PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ery Rahmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p346-350

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kelayakan LKS lingkungan tempat tinggalku dengan menggunakan pendekatan kontekstual, (2)mendeskripsikan efektifitas penggunaan LKS dengan pendekatan kontekstual dalam KBM berdasarkan keterlaksanaan RPP.dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKS yang menggunakan pendekatan kontekstual subtema lingkungan tempat tinggalku.

Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Bambe dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IVA dan IVB tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan  adalah penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan  ADDIE  (Analysis,  Design,  Development,  Implementation, Evaluation).

Penelitian ini menghasilkan LKS subtema lingkungan tempat tinggalku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil validasi LKS yang meliputi aspek isi atau materi, aspek penyajian, aspek kebahasaan, dan aspek kegrafikan mendapat skor rata-rata 3,62 dengan kategori sangat baik. (2) Berdasarkan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor yang dipersentase 94,3% dalam kategori sangat baik. (3) Berdasarkan hasil posttest hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol  dapat dilihat pada angka t-test yang mengasumsikan kedua populasi sama yaitu 6.597 diperoleh probabbilitas (sig) sebesar 0,000. Dengan angka probabilitas <0,05, maka dapat diartikan adanya perbedaan antara nilai yang diperoleh kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol sehingga dapat disimpulkan, pengembangan LKS dengan  menggunakan pendekatan kontekstual subtema lingkungan tempat tinggalku secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Kata Kunci : LKS, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar.

Author Biography

Ery Rahmawati, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Ahmadi, IK. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.

Ahmadi, IK dan Sofan Amri. (2011). Pengembangan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: Prestasi Pusta Karya.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitia: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2004). Pedoman Penyusunan LKS dan Skenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Depdiknas.

Januszewski, Alan and Molenda, M. (2008). Educational Technology: A Devinition with Commentary. New York: Laurence Erlbaum Associates Taylor&Francis Group.

Johnson, Elaine. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.


Kemp, Jerrold E, et.al. (1994). Designing Effective Instruction. New York: Macmillan College Publishing Company.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.

Pribadi, Benny A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Ratumanan, Tanwey Gerson, dan Laurens Theresia. (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Sears, Susan. (2002). Contextual Teaching and Learning: A Primer for Effective Instruction. Bloomington: Phi Delta Kappa Educational Faoundation.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajar Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yamin, Martinis. (2013). Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Downloads

Published

2017-01-17

How to Cite

Rahmawati, E. (2017). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 346–350. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p346-350
Abstract views: 1380 , PDF Downloads: 955