PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Titik Handayani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p195-203

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik yang layak digunakan pada materi pokok makhluk hidup dan lingkungannya untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Al Fatah Surabaya sebanyak 12 orang (uji coba1) dan 20 orang (uji coba 2) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat pembelajaran oleh validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kualitas baik, valid, dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran, sedangkan penerapan perangkat pembelajaran pada materi pokok makhluk hidup dan lingkungannya di kelas IV SD adalah praktis dan efektif menunjang kegiatan pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa

Author Biography

Titik Handayani, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan: Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contohnya. Surabaya: Unesa University Press.

Kardi, S. (2002). Strategi Motivasi Model ARCS. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sadia, I W. (2008). Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha, 41, 219-237, April 2008.

Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R.E. (1994). Educational Psychology. Four Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publishers.

Sudrajat, A. (2013). Pendekatan Saintifik/ilmiah dalam Proses Pembelajaran. Diunduh dari:
http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Pada tanggal 1 Maret 2015.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwanta, A. (2012). Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Vol 16 Nomor 1, November 2012.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Uno, H.B. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Untari, M. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Diunduh dari http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/pgsd/pgsd/viewfile/321/273. Pada tanggal 9 Maret 2015.

Downloads

Published

2016-05-20

How to Cite

Handayani, T. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 195–203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p195-203
Abstract views: 782 , PDF Downloads: 1169