Pengaruh Reward and Punishment terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Wahyu Rikha Rofikhatul Ula
  • Yoga Awalludin Nugraha Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Dhina Cahya Rohim

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p207-212

Keywords:

Learning Achievement, Punishment, Reward

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh pemberian Reward and Punishment terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 5 Gondangmanis.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dalam bentuk Quasy Experimental Design (eksperimen semu). Desain yang digunakan dalam penelitian ini one group pretest-posttest design, dalam penelitian ini hanya terdapat kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas pembanding. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa yang terdiri dari kelas IV di gugus Pattimura. Sampel yang diambil pada penelitian ini berjumlah 18 orang siswa secara random/ acak. Teknik pengumpulan data prestasi belajar matematika siswa berupa tes tertulis. Instrumen untuk mengukur prestasi belajar siswa matematika adalah soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Pembelajran dengan pemberian Reward and Punishment memberikan pengaruh yang lebih baik dalam meningkatkan hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dibuktikan dengan uji t hasil posttest bahwa nilai signifikansi menunjukan angka 0,00 < 0,05, ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh Pemberian Reward and Punishment (X1) terhadap prestasi belajar matematika siswa (Y1).

References

Annes, A. (2013). A Study Of Academic Achievement In Relation To Intelligence Of Class VII Students. Excellence International Journal of Education and Research. 1(3), 239-248.

Assist & Çiçek. 2016. The Persistence Of Reward And Punishment In Preschool Classrooms. Journal of Educational & Instructional Studies in the World. 6 (3): 40-51.

Duffin, E. 2014. Differential Effects of Reward and Punishment in Decision

Making Under Uncertainty: A Computational Study. Frontiers in Neuroscience. 8(2): 54-62.

Imron, A. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic Achievement Prediction: Role Of Interest In Learning And Attitude Towards School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education. 1(11), 73-100.

Lawrence, A. S. A., & Vimala, A. (2012). School Environment And Academic Achievement Of Standard IX Students. Journal of Educational and Instructional Studies in the World, 2(3), 210-215.

Panekanan. 2019. The Influence of Reward and Punishment Toward Employee’s Performance at Bank Indoensia Branch Manado. EMBA Journal. 7 (1): 471-480.

Purwanto, N. 2011. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahayu, P. 2017. Pengaruh Strategi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Uptd SMP Negeri 1 Prambon Pada Materi Garis Dan Sudut. Jurnal Tekhsain. 1 (2): 1-12.

Raihan. 2019. Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA di Kabupaten Pidie. Journal of Islamic Education. 2 (1): 115-130.

Sujiantari, N. 2016. Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi. 7 (2): 1-11.

Widayanti. 2013. Pengaruh Reward And Punishment Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Leuwiliang Kabupaten Bogor. Jurnal Kependidikan. 2 (3): 101-111.

Yana. 2016. Pemberian Reward Dan Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Siswa Kelas V di SDN 15 Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1 (2): 11-18.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ula, W. R. R., Nugraha, Y. A., & Rohim, D. C. (2022). Pengaruh Reward and Punishment terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 207–212. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p207-212
Abstract views: 356 , PDF Downloads: 457