PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VI SD BERBASIS KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p249-255Abstract
Abstrak
Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan buku teks Bahasa Indonesia kelas VI berbsasis karakter dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah: (1)mendeskripsikan proses pengembangan buku teks bahasa Indonesia kelas VI berbasis karakter dengan menggunakan model pembelajaran example non example (2)mendeskripsikan kualitas buku teks bahasa Indonesia kelas VI berbasis karakter dengan menggunakan model pembelajaran example non example yang dikembangkan.Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan pendekatan kombinasi kualitatif kuantitatif model sequential exploratory dan desain model merupakan adaptasi dari model 4D. Prosedur pengembangan meliputi tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan meliputi tahap pendefinisian dengan hasil berupa peta kebutuhan pembelajaran; tahap perancangan dengan hasil draf buku; dan tahap pengembangan dengan hasil berupa model final buku teks. Kualitas buku teks yang dikembangkan dinilai dari komponen materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Masing-masing komponen mendapat persentase 97,9%, 100%, 96,4%, 93,8%. Pemerolehan hasil observasi di kelas VIA terhadap aktivitas guru, respon guru, aktivitas siswa, dan respon siswa berturut-turut 87,5%, 86,1%, 84,4%, 90,7, serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,5. Pemerolehan hasil observasi di kelas VIC terhadap aktivitas guru, respon guru, aktivitas siswa, dan respon siswa berturut-turut 95,8%, 97,1%, 81,3%, 90,3, serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 8,6.
Kata Kunci: Pengembangan Buku Teks, Karakter, Model Pembelajaran Example Non-Example
References
Aqib, Zainal. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fitrah, Ummi. (2013). Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia Tematik Integratif Berbasis Budaya Madura dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Kelas IV Sekolah Dasar (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Gooch, Deanna L. (2012). Research, Development, and Validation of a School Leaders Resource Guide for The Facilitation of Social Media Use by School Staff. Kansas: Kansas State University.
Louis, Cohen, Lawrence, Manion and keith Morrison. (2011). Research Methods in Education. New York: Ashford Colour Press.
Mintowati, M. (2008). Tuturan Penyandang Autis (Kajian Tindak Tutur, Prinsip Kooperatif, dan Strategis. (Disertasi doktor pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Muslich, Masnur. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Riduwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
________. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyono & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Ulum, Wisda Miftakhul. (2013). Pengembangan Buku Teks Membaca Intensif KelasVI Berbasis Karakter di Sekolah Dasar (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Malang.
Yulianto, Bambang. 2008. Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.