Perbandingan Implementasi Kurikulum Montessori pada Jenjang Sekolah Dasar Negeri dengan Swasta

Authors

  • Nabila Hafizhotul Millah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Sofyan Iskandar
  • Primanita Sholihah Rosmana
  • Lathifah Dewi Anjani
  • Salma Ramadhani Putri

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p213-220

Keywords:

Elementary school,, Montessori curriculum, Private, Public

Abstract

ABTRACT

Each school has a different curriculum implementation according to the vision and mission of the school. One of the curricula that are applied at the elementary level is the Montessori curriculum, which in its approach focuses on practical life, sensory, mathematics, language, music, art, and culture. This research was conducted to find out how the implementation of the Montessori curriculum at the public elementary school level compares with private elementary schools. This research uses descriptive qualitative research. The results of this study reveal that the implementation of the Montessori curriculum at the private elementary school level is much more effective than the implementation of the Montessori curriculum at the public elementary school level. This is evidenced that private elementary schools have facilities and infrastructure that strongly support the implementation of the Montessori curriculum in schools, because the schools receive funds from foundations and parents of students, while elementary schools only rely on funds channeled by the government so that in its implementation, public elementary schools are also less totality or effectiveness.

 

ABSTRAK

Setiap sekolah memiliki penerapan kurikulum yang berbeda sesuai dengan visi dan misi dari sekolah tersebut. Salah satu kurikulum yang diterapkan pada jenjang SD yaitu kurikulum Montessori, yang mana dalam pendekatannya berfokuskan pada practical life, sensorik, matematika, bahasa, musik, artistik, dan budaya. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui bagaimana perbandingan implementasi kurikulum Montessori pada jenjang Sekolah Dasar negeridengan Sekolah Dasar swasta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi kurikulum Montessori pada jenjang Sekolah dasar swasta jauh lebih efektif dibandingkan dengan pengimplementasian kurikulum Montessori pada jenjang Sekolah Dasar negeri. Hal tersebut dibuktikan bahwa sekolah dasar swasta memiliki sarana dan prasarana yang sangat mendukung penerapan kurikulum Montessori di sekolah, karena pihak sekolah menerima dana dari yayasan dan orangtua peserta didik, sedangkan Sekolah Dasar hanya mengandalkan dana yang disalurkan oleh pemerintah, sehingga dalam penerapannya pun  Sekolah Dasar negeri kurang totalitas atau efektif.

References

Islamiah, F., Suharti, S., Firdausi, M. I., Meilina, M., & Agustina, W. (2018). IMPLEMENTASI KURIKULUM MONTESSORI DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN KREATIFITAS ANAK. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Putri, Y. D. S. (2021). Implementasi Metode Montessori Pada Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas 3 SD Holistik Islam Terpadu Awliya. EduBase: Journal of Basic Education, 2(1), 19-25.

Alfin, J. (2014). Analisis karakteristik siswa pada tingkat sekolah dasar.

Putri, Y. D. S. (2021). Implementasi Metode Montessori Pada Pembelajaran Kurikulum 2013 di Kelas 3 SD Holistik Islam Terpadu Awliya. EduBase: Journal of Basic Education, 2(1), 19-25.

Nurbaiti, E., Laily, I. I. F., & Alfiani, D. A. (2020). IMPLEMENTASI METODE MONTESSORI DALAM KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 1(2), 67-86.

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19.

Adisti, A. R. (2016). Perpaduan konsep islam dengan metode montessori dalam membangun karakter anak. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 61-88.

Imamah, H. (2019). Implementasi Metode Montessori dalam Mengembangkan Ketrampilan Sosial Anak Sekolah Dasar. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 190-199.

Ani Oktarina, M. (2020). Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Teori Belajar Progresivisme Dalam Pendidikan AUD. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 64-88.

Rompies, Jemima K. 2022. Kelebihan dan Kekurangan Pendidikan Montessori untuk Anak. https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/jemima/kelebihan-dan-kekurangan-pendidikan-montessori-pada-anak, diakses pada 11 Maret 2022.

Tanpa Nama. 2015. Plus Minus Metode Montessori dan Multiple Intelligence. http://pendidikananakusiadini2015.blogspot.com/2015/10/plus-minus-metode-pembelajaran.html?m=1 , diakses pada 11 Maret 2022.

Julita, D., & Susilana, R. (2018). Implementasi kurikulum montessori bernafaskan islam pada pendidikan anak usia dini “rumah bermain padi” di kota Bandung. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 149-162.

Afifah, D. N., & Kuswanto, K. (2020). Membedah Pemikiran Maria Montessori Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 57-67.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Millah, N. H. ., Iskandar, S., Rosmana, P. S., Anjani, L. D., & Putri, S. R. (2022). Perbandingan Implementasi Kurikulum Montessori pada Jenjang Sekolah Dasar Negeri dengan Swasta. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 213–220. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p213-220
Abstract views: 204 , PDF Downloads: 369