PENGEMBANGAN BUKU TEKS KELAS V SEKOLAH DASAR BERBASIS TEMATIK DENGAN MODEL MULTIPLE GAMES
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p184-194Abstract
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk membantu guru membuat siswa aktif dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD dang menghasilkan produk berupa buku teks dengan model multiple games agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan bagi siswa.
Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN Pucang IV Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) aktivitas guru sangat baik dan optimal; (2) respons guru menunjukkan sangat baik dan antusias dalam menerapkan pembelajaran; (3) aktivitas siswa menunjukkan bahwa secara klasikal sangat aktif; (4) respons siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan respons yang sangat baik dan siswa antusias; (5) hasil belajar siswa secara klasikal siswa telah mencapai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditetapkan; (6) hambatan yang ditemukan adalah kelas menjadi gaduh sehingga dapat mengganggu konsentrasi siswa, akan tetapi hambatan yang ditemukan dapat segera diatasi agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penelitian ini sebagai sumbangan ilmiah dalam bidang pendidikan tentang pengembangan model pembelajaran inovatif yang menghasilkan produk berupa buku teks dengan model multiple games sehingga dapat diterapkan di SD untuk memotivasi guru dan membuat siswa aktif.
Kata Kunci: Buku Teks dan Model Multiple Games
References
Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga
Degeng, Nyoman Sudana dan Miarso. (1993). Desain Pembelajaran Teori Keterapan. Malang. PPS IKIP Malang.
Departememen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Penilaian Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. (2013). Draf Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar SD/MI. Jakarta: Balitbang.
DePorter, Bobbi. (2009). Quantum Writer: Menulis Lebih Mudah, Tanpa Stres, dengan Hasil Lebih Baik. Cetakan ke-2. Diterjemahkan oleh Lovely: Bandung: Mizan Media Utama.
Dimyati dan Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fogarty, Robin. (1991). The Mindful School How to Integrate The Curricula. USA:IRI/Skylight Publishing.
Gafur. (2004). Pedoman Penyusunan Materi Pembelajaran. (Instructional Material). Jakarta: Depdiknas.
Hernawan, Asep. (2009). Pembelajaran Terpadu di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Ismanto, Hadi. (2012). Pengembangan Model PKn SD Kelas IV Pada Pokok Bahasan Globalisasi Berorientasi Pendidikan Karakter. Tesis, Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Pendidikan Dasar.
Johnson D.W and Johnson R.T. (1994). Learning Together and Alone. Fourth Edition. Massachusset: Allyn and Bacon Publisher.
Kagan, Richard Mark. (1992). Storytelling and Game Therapy for Children in Placement. Parsons Child and Family Center, Albany: New York. Child Care Quality 11(4).
Kurniawan, Deni. (2011). Pembelajaran Terpadu Teori, Praktek, dan Penilaian. Bandung: CV Pustaka Cendekia Utama.
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya.
Muslich, Masnur. (2010). Texs Book Writing (Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks). Jogjakarta: Ar-ruzz Media
Nieveen, Nieenke. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. In Jan Vanden Akker, R.M. Brunc, K. Gutafson, N Nieveen & TJ Plom (Eds). Design approaches and tool in education and training. Dorgerecht, The Netherland Kluwer Academic Publiser.
Nur, M. (2008). Pemotivasian Siswa Untuk Belajar.Surabaya: Unesa, University, Press.
Notodiputro, Khairil Anwar. (2013). Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.
Patmonodewo. (2000). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran Nomor 81a Tahun 2013. Jakarta: Depdikbud
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jakarta: DIVA Press.
Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Purwanto M. N. (2001). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pusat Bahasa Kemdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia (online). http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/
Raisamo, Roope. (2006). Design and Evaluation of a Tactile Memory Game for Visually Impaired Children. University of Tampere, Finland. Interacting with Computers 19 (2007) 196-205.
Rifa, Iva. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Jogakarta: FlashBooks.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (1999). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta:Rineka Cipta.
Soetjiningsih. (1995). Tumbuh Kembang Anak. Surabaya: Lab Ilmu Kesehatan: Universitas Airlangga.
Solso. (1995). Cognitif Psychology. Boston. Allyn and Bacon.
Sudono. (1995). Alat Bermain dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana dan Rvai. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjiman, Panuti. (1984). Kamus Sastra. Jakarta: Gramedia
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sungkono. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: FIP UNY.
Suwarno, Wiji. (2006). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz media
Tedjasaputra, Mayke. (2007). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Thiagarajan, Semmel, DS and Semmel M.I. (1974). Instructional Develompment for Training Teacher of Exceptional Children. A Source Book. Blomington: Center for Innovation on Teaching the Handicapped.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisheer
Trianto. (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.