KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS NARATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA

Authors

  • Lulu Anggi Rhosalia Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p166-174

Abstract

Abstrak

Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif dalam menulis naratif siswa kelas V sekolah dasar negeri di Kecamatan Gayungan Surabaya. Adapun tujuan khusus penelitian ini adalah mendeskripsikan kelancaran berpikir dalam menulis naratif siswa, mendeskripsikan keluwesan berpikir dalam menulis naratif siswa, dan mendeskripsikan keaslian berpikir dalam menulis naratif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 54 dari 97 siswa kelas V SDN di Kecamatan Gayungan Surabaya yang dijadikan sampel penelitian sudah dapat dinyatakan memiliki kemampuan berpikir kreatif dalam menulis naratif. Secara rinci ada 6% atau 6 siswa dikategorikan sangat kreatif, 51% atau 49 siswa dikategorikan kreatif, 4% atau 4 siswa dikategorikan cukup kreatif, 26% atau 25 siswa dikategorikan kurang kreatif, dan 13% atau 13 siswa dikategorikan tidak kreatif.Tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam menulis naratif tersebut ditentukan oleh tiga indikator yang meliputi kelancaran, keluwesan, dan keaslian. Secara rinci 81 dari 97 siswa sudah memenuhi indikator kelancaran berpikir dalam menulis naratif. Ada 56 siswa yang dapat dinyatakan memenuhi indikator keluwesan berpikir dalam menulis naratif. Hanya ada 6 siswa yang dapat dinyatakan memenuhi indikator keaslian.

 

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Menulis Naratif, Kelancaran, Keluwesan, Keaslian

Author Biography

Lulu Anggi Rhosalia, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Akhadiah, Sabarti, dkk. (1993). Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Direktorat Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Al-Maruf, Ali Imron. (2012). Kajian Stilistika Prespektif Kritik Holistik. Surakarta: UPT Penerbit dan Pecetakan UNS (UNS Press).

Aminuddin. (2010). Stilistika Pengantar Memahami Bahasa dalam Karya Sastra. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Baker, Matt. Rudd, Rick. Pomeroy, Carol. (1999). Relationships Between Criticl and Creative Thinking: Journal of Southen Agricultural Education Research Volume 51. (Online)
http://pubs.aged.tamu.edu/jsaer/pdf/Vol51/51-00-173.pdf Diakses pada 22 Mei 2015.

Barak, Moses. & Doppelt, Yaron. (2000). Using Portofolio to Enhance Creative Thinking. The Journal of Teknology Studies Summer Fall 2000, Volume XXVI, Number. (Online) http://scholar.lib.vt.edu/ejournals. Diakses pada 28 Desember 2014.

Beetlestone, F. (1998). Creative children: Imaginative Teaching. Buckingham: Open University Press.

Hariyadi dan Zamzani. (1996). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Hurlock, Elizabeth B. (1999). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Isaken, Scott G. (1995). On The Conceptual Foundation of Creative Problem Solvin. (Online) http://www.cpsb.com. Diakses pada 1 Januari 2015.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014 untuk SD Kelas V. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi dan Naratif. Jakarta: Gramedia.

Kim, Kyung Hee. (2006). Can We Trust Creativity Tests? A Review of the Torrance Tests of Creative Thinking (TTCT). (Online) http://kkim.wmwikis.net. Diakses pada 2 Pebruari 2015.

Munandar, Utami (1977). A Study of The Relationship between Measures of Creativity Thinking and A Number of Educational Variables in Indonesian Primari and Junior Secondary School. Jakarta: Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.

Munandar. Utami. (1999). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

National Literacy Trust. (2013). A Guide to Text Types: Narrative, Non-fiction, and Poetryi. (Online)
http://www.literacytrust.org.uk/assets/0001/6612/Guide_to_text_types_sample.pdf Diakses pada 26 Juni 2015.

Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.
Rababah, Luqman M., Mohamed, Abdul H., Jdaitawi, Malek T., & Melhem,

Nour Z. (2013). The Level of Creativity in English Writing among Jordanian Secondary School Student. (Online) http://www.scientificjournal.org. Diakses pada 6 Januari 2015.

Rakhmat, Jalaludin. (2012). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratumanan dan Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Ambon: Unesa University Press.

Riduwan. (2006). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Yatim. 2007. Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Rofiuddin, A. dan Zuhdi, D. (1998). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Direktorat Pendidikan.

Santrock, John W. (2009). Psikologi Pendidikan: Edisi 3 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Siswono, Tatag Y. E. (2007). Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Identifikasi Terhadap Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memngajukan dan Memecahkan Masalah Matematika. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Siswono, Tatag Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Matematika. Surabaya: Unesa University Press.

Slavin, Robert. E.. (2008). Psikologi Pendidikan, Teori dan Praktik: Edisi Kedelapan. Jakarta: PT. Indeks.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika Edisi 6. Bandung: Trasito.

Sugihastuti. (2002). Teori dan Apresiasi Sastra. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukino. (2010). Menulis itu Mudah: Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal. Yogyakarta: Pustaka Populer LKiS.

Sunito, I., Sukardjo, M., Syukur, R., & Latifah, U. (2013) Metaphorming Beberapa Strategi Berpikir Kreatif. Jakarta: PT. Indeks.

Suparno dan Yunus, M. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Temple, C., Nathan, R., Burris, N. dan Temple, F. (1988). The Beginning of Writing. Boston: Allyn and Bacon.

Toolam, Michael. (1998). Language in Literature. Great Britain: St. Martins Press.

Yulianto, Bambang. (2008). Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press.

Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2016-05-17

How to Cite

Rhosalia, L. A. (2016). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS NARATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 166–174. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p166-174
Abstract views: 1380 , PDF Downloads: 4422