 6 di SDN Sidorejo 04. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah tantangan yang dihadapi pada pembelajaran matematika secara online yaitu kesulitan dalam memahami materi, kendala sinyal yang tidak stabil, dan penjelasan materi yang kurang jelas. Beberapa solusi yang dapat diupayakan yaitu penerapan metode pembelajaran yang sesuai, penggunaan media pembelajaran yang tepat, pemberian modul, materi dan berbagai latihan soal, kesadaran dari siswa untuk meningkatkan belajarnya, serta partisipasi orang tua untuk memberikan motivasi belajar dan memberikan saranan prasarana yang sesuai.
References
Karso, H. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Remaja Rodakarya.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Mustadi, A. dkk. 2020. Landasan Pendidikan Sekolah.
Yogyakarta: UNY Press.
Permana, R. H. (2020, Mei 17). Data Kasus Corona di
Indonesia 17 Mei 2020 Per Pukul 16.00 WIB. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-5018410/data-kasus-corona-di-indonesia-17-mei-2020-per-pukul-1600-wib.
Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease ( COVID-19 ) outbreak. Journal of Autoimmunity, 109(February), 102433. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433
Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK CALON GURU MI / SD. Medan: CV. Widya Puspita.
World Health Organization. (2020, Maret 2). Situation
Report. Retrieved from https://www.who.int/docs/defaultsource/coronaviruse/situation-reports/20200302-sitrep-42-Covid-19.pdf?sfvrsn=224c1add_2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

