UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA ZOOM MEETING UNTUK PJJ (Penelitian Tindakan Sekolah di SDN 1 Tanjung Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya)

Authors

  • Caswita Caswita SDN 1 Tanjung Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p166-177

Abstract

Latar belakang Masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah rendahnya kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi zoom meeting untuk pembelajaran jarak jauh dalam melaksanakan kebijakan pembelajaran pada masa pandemik Covid-19. Sementara itu tugas guru salah satunya adalah melaksanakan pembelajaran kreatif dan inovatif agar tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal dalam kondisi apapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru menggunakan aplikasi zoom meeting dalam pembelajaran jarak jauh melalui IHT di SDN 1 Tanjug Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus pelaksanaan masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kompetensi guru mencapai mencapai 50% dari sebelumnya pra-siklus hanya sebanyak 30% yang masuk kategori kompeten. Sedangkan pada siklus II mencapai 70% guru yang kompeten dengan demikian telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 70% dari keseluruhan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi menggunaan aplikasi zoom meeting untuk pembelajaran jarak jauh di SDN 1 Tanjung Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya dapat ditingkatkan melalui In House Training (IHT).

References

Aushop, A. Z. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia Berakhlak Qurani. Bandung: Grafindo Media Pratama

Badan Penelitian dan Pengembangan Puskur Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas

Goleman, D. (2006). Emotional intelligence. New York: Bantam Books

Nashir, H. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo. Hlm (22-24)

Hanafiah, I. (2012). Studi Tentang Peran buku Penghubung Terhadap Anak Tunagrahita Sedang di SLB Total System. Thesis. PLB UPI

Indonesia, T. P. K. B. B. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Cetakan ketiga. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI dan Balai Pustaka.

Nurhanifah, N. (2016). Implementasi Program Kegiatan Harian Siswa dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 41 Cimahi (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (UNISBA)).

Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Caswita, C. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA ZOOM MEETING UNTUK PJJ (Penelitian Tindakan Sekolah di SDN 1 Tanjung Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya). Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 166–177. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p166-177
Abstract views: 222 , PDF Downloads: 225