PENERAPAN PEMBELAJARAKONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK KOPERASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI TURI JETIS PONOROGO

Authors

  • Ika Lestari Widodo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p277-283

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS pokok bahasan koperasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian berupa Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV SDN Turi Jetis Ponorogo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengamati kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran kontekstual, dan tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru setelah melaksanakan pembelajaran kontekstual mengalami peningkatan. Aktivitas siswa dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, aktivitas guru adalah 70%, aktivitas siswa 73,5%, dan hasil belajar siswa 60%. Pada siklus II, aktivitas guru 90%, aktivitas siswa 88%, dan hasil belajar siswa 92%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPS pokok bahasan koperasi di kelas IV SD Negeri Turi Jetis Ponorogo dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kontekstual, koperasi, hasil belajar

Author Biography

Ika Lestari Widodo, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Alwasilah. (2006). Contextual Teaching and Learning. Bandung: Mizan Learning Centre.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

E., Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda.

Falance Theresa. (2001). Models and Strategies for Training Design: Constructivism. United States of America: International Society for Performance Improvement.

Gunawan, Rudy. (2011). Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah & Cucu Suhana. (2009) . Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dari Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Hulett, Elwyn C. (2008). Action Research in The Classroom: Center for Teaching Excellence Grants and Statewide University Classes. New Mexico: Eastern New Mexico University Printing Services.

Ibrahim dan Nur. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: UnesaUniversity Press.

Jean, McNiff and Whitehead, Jack. (2002). Action Research: Principle and Practice. British: Taylor and FrancisGroup.

Jerolimek, J. And Parker. W.C. (2007). Sosial Studies in Elementary Education. New York: MacMillan Publising Company.

Johnson, B. Elaine. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: PT. Mizan.

Jonna, Larsson. (2013). Contextual and Conceptual Intersubjectivity and Opportunities for Emergent Science Knowledge About Sound. IJEC (2013) 45:101122. 5 Februari 2013.

Katz, Shana; Smith, Bettye P. (2014). Using Contextual Teaching and Learning in Foods and Nutrition Class. Proquest. 6 Oktober 2014.

Kevin J. Miller & Milagros M. Sessions. (2005). Infusing Tolerance, Diversity, and Sosial Personal Curriculum Into Inclusive Sosial Studies Classes Using Family Portrait and Contextual Teaching and Learning. Teaching Exceptional Children Plus, (Online), Vol. 1. Issues 3, January 2005, (http://www.file. Upi.edu), diakses 8 November 2014.

Kuswanto. (2005). Pendekatan Pembelajaran Modern: Contextual Teaching and Learning. Surakarta.

Moleong, Lexy. J.M. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhibinsyah. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.27 Tahun 1999 Tentang Akuntansi Perkoperasian.

Poedjiadi. (2005). Sains Teknologi Masyarakat: Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Rosda.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigm Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas . Jakarta: Kencana.

Rosalin. (2008). Gagasan Merancang Pendidikan Kontekstual. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada.

Saekhan, Muchith. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.

Sagala. (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabetha.

Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Mulia Group.

Santrock, J.W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi 11. Jakarta: Airlangga.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS dan Konsep Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siswoyo, Dwi. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Smaldino, Sharon E, Deborah L. Lowther & James D. Russell. (2007). Instructional Technology and Media for Learning . Jakarta: Kencana.

Suparno, Paul. (2010). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta: Kanisius.

Sudjana, Nana. (2008). Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhanadji dan Waspodo Tjipto S. 2003. Pendidikan IPS. Surabaya. Insan Cendekia.

Thompson, Julia.G. (2007). The First-Year Teachers Survival Guide. Ready to Use Strategies Tools and Activites for Meeting The Challenges of Each School Day. Jossey Bass.

Wintarti, Atik dkk. (2008). Contekstual Teaching and Learning Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2016-09-17

How to Cite

Widodo, I. L. (2016). PENERAPAN PEMBELAJARAKONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI POKOK KOPERASI PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI TURI JETIS PONOROGO. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(3), 277–283. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p277-283
Abstract views: 582 , PDF Downloads: 243