Analisis Tantangan Pembelajaran Matematika Online Pada Siswa Kelas 6 SDN Sidorejo 04
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p198-206Keywords:
pembelajaran matematika online, siswa kelas 6, solusi mengatasi, tantangan pembelajaran matematikaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tantangan yang dihadapi siswa pada pembelajaran matematika secara online dan memberikan alternatif solusi untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode purposseful sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada salah satu guru dan kuesioner yang diberikan kepada seluruh siswa kelas 6 di SDN Sidorejo 04. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah tantangan yang dihadapi pada pembelajaran matematika secara online yaitu kesulitan dalam memahami materi, kendala sinyal yang tidak stabil, dan penjelasan materi yang kurang jelas. Beberapa solusi yang dapat diupayakan yaitu penerapan metode pembelajaran yang sesuai, penggunaan media pembelajaran yang tepat, pemberian modul, materi dan berbagai latihan soal, kesadaran dari siswa untuk meningkatkan belajarnya, serta partisipasi orang tua untuk memberikan motivasi belajar dan memberikan saranan prasarana yang sesuai.
References
Anwar, Z. (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24–32.
Dewi, L. (2017). Edutech, Tahun 16, Vol.16, No.2, Juni 2017. 16(2), 205–221.
Dewi, W. A. F. (2020). DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 55–61.
Huang, & dkk. (2020). Articles Clinical features of patients infected with 2019 novel coronavirus in Wuhan , China. 497–506. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30183-5
Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. 05(01), 533–541.
Karso, H. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Remaja Rodakarya.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Mustadi, A. dkk. 2020. Landasan Pendidikan Sekolah.
Yogyakarta: UNY Press.
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2006). The Impact of Learner Characteristics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. 5(3), 195–206.
Permana, R. H. (2020, Mei 17). Data Kasus Corona di
Indonesia 17 Mei 2020 Per Pukul 16.00 WIB. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-5018410/data-kasus-corona-di-indonesia-17-mei-2020-per-pukul-1600-wib.
Purwanto, & dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. 2, 1–12.
Rothan, H. A., & Byrareddy, S. N. (2020). The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease ( COVID-19 ) outbreak. Journal of Autoimmunity, 109(February), 102433. https://doi.org/10.1016/j.jaut.2020.102433
Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the Performance of Grade 12 Students : Implications for STEM Education. 16(7), 1–6.
Solichin, M. M. (2006). BELAJAR DAN MENGAJAR DALAM PANDANGAN AL-GHAZÂLÎ Mohammad Muchlis Solichin. Tadrîs, 1 (2).
Susilo, A. (2020). Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures. 7(1), 45–67.
Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK CALON GURU MI / SD. Medan: CV. Widya Puspita.
World Health Organization. (2020, Maret 2). Situation
Report. Retrieved from https://www.who.int/docs/defaultsource/coronaviruse/situation-reports/20200302-sitrep-42-Covid-19.pdf?sfvrsn=224c1add_2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.