PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Titin Bilhuda

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa dan tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus Independent Sample T-Test. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: data hasil analisis uji t aktivitas siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung (5,453) > ttabel (1.677) dengan df=48 dan taraf signifikansi 0,05, sehingga disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara aktivitas siswa yang pembelajarannya menerapkan model Problem Based Learning dengan siswa yang pembelajarannya menerapkan model konvensional. Sedangkan hasil analisis uji t hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dua kali analisis data. Pertama, hasil analisis uji t hasil belajar pretest siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung (0,246) < ttabel (1.677) dengan df=48 dan taraf signifikansi 0,05. Artinya, tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua, hasil analisis uji t hasil belajar posttest siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung (3,850) > ttabel (1,677) dengan df=48 dan taraf signifikansi 0,05. Artinya, ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari kedua analisis dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, aktivitas siswa, hasil belajar

 

Abstract

This research aims on to analyze the influence of the application of the model of Problem Based Learning in improving the activity and student learning outcomes in learning social studies in the fifth grade elementary school. The type of research is experimental research with form of research quasi experimental design with nonequivalent control group design. Data collection methods used were observation to obtain data on student activity and tests to obtain data on student learning outcomes. Data were analyzed using the formula Independent Sample T-Test. The results obtained as follows: t test result data analysis student activity between the experimental class and control class obtained tcount (5,453) > ttable (1,677) with df = 48 and a significance level of 0,05, so it concluded that there are significant differences between the activities of students who are learning to apply the model Problem Based Learning with students who are learning to apply the conventional model. While the results of t test analysis of learning outcomes between the experimental class and control class data analysis performed twice. First, the results of t test analysis pretest student learning outcomes between the experimental class and control class obtained tcount (0,246) < ttable (1,677) with df = 48 and a significance level of 0,05. That is, there is no significant difference in student learning outcomes in the pretest between the experimental class and control class. Second, the results of t test analysis posttest student learning outcomes between experimental class and control class obtained tcount (3,850) > ttable (1,677) with df = 48 and a significance level of 0,05. That is, there is a significant difference in student learning outcomes in the posttest between the experimental class and control class. From the analysis, it can conclude there is the influence of applying the model of Problem Based Learning in improving learning outcomes in learning social studies in the fifth grade elementary school.

Keyword: Model of Problem Based Learning, student activity, learning outcomes


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Atan, Hanafi. Sulaiman, Fauziah and Idrus, Rozhan M. (2005). “The Effectiveness of Problem-Based Learning in the Web-Based Environment for the Delivery of an Undergraduate Physics Course”. International Education Journal. Volume 6 No. 3 July 2005, pp 430-437.

Caridah. (2012). Pengaruh PBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Wiralodra Indramayu.

Depdiknas. (2004). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang.

Eggen, Paul dan Kauchak, Don. (2012). Strategie and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills Sixth Edition (Terjemahan). Jakarta: PT. Indeks.

Etherington, Matthew B. (2011). “Investigative Primary Science: A Problem-Based Learning Approach”. Australian Journal of Teacher Education. Vol. 36, 9 September 2011. pp. 53-74.

Felton, J.S. (1996). “Problem-Based Learning As a Training Modality in the Occupational Medicine Curriculum”. Occup. Med. Vol. 46 No. 1, pp. 5-11.

Huda, Miftahul (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Muslimin. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mauludiyah, Helmina. (2014). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VC SDN Ngaglik 01 Kota Batu (Tesis Magister Pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.

Nur, Mohamad. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Universitas Negeri Surabaya.

Rusman. (2012). Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siswantara, I Gede Agus. (2012). “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Kesiman”. E-jurnal Undiksha. Vol. 1 No. 2 Hal 1-10.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati. (2014). “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kulawi Kecamatan Selatan”. E-Jurnal GEO FKIP UNTAD. Hal. 1-18

Sundayana, Rostina. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, I Made dan Sujana, I Wayan. (2013). “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audiovisual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus Ubud Gianyar”. Jurnal Pendidikan Undiksha. Vol. 1 No. 1 2013. Hal. 1-8.

Trianto. (2007a). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2007b). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahab, Abdul Aziz. (2007). Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alfabeta.

White, Hal. (2001). “Problem Based Learning”. Speaking of Teaching Stanford University Newsletter on Teaching. Vol.11 No. 1 Winter 2001. pp. 1-8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.