IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p378-387Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep
siswa sekolah dasar setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas V di SDN kalirungkut IV Surabaya. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi yang
terdapat dalam Tema Lingkunganku Sahabatku Sub Tema manusia dan Lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada
semester kedua tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yang didahului
dengan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group
Pretest Postes Desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 1) lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran; 2) lembar pengamatan aktivitas siswa; 3) instrumen tes penguasaan konsep; dan 4) instrumen tes berpikir
kreatif. Adapun teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan yang
dialami peneliti menggunakan analisis N-Gain Skor. Berdasarkan hasil analisis N-gain Skore diperoleh skor N-gain
untuk penguasaan konsep siswa tentang materi yang diajarkan adalah 0,67 dengan kategori sedang. Sedangkan dari
hasil analisis N-gain skor untuk keterampilan berpikir kreatif yaitu aspek kelancaran 0.59, aspek keluwesan 0.58, aspek
keaslian 0.59, dan aspek elaborasi 0.58. kategori dari keseluruhan adalah pada level sedang.
Kata Kunci: prototipe buku siswa, prototipe buku guru, keterampilan proses sains
References
Arikunto, Suharsimi. (1989). Manajemen Penelitian. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Azwar, Saifuddin. (2012). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bilgin. (2009). The Effect of Problem Based Learning Instruction on University Student Performance of Conceptual and Quantitative Problem in Gas Concept. Turki : Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education.
Borich, Garry. (2006). Teaching Strategi That Promote Thinking. Singapore: McGraw-Hill.
Deporter, Bobby. (2011). Quantum Learning. Bandung: Mizan Pustaka.
Eldy, Sulaiman. (2013). The Role of PBL in Improving Physics Student Creative Thinking and Its Imprint on Gender. Sabah. International Journal of Education and Research.
Filsaime, Dennis K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Fogarty, Robin. (1991). How to Integrated The Curricula. Illinois: IRI/Skylight Publishing, Inc.
Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika
Ibrahim, Muslimin. (2012). Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya, Unesa University Press.
Ibrahim, Muslimin. (2005). Assesment Berkelanjutan. Surabaya, Unesa University Press.
Julianto, dkk. (2011). Teori Implikasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa Press.
Kemp, Jerrold E. (1994). Designing Effective Instuction. New York: Macmillan College Publishing Compagny.
Khoiri. (2013). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kudus Pada Materi Segitiga. Skripsi, Unnes.
Lau, Joe. (2011). An Introduction to Critical Thingking and Creativity Thingking. New Jersey : John willey & Son,Inc.
Nur, Muhammad. (2011). Pembelajaran Bebasis Masalah. Surabaya: Unesa Press.
Nur, Muhammad. (2008). Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontruktifis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa Press.
Poerwati, Endah. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Pratiwi. (2010). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dengan Metode Proyek dan Resitasiditinjau dari Kreativitas dan Konsep Diri (Self Concept) Siswa. Tesis magister pendidikan, Universitas Sebelasa Maret.
Ramli, Awang. (2008). Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in The Engineering Classroom. Kuala Lumpur: International Journal of Social, Management, Economics and Business Engineering.
Siswono, dkk. (2014). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Virtual Laboratory Terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Di SMA. Tesis Magister Pendidikan, Universitas Negeri Malang.
Sudarma, Momon. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Taniredja, Tukiran. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.