PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUKU GURU DAN BUKU SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA

Authors

  • Siti Robiatul Lailiyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p204-213

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menghasilkan prototipe buku guru dan buku siswa valid, praktis dan efektif dengan scientific approach menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D Model) yang dikembangkan menjadi 3D, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Prototipe buku guru dan buku siswa ini diujicobakan di kelas IV SD Al Fatah, Surabaya pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan One Group Pretest- Posttest Design.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rata-rata hasil validasi prototipe buku guru 3,59; buku siswa 3,53; LKS 3,37; tes penilaian sikap 3,57 berkategori valid. Penilaian kognitif produk dan proses berdasarkan validitas isi dan bahasa rata-rata 4 berkategori valid dan penulisan soal 4,23 berarti soal dapat dipahami maksudnya. Penilaian berpikir kritis dan kreatif rata-rata 4,1 dan 3,4 berkategori valid. Rata-rata 3,9 dan 3,6 berarti dapat dipahami maksudnya. Penilaian psikomotor rata-rata 3,5 berkategori valid dan 3,6 berarti dapat dipahami maksudnya, 2) Keterlaksanaan RPP uji coba 1, yaitu pertemuan 1 adalah 3,40; pertemuan 2 adalah 3,42 dan pertemuan 3 adalah 3,53 berkategori praktis. Uji coba 2, pertemuan 1 adalah 3,39; pertemuan 2 adalah 3,69 dan pertemuan 3 adalah 3,97 berkategori praktis. Rata-rata keterbacaan buku siswa dan LKS meningkat. 3) Keefektifan prototipe buku guru dan buku siswa ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa meliputi hasil belajar kognitif produk, kognitif proses, berpikir kritis, kreatif dan psikomotor diukur dengan N-Gain, respon siswa, aktivitas guru dan siswa terhadap pembelajaran bernilai positif.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prototipe buku guru dan buku siswa yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan.

 

Kata Kunci: Prototipe Buku Guru dan Buku Siswa, Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad, Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif.

 

Author Biography

Siti Robiatul Lailiyah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Afriki., Anggie.S.A., Dyanggih S. A., Nuniek P. (2014). Tema 6 Indahnya Negeriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Anderson and Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching Andassessing: Revision of Blooms Taxonomy of Educational Objectives, Bridged Ed. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arends, Richard. I. (2012). Learning to Teach, 9th Edition. New York: Mc-Graw Hill.

Bailin, Sharon. (2002). Critical Thinking and Science Education. Netherlands : Kluwer Academic Publisher.

BSNP. (2007). Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Azizah,Kusnaini. (2014). Pendekatan Scientific Bermuatan Karakter Siap Siaga untuk Meningkatkan Keterampilan Mitigasi. Jurnal FKIP Universitas Bandar Lampung.

Daniel,L.H, et.al. (2002). Organism of The Post National Geographics STS: Helping Endangered Species (Unit A) Grade 4. Washington, DC: Mc. Graw. Hill Companies.

Daniel,L.H, et.al. (2002). Animal Survival. Process Skill Builder: Form a Hypotesis National geographic Science Magazine (Unit B) Grade 6. Washington, DC: Mc. Graw. Hill Companies.

Fisher, Ale. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Alih bahasa, Benyamin Hadinata. Jakarta : Erlangga.

Ibrahim, Muslimin. (2002). Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata pelajaran Biologi. Jakarta : Depdiknas.

Johnson, W.D., Johnson, T.R., Holubec, J.E., (2011). Colaborative Learning. Bandung: Nusa Media.

Kemendikbud (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Khaerudin. (2013). Model Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Unesa.

Majid, Abdul dan Chaerul Rochman. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: P.T. Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. (2009). Kreativitas dan Keterbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Nieveen, Nienke. (2007) Formative Evalution in Educational Design Research Proceedings of The Seminar Conducted at The East China Normal University, Shanghai (PR China), November 23-26.

Nur, Mohamad. (2011). Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

Peraturan Pemerintah No.32 tahun 2013 tentang Standar Pendidikan Nasional.

Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta : Diva Press.

Sanjaya, Wina. (2006) . Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Slavin, Robert E. (2011). Educational Psychology: Theory and Practice. USA: Pearson.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Zohar, Anat., Yehudit Judy.D. (2012). Metacognition in Science Education: Trends in Current Research, Contempory Trends and Issues in Science Education. New York: Springer.

Downloads

Published

2016-05-21

How to Cite

Lailiyah, S. R. (2016). PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUKU GURU DAN BUKU SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 204–213. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p204-213
Abstract views: 1293 , PDF Downloads: 1730