PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p195-203Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik yang layak digunakan pada materi pokok makhluk hidup dan lingkungannya untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Al Fatah Surabaya sebanyak 12 orang (uji coba1) dan 20 orang (uji coba 2) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat pembelajaran oleh validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memiliki kualitas baik, valid, dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran, sedangkan penerapan perangkat pembelajaran pada materi pokok makhluk hidup dan lingkungannya di kelas IV SD adalah praktis dan efektif menunjang kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa
References
Ibrahim, M. (2005). Asesmen Berkelanjutan: Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contohnya. Surabaya: Unesa University Press.
Kardi, S. (2002). Strategi Motivasi Model ARCS. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sadia, I W. (2008). Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha, 41, 219-237, April 2008.
Sanjaya, W. (2011). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R.E. (1994). Educational Psychology. Four Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon Publishers.
Sudrajat, A. (2013). Pendekatan Saintifik/ilmiah dalam Proses Pembelajaran. Diunduh dari:
http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Pada tanggal 1 Maret 2015.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarwanta, A. (2012). Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. Vol 16 Nomor 1, November 2012.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Uno, H.B. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Untari, M. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Diunduh dari http://prosiding.upgrismg.ac.id/index.php/pgsd/pgsd/viewfile/321/273. Pada tanggal 9 Maret 2015.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.