PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD MATERI PECAHAN

Authors

  • Sri Widadi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p152-158

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pemecahan masalah yang layak untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD materi pecahan (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pemecahan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD materi pecahan.

Dari hasil analisis deskriptif ujicoba penelitian Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan pemecahan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD materi pecahan menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak karena memenuhi: (1) hasil belajar pretes dan postes siswa meningkat, (2) kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat, (3) Penilaian autentik siswa ketuntasan mencapai 97%, (4) kategori sangat baik untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran, (5) kategori sangat baik untuk respon siswa terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran, dan (6) kategori sangat baik untuk Aktivitas siswa selama pembelajaran.

Dari hasil analisis deskriptif penelitian eksperimen pada Perangkat Pembelajaran Dengan pemecahan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD materi pecahan menghasilkan perangkat pembelajaran efektif  karena memenuhi: (1) kategori sangat baik untuk kemampuan guru mengelola pembelajaran, (2) kategori sangat baik untuk respon siswa terhadap perangkat dan kegiatan pembelajaran,  (3) kategori sangat baik untuk Aktivitas siswa selama pembelajaran, (4) Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang dibuktikan dengan analisis statistik.

Berdasarkan hasil temuan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran dengan pemecahan masalah untuk melatih kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV materi pecahan layak dan efektif.

Kata-kata Kunci: pengembangan perangkat, pemecahan masalah, berpikir kreatif, materi pecahan.

Author Biography

Sri Widadi, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Al-Khalili, Amal A. (2005). Mengembangkan kreativitas Anak (Diterjemahkan oleh Ummu Farida). Jakarta Timur: Pustaka AL-Kautsar.

Arends, R. I. 2012. Learning To Teach, Sixth Edition. New York: McGra Hill.

Asari, A.R. (1992). Kegiatan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Majalah Eksakta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: BNSP.

Depdiknas. (2013). Dokumen Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: CV Sahabat.

Djamarah, S. B. & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haylock, Derek. (1997). Recognising Mathematical Creativity in Schoolchildren. http://www.emis.de/journals/ZDM/zdmg73a2.pdf. Diakses tanggal 2 Januari 2014.

Heruman. (2007). Model pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hudojo, H. 1983. Pemecahan Masalah dalam Pengajaran Matematika. Jakarta: Jakarta Depdibud Dikti P2LPTK.

Ibrahim, Muslimin. (2001). Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menurut Jerold E. Kemp & Thiagarajan. Surabaya: PSMS-PPs Unesa.

Izzati, N. (2009),Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Mengembangkannya Pada Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Bandung 19 Desember 2009, hal. 49-60

Kennedy, L.M. & Tipp, S. (1994). Guiding Childrens of Learning of Mathematics. Belmont, California: Wadworth Publishing Company.

Munandar, Utami. (1999). Kreatifitas dan Keterbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Morrison, G.R., Ross, S.M., Kalman, H.K., & Kemp, J.E. (2011) Designing Effective Instruction Sixth Edition. Hoboken: John Willey & Sons, Inc.

NCTM. (2010). Why is Teaching With Problem Solving Important to Student Learning? Brief. www.nctm,org/news/content.aspx?id=25713. Diakses tanggal 2 Desember 2014.

Nieven, Nienke. Dkk (1999) Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publisher.

Reys, Robert. Dkk (2004). Helping Children Learn Mathematics (9th edition). John Wiley & Sons, Inc.

Ruseffendi, ET. (1991). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika melalui CBSA. Bandung: Tarsito.

Siswono, Tatag Y.E. (2007). Penjenjangan kemampuan berpikir kreatif dan identifikasi tahap berpikir kreatif dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Disertasi: Unesa Surabaya.

Siswono, Tatag Y.E. (2009). Pembelajaran matematika berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Slavin, R.E. (2006) Educational Psycology Theory and Practice Eighth Edition. Boston: Allyn & Bacon.

Sumarmo, U. (2012), Bahan Belajar Mata Kuliah Proses Berpikir Matematik Program S2 Pendidikan Matematika. STKIP Siliwangi Bandung.

Thiagarajan, S., Semmel, S.D., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Torrance, E, Paul. (1976). Guiding Creative Talent. New York: Robert E Krieger Publishing Company.

Polya, G. (1973) How to solve it: A New Aspect of Mathematical Method. Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Pehkonen, Erkki (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. http://www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm ZDM volum 29 (june 1997) Number 3. Electronic Edition ISSN 1615-679X. Diakses tanggal 26 November 2014.

Wardani I.G. A.K, dkk. (1997). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2017-10-14

How to Cite

Widadi, S. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD MATERI PECAHAN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(2), 152–158. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n2.p152-158
Abstract views: 533 , PDF Downloads: 2159