MINAT BACA ANAK-ANAK DI KAMPOENG BACA KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328Abstract
ABSTRAK
Membaca menjadi topik penting yang menyita banyak perhatian masyarakat dunia. Kualitas membaca menentukan keberadapan suatu bangsa. Bangsa yang memiliki kualitas membaca rendah akan mengalami keterbelakangan dan ketertinggalan. Hal ini dapat diatasi dengan peningkatan minat dan kebiasaan membaca. Pola asuh orang tua dan keadaan situasional menjadi faktor penentu tumbuhnya kebiasaan tersebut. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor dasar timbulnya kebiasaan membaca. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dasar yang membentuk kebiasaan baca ada faktor situasional dan pola asuh orang tua. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan membaca tidak berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca.
Kata kunci: kebiasaan membaca, anak-anak, faktor membaca.
References
Eidswick, J. (2009). The Influence of Interest on Reading Comprehension in EFL Students. Annual Research Report of the Language Center, 12, 25-38. Kwansei Gakuin University.
Firdaus, Ardiyansah Yuliniar. (2016). Kompetensi Ideal Pendidik Untuk Menciptakan Masyarakat Literat di Sekolah Dasar. Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan dilaksanakan tanggal 26 November di Bogor-Jawa Barat. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (KEMENDIKBUD).
Geske, Andrejs & Ozola, Antra. (2008). Factors Influencing Reading Literacy at The Primary School Level. Problems of Education in the 21st Century, Vol 6. University of Latvia, Riga, Latvia.
Khairuddin, Zurina. (2013). A Study of Students Reading Interests in a Second Language. International Education Studies; Vol. 6, No. 11; 2013. Malaysia: Universiti Sultan Zainal Abidin.
Maharani, Ony Dina. (2016). The Childrens Reading Interest and Reading Skill in œKampoeng Batja Jember Regency. The 1th International Coference of Primary Education.
Middleton, Margaret Elizabeth. (2011). Reading Motivation and Reading Comprehension. Thesis. The Ohio State University.
Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
OECD. (2004). Learning for tomorrows world: First Results from PISA 2003. Paris, France: OECD.
Paul, Morgan. (2008). Does Early Reading Failure Decrease Children's Reading Motivation?. Journal of Learning Disabilities, 387-404.
Permendikbud No. 23 tahun 2015 tentag Pertumbuhan Budi Pekerti.
Rahim, Faridah. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratnasari, Yunita. (2011). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri Bojongsari Purbalingga. Skripsi: FIP Universitas Yogyakarta. (diganti dr rujukan luar negeri).
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Saddono, K dan Slamet, St. Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.
Scrhaw, G & Moshman, D. (1995). Metacognitive Theories. Educational Psychology Review. 7 (4), 351-371.
Singer, Kurt. (1987). Membangun Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung: Remaja Karya, p.93.
Soeatminah. (1991). Perpustakaan Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.
Winkel, WS. (1989). Psikolog Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, p. 30.
Wiryodijoyo, Suwaryono. (1989). Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.