PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI

Authors

  • Nurholiza Nurholiza Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nadila Sofia Hidayat
  • Sofi Nur Kamilah
  • Sehnaz Safanna Kamila
  • Sofyan Iskandar
  • Primanita Sholihah Rosmana

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p221-228

Keywords:

Kurikulum 2013, Pandemi, Pengembangan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai permasalahan yang ada pada kurikulum 2013 dalam pengembangan karakter peserta didik akibat adanya pandemi covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif kajian pustaka yang ditinjau dari literatur dan menganalisis berdasarkan topik yang relevan, dengan menelusur berupa jurnal, buku, kamus, dokumen, dan sumber lainnya. Teknik analisis data menggunakan model Spradley. Dari penelitian ini kita dapat mengetahui bahwa konsep pendidikan dan pengembangan karakter merupakan hal yang sangat penting. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis karakter, dalam implementasinya pada situasi pandemi sekarang terdapat problematika implementasi pendidikan karakter pada kurikulum 2013. Berbagai problemtaika tersebut adalah peserta didik menjadi kecanduan gadget dan lupa akan jati dirinya sebagai manusia pancasila sehingga pengembangan karakter peserta didik menjadi terhambat. Kemudian sulit bagi guru untuk menentukan media, metode dan model pembelajaran yang sesuai karena tidak terlalu memahami teknologi sehingga pembelajaran tidak berjalan efektif.

 

Keywords: Kurikulum 2013, Pandemi, Pengembangan karakter

References

Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. (2005). What Works In CharacterEducation: A ResearchDriven Guide for Educators, Washington DC: Univesity of MissouriSt Louis.

Haryati, S. (2013). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013 Oleh: Sri Haryati (FKIP-UTM). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013, 19(2), 259–268.

Ismail, M. (2017). Menelusuri Konsep Pendidikan Karakter dan Implementasinya di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 110(9), 1689–1699.

Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59

Mansyur, A. (2007). Pengembangan Kurikulum Berbasis Karakter : Konsepsi Dan Implmentasinya. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1(1), 1–9.

Maryati. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 5 Betung Kabupaten Banyuasin. Jurnal Guru Indonesia, 1(2), hal 14.

Morelent, Y. (2015). Jurnal gramatika. 2, 141–152.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhalizah, S., Rahma, H. F., Firmansyah, M., & Hikmawan, R. (2021). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pendidikan Karakter. 01(01), 1–6.

Pringgar, Rizaldy Fatha ; Sujatmiko, B. (2020). PENELITIAN KEPUSTAKAAN ( LIBRARY RESEARCH ) MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN SISWA Rizaldy Fatha Pringgar Bambang Sujatmiko. It-Edu, 05(1), 317–329. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/download/37489/33237/

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439

Syafruddin Nurdin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, (Jakarta: ciputat pers, 2002) hal.73

Trianto. 2011. “Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.” Jakarta: Bumi Aksara

Zain, N. H., Sayekti, I. C., & Eryani, R. (2021). Jurnal basicedu. 5(4), 1840–1846.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Nurholiza, N., Hidayat, N. S., Kamilah, S. N., Kamila, S. S., Iskandar, S., & Rosmana, P. S. (2022). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI . Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 221–228. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n3.p221-228
Abstract views: 123 , PDF Downloads: 102