SISTEM PENGANGGARAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA DI KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Imam Baidlowi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n2.p459-462

Abstract

ABSTRAK

Fokus penelitian ini adalah pada sistem penganggaran pelaksanan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta yang ada pada Madrasah Ibtidaiyah œIrsyadudul Ummah Desa Balongsari Kecamatan Gedeg. Permasalahan penelitian ini adalah mengidentifikasikan adanya sistem penganggaran pelaksanaan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta, mengngat adanya ketentuan dari Pemerintah bahwa dilembaga pendidikan tingkat dasar tidak menarik Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).

Tujuan  penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui apakah terjadi perubahan Sistem penganggaran Madrasah Ibtidaiyah Swasta œIrsyadul Ummahsetelah Keputusan Pementah Republik Indonesia adanya ketetapan tentang biaya pelaksanakan pendidikan dasar di tanggung oleh pemerintah. Kedua untuk mengetahui apakah terjadi perubahan anggaran pelaksanaan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Ibtidaiyah œIrsyadul Ummah Kabupaten Mojokerto.. Ketiga untuk mengetahui apakah terjadi perubahan Kualiatas lulusan dari para siswa/siswi Madrasah Ibitidaiyah œirsyadul Ummah

Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa sitem penganggaran sekolah telah berubah teriring dengan adanya Bantuan Operasinal Sekolah (BOS) dari Pemerintah. Akibatnya, banyak terjadi perubahan bagi penganggaran yang diikitu oleh tata perubahan pertanggung jawaban anggaran Madrasah. Kalau sebelum adanya BOS dan, semua anggaran pembiayaan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah œIrsyadul Ummah berasal dari Sumbangan Pelaksanaan Pendidikan (SPP) dan sumbangan lain serta dari Pengurus Madrasah(Yayasan), yang pertanggung jawabanya tidak begitu ketat. Dengan adanya BOS Tunjungan Profesi Pendidik (TPP) maka harus meningkatkan sistem kinerja yang profesional agar Madrasah dan para guru mendapatkan BOS dan TPP.

Kata Kunci: Sumbangan Pembinaan Pendidikan, Bantuan Operasinal Sekolah, Kualiatas lulusan

Abstract

 

The focus of this research is on education budgeting system implementation in Private Madrasah Ibtidaiyah which is in Madrasah Ibtidaiyah "Irsyaditle Ummah" Balongsari Village Gedeg Subdistrict. The problem of this research is to identify a system of budgeting for the implementation of education in Private Madrasah Ibtidaiyah, remembering the provision from the Government that the institute of elementary education does not attract Education Contribution Contribution.

The purpose of this research is first, to find out whether there is a change of system of budgeting of Private Madrasah Ibtidaiyah "Irsyadul Ummah" after Decision of Pementah Republic of Indonesia there is a provision about the cost of implementing basic education in responsibility by government. Secondly to find out whether there is a change of education budget implementation in Madrasah Ibtidaiyah Ibtidaiyah "Irsyadul Ummah" Mojokerto regency .. Thirdly to know whether there is a change of graduates from graduates of Madrasah Ibitidaiyah students "irsyadul Ummah"

The results of this study indicate that the school budgeting system has changed along with School Operational Assistance (BOS) from the Government. As a result, there are many changes to the budgeting that is followed by changes in the accountability of the Madrasah budget. If before the BOS and, all the educational budget of Madrasah Ibtidaiyah education "Irsyadul Ummah" comes from the Contribution of Education Implementation (SPP) and other donations and from the Management of Madrasah (Foundation), whose responsibility is not so tight. With the BOS Tunjungan Profession Educator (TPP) then must improve the professional performance system for Madrasahs and teachers get BOS and TPP.

Keyword: Contribution of Educational Development, School Operational Assistance, Quality of graduates

Author Biography

Imam Baidlowi, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Usman Husaini. (2014). Manajemen Teori, Praktik,Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyasa. (2012). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

K. Hoy Wayne dan G. Miskel Cecil, Cecil. (2014). Administrasi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Moeleong, Lexy, J. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Brunette, Marielle, dkk. (2013). Hedging Strategies in Forest Management, online at http://mpra.Ub.Uni-muenchen.De/5228/MPRA Paper No. 5228, posted 07 Nopember 2007.

Mariam, Yohannes. (2012). The Implication of Incorporating Environmental Costs in Utility Rate Setting, online at http://mpraub.Uni-muenchen.De/412/MPRA Paper No. 412, posted 07 Nopember 2007.

Downloads

Published

2017-04-23

How to Cite

Baidlowi, I. (2017). SISTEM PENGANGGARAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA DI KECAMATAN GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(2), 459–462. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n2.p459-462
Abstract views: 617 , PDF Downloads: 390