PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED FOKUS IPA DENGAN TEMA œMASYARAKAT TANEYAN LANJHANG PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUMENEP

Authors

  • Ike Yuli Mestika Dewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p364-371

Abstract

ABSTRAK

Pengembangan potensi siswa Sekolah Dasar dengan pembelajaran yang terpisah, masih memunculkan masalah yang serius dalam menghasilkan kualitas pembelajaran. Model pembelajaran yang kurang menarik dianggap sebagai hambatan utama dalam memotivasi anak dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran terpadu tipe webbed dengan tema œMasyarakat Taneyan Lanjhang dapat dijadikan sebagai solusi yang tepat dalam menjawab problem tersebut, sehingga pembelajaran terpadu tipe webbed ini dapat digunakan sebagai model pembelajaran yang bisa mendorong tumbuhnya minat belajar siswa lebih maksimal.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran terpadu tipe webbed fokus IPA pada pokok bahasan perilaku manusia terhadap lingkungan, sumber daya alam (SDA), dan siklus air, yang menggambarkan tentang validitas (perangkat pembelajaran), kepraktisan (keterlaksanaan pembelajaran), dan keefektifan (aktivitas siswa, respon siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, serta kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran). Penelitian ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Pertama, tahap pengembangan perangkat pembelajaran terpadu yang dilaksanakan dengan mengadopsi model pengembangan pembelajaran 4-D, diantaranya Define, Design, Develop, dan Dissiminate. Kedua, tahap penelitian terhadap perangkat pembelajaran di SDN Pajagalan II Kabupaten Sumenep (ujicoba 1 dan replikasi I), dan SDN Andulang Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep (replikasi II).

Hasil analisis dalam penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, antara lain: perangkat dan instrumen pembelajaran yang dikembangkan rata-rata memiliki skor yang valid dengan katagori baik. Keterlaksanaan RPP secara umum dikatagorikan baik dan aktivitas siswa menunjukkan katagori baik. Kemudian, respon siswa juga cukup positif terhadap pelaksanaan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa dikatagorikan tuntas dan mengalami peningkatan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran terpadu tipe webbed fokus IPA ini dikatagorikan baik dan dapat digunakan.

Kata kunci: Pembelajaran terpadu tipe webbed, Pengembangan perangkat, Sekolah Dasar

Author Biography

Ike Yuli Mestika Dewi, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Beland, Kathy. (2003). Character Education: Providing a Meaningful Academic Curriculum. Washington: CEP (Character Education Partnership).

Borich, G. D. (1994). Obsvervation Skill for Effective Teaching. New York: Mc Millan Publishing Company.

Djiwandono, Patrisius Istiarto. (2013). Critical Thinking Skill for Language Students. Teflin. Vol 24 No. 1 January 2013. ISSN 0215-773 X. pp. 34.

Fogarty, Robin. (1991). How to Integrate The Curriula. USA: Publishing Inc.

Gredler, Margaret E. (2011), Learning and Instruction: Teori Aplikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Julianto. (2010). Kajian Teori dan Implementasi Model Pembelajaran Terpadu dalam Pembelajaran Di Kelas. Surabaya: Unesa University Press.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Lorin, V Anderson dan David. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Nieveen, Nienke. (1999). œPrototyping to Reach Product Quality. In Collaboration with Interuniversitair Centrum voor Onderwijskundig Onderzoek (lCO) (Ed). Design Approaches and Tools in Education and Training, 125-135. Springer-Science+Business Media, B.V.

Nur, Mohamad. (2003). Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (Pusat Sain dan Matematika Sekolah).

Downloads

Published

2017-01-18

How to Cite

Dewi, I. Y. M. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU TIPE WEBBED FOKUS IPA DENGAN TEMA œMASYARAKAT TANEYAN LANJHANG PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUMENEP. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 364–371. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p364-371
Abstract views: 1083 , PDF Downloads: 3056