UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA ZOOM MEETING UNTUK PJJ (Penelitian Tindakan Sekolah di SDN 1 Tanjung Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p166-177Abstract
Latar belakang Masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah rendahnya kompetensi guru dalam menggunakan aplikasi zoom meeting untuk pembelajaran jarak jauh dalam melaksanakan kebijakan pembelajaran pada masa pandemik Covid-19. Sementara itu tugas guru salah satunya adalah melaksanakan pembelajaran kreatif dan inovatif agar tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal dalam kondisi apapun. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru menggunakan aplikasi zoom meeting dalam pembelajaran jarak jauh melalui IHT di SDN 1 Tanjug Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan dua siklus pelaksanaan masing-masing siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kompetensi guru mencapai mencapai 50% dari sebelumnya pra-siklus hanya sebanyak 30% yang masuk kategori kompeten. Sedangkan pada siklus II mencapai 70% guru yang kompeten dengan demikian telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 70% dari keseluruhan guru. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi menggunaan aplikasi zoom meeting untuk pembelajaran jarak jauh di SDN 1 Tanjung Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya dapat ditingkatkan melalui In House Training (IHT).
References
Aushop, A. Z. (2014). Islamic Character Building: Membangun Insan Kamil, Cendekia Berakhlak Qurani. Bandung: Grafindo Media Pratama
Badan Penelitian dan Pengembangan Puskur Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas
Goleman, D. (2006). Emotional intelligence. New York: Bantam Books
Nashir, H. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya. Yogyakarta: Multi Presindo. Hlm (22-24)
Hanafiah, I. (2012). Studi Tentang Peran buku Penghubung Terhadap Anak Tunagrahita Sedang di SLB Total System. Thesis. PLB UPI
Indonesia, T. P. K. B. B. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Cetakan ketiga. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional RI dan Balai Pustaka.
Nurhanifah, N. (2016). Implementasi Program Kegiatan Harian Siswa dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Di Homeschooling Group SD Khoiru Ummah 41 Cimahi (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (UNISBA)).
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

