PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA MTB UNTUK MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Enik Chairul Umah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p339-345

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam memahami operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini  dikarenakan peserta didik cenderung menerima apa yang disampaikan guru dalam memelajari materi baru dan jarang mengungkapkan pendapatnya. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran pendidikan matematika realistik berbantuan media MTB. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika realistik berbantuan  media MTB yang baik dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan perangkat pembelajaran matematika realistik berbantuan media MTB di kelas IV SD.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 1 Pucang Anom Sidoarjo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas paralel, terpilih kelas IV Ali bin Abi Thalib untuk kelas uji coba dan  kelas IV Khalid bin Walid untuk kelas implementasi. Dalam penelitian ini peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D. Perangkat yang dihasilkan meliputi: RPP, media MTB, LKP, dan Lembar penilaian yang terdiri atas THB , lembar penilaian afektif dan psikomotor.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria: (a) kevalidan, dimana penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran adalah baik dengan skor antara 4,00-5,00, (b) kepraktisan, hal ini ditunjukkan oleh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori baik dengan rata-rata setiap pertemuan 4,18 dan 4,27 (c) keefektifan, ditunjukkan oleh aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada rentang waktu ideal, ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif mencapai 97,4%, hasil belajar afektif 89,7%, dan hasil belajar psikomotor 97,44%, dan respon peserta didik positif  (2)  pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran matematika realistik berbantuan media MTB efektif untuk mengajarkan materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Hal ini ditunjukkan oleh: (a) ketuntasan hasil belajar klasikal pada kelas implementasi untuk hasil belajar kognitif mencapai 87,09%, hasil belajar afektif mencapai 87,10%, dan hasil belajar psikomotor mencapai 80,65%, (b)  aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada rentang waktu ideal, (c) respon peserta didik terhadap pembelajaran positif. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

 

Kata-kata kunci: matematika realistik, media MTB, bilangan bulat.

Author Biography

Enik Chairul Umah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Akbar, Sadun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Akker, Van Den. (1999). œPrinciples and Methods of Development Research. University of Twente, the Nederlands.

Armstrong, Thomas. (2002). Setiap Anak Cerdas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arends, Richard I. (2013). Belajar untuk Mengajar Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikuto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rieka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Edisi 1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azwar, Saifuddin. (2007). Tes Prestasi. Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Edisi ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bennett, Albert B. (2004). Mathematics for Elementary Teachers a Conceptual Approach. United States: Von Hoffmann Corporation.

Billstein, R., Libeskind, S., Lott, JW., (1990). A Problem Solving Approach to Mathematics for Elementary School teachers. California: The Benjamin/Cummings Publishing Company, Inc.

BSNP. (2006). Standar Nasional Pendidikan Indonesia untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Ditjendikdasmen.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Day, R., Frey, P., Howard, A.C., Hutchens, D.A., Luchin, B. (2008). California Mathematics Concepts, Skill, and Problem Solving 7. United States: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2006). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standart Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Dirjen Pendidikan Dasar. (2014). Lampiran Permendikbud Nomor 103. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dirjen Pendidikan Dasar. (2014). Panduan Teknis Penilaian dan Pengisian Raport di SD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fajar, Safrudin. (2004). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Pokok Bahasan Relasi, Pemetaan, dan Grafik Kelas II SLTP Negeri 5 Barabai Kalimantan Selatan. Surabaya: Tesis tidak dipublikasikan.

Fathani. (2009). Matematika Hakikat & Logika. Jakarta: Ar-Ruaa Media.

Grounlund, Norman E. (1982). Contructing Achievement Test. Third Edition. Engglewood Cliffs: Prentice Hall.

Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Pena Salsabila.

Ibrahim, Muslimin. (2003). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Ibrahim, Muslimin. (2005). Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Ibrahim, Muslimin dkk. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Karso, dkk. (2012). Pendidikan Matematika 1. Tangerang: Universitas Terbuka.

Kemp, Jerrod E. (1994). Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: ITB Bandung.

Khabibah, Siti. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika dengan Soal Terbuka untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Sekolah Dasar. Surabaya: Disertasi tidak dipublikasikan.

Lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Lampiran Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik.

Mahsunah, dkk. (2012). Materi Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG). Jakarta: Kemendikbud.

Mudhofir. (1990). Teknologi Intruksional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. (2012). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada.

Musser, Gary L and Burger, William F. (1991). Mathematics for Elementary Teachers a Contemporary Approach. New York: Macmillan Publishing Company.

Nieveen. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Netherlands: University of Twente.

Nur, Mohamad. (2008). Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktifis dalam Pengajaran. Surabaya: PSMS Unesa.

Nur, Mohamad. (2008). Teori-Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: PSMS Unesa.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Pribadi, Benny. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Reys . Robery E. (1992). Helping Children Learn Mathematics. America: Simon and Schuster Inc.

Sadiman, Aris S. (2011). Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Salim, Yenny. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.

Slavin, Robert E. (1994). Educational Psychology Teory Into Practices. 4th ed. Boston: Ally and Bacon Publishers.

Slavin, Robert E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Santyasa, I Wayan. (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Makalah disajikan dalam Workshop Media Pembelajaran Bagi Guru-guru SMA Negeri Banjar Angkan Klungkung, 10 Januari 2007.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdknas.

Spitzer, Dean. (1999). œLearning Effectiveness Measurement (LEM). Dalam http://www.slidesshare.net/AllisonCristiaen/em.whitepaper. 14 Mei.

Sudjana, Nana. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulhan, Najib. (2006). Pembangunan Karakter Pada Anak Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif. Surabaya: Intelektual Club.

Treffers, Adrian. (1978). Three Dimensions A Model of Goal and Theory Description in Mathematics Intruction-The Wiskobas Project. Dordrecht: Reidel Publishing Company.

Thiagarajan, S., Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A sourcebook. Bloomington: Center for Innovatio in Theaching the Handicapped.

Triyana, Winiati Illah. (2011). Keefektifan Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) pada Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP Zainuddin. Tesis Magister Pendidikan. Surabaya: PPs. Unesa.

Trianto. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Trianto. (2010). Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Sumaryanta. (2013). Pembelajaran Matematika Realistik dan Strategi Implementasinya di Kelas. Dalam
http://p4tkmatematika.org/2013/12/pembelajaran-matematika-realistik-dan-strategi-implementasinya-di-kelas-2/. 23 Juni.

Walle, Jhon A Van De. (2006). Matematika Sekolah dasar dan Menengah. Pengembangan Pengajaran. Jilid 2, edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematka. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2017-01-16

How to Cite

Umah, E. C. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA MTB UNTUK MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 339–345. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p339-345
Abstract views: 1334 , PDF Downloads: 2546