PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SEDERHANA SISWA SDN PAGERWOJO SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p284-289Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis motivasi belajar dan pemahaman konseptual berpengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar sederhana siswa SDN Pagerwojo Sidoarjo; 2) Menganalisis motivasi atau pemahaman konseptual, variabel yang lebih dominan dalam mempengaruhi hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar sederhana SDN Pagerwojo Sidoarjo. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN Pagerwojo. Subjek dalam penelitian ini yaitu 105 siswa kelas III. Pengambilan sampel di dalam penelitian ini dilakukan secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa angket motivasi belajar, tes pemahaman konseptual dan dokumentasi hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar sederhana. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis linear berganda dan dan Uji-t dua variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi belajar dan pemahaman konseptual berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Pagerwojo. Hal ini dapat dilihat dari nilai sebesar 84,825 dengan tingkat signifikansi kurang dari α= 0,05 yaitu 0,000. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel pemahaman konseptual adalah variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi hasil belajar matematika pada siswa kelas III SDN Pagerwojo Sidoarjo. Hal ini dapat dilihat dari variabel pemahaman konseptual sebesar 6,918 yang lebih besar dari variabel motivasi belajar yang sebesar 1,343. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pemahaman konseptual berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar sederhana siswa SDN Pagerwojo Sidoarjo. Dalam hal ini, pemahaman konseptual adalah variabel yang memberikan pengaruh paling dominan terhadap hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar sederhana siswa SDN Pagerwojo Sidoarjo.
References
Syahrir. (2010). Metodologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Naufan Pustaka.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Sudaryono. (2012). Dasar-dasa Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Adiputri, Novi Christiastuti. (2014). RI Terendah di PISA, WNA: Indonesian Kids Dont Know How Stupid They Are, (Online), (m.detik.com/news/read/2014/02/08/153124/2491125/10/), diakses 12 Februari 2015.
Nurkancana dan Sumartana. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Azwar, Saifuddin. (2000). Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

