PENERAPAN MEDIA KANTONG AJAIB DORAEMON DENGAN MODEL OMEAKE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT TANYA SISWA KELAS V SDN SUKOANYAR 01 MALANG

Dyan Faridha

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan media Kantong Ajaib Doraemon dalam model OMEAKE dalam rangka meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Kantong Ajaib Doraemon dengan model OMEAKE dalam rangka  meningkatkan kemampuan membuat kalimat tanya, dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam membuat kalimat tanya dalam pembelajaran menggunakan media Kantong Ajaib Doraemon dengan model OMEAKE. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sukoanyar 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang, dengan jumlah 19 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian dilaksankan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sesuai dengan model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat mengalami peningkatan disetiap siklusnya, (2) dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya, (3) pada siklus I kemampuan membuat kalimat tanya dengan menggunakan media Kantung Ajaib Doraemon dengan Model OMEAKE mencapai 63% siswa tuntas belajarnya dan  meningkat menjadi 89% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media Kantung Ajaib Doraemon dengan Model OMEAKE dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat kalimat tanya di kelas V SDN Sukoanyar 01 Kecamatan Wajak Kabupaten Malang.

Kata Kunci: media kantung ajaib Doraemon, model OMEAKE, kemampuan membuat kalimat tanya

Abstract

 

The purposes of  this research are  (1) describe learning planning using Doraemons’s Magic Pocket in OMEAKE Model for increase making question sentence ability, (2) describe learning implementation using Doraemons’s Magic Pocket with OMEAKE Model for increase making question sentence ability, and (3) describe enhancement of student ability to make question sentence in learning activity using  Doraemon’s Magic Pocket media with OMEAKE model. Cause it this research use Class Action Study (PTK). This research subject is fifth-grade student of Sukoanyar 01 Primary School in Wajak District Malang, with total 19 students that contain 12 male and 5 female. Data Collecting Technique that used include observation, interview, documentation and making some test. The research held in two cycles, every cycle consist of planning, implementation, observation, and reflection according to Kemmis and Taggart model. The research result show that: (1) leraning planning that made increase in every cycle, (2) teacher and students activity learning implementation increase in every cycle, (3) at first cycle, ability to make question sentence using Doraemon’s magic pocket media with OMEAKE Model reach 63% students have complete the study target and increased to 89% at second cycle. According to the research result can be conclude that application of Doraemon’s Magic Pocket media with OMEAKE model can increase student ability making question sentence in the fifth-grade class of Sukoanyar 01 Primary School in Wajak District Malang.

Keyword: Doraemon’s Magic Pocket media, OMEAKE model, making question sentences ability of student


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Arsyad, Azhar. 2010. Model-Model, Media, dan StrategiPembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan, Zein.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, Muh .dkk. 2010. Bahan Ajar Cetak Kajian Bahasa Indonesia. Jakarta: DIRJEN DIKTI

Hairuddin. dkk. 2008. Bahan Ajar Cetak Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: DIRJEN DIKTI

Haryadi dan Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.

Hayati, Ima Mala. dkk. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe Threded untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar”. Dalam Pendidikan Dasar (Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian). 1 (Juli, III). Surabaya.

https://ekasafitri22.wordpress.com. 2016. “Kerucut Pengalaman Dale”.10 Januari.

Iskak, Ahmad dan Yustinah. 2008. Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X. Jakarta: ERLANGGA.

Khasanah, Uswatun. 2014. “Penggunaan Metode Bercerita Bermedia Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak”. Dalam Pendidikan Dasar (Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian). 2 (Januari, II). Surabaya.

Kurnia, Ingridwati. Dkk. Bahan Ajar Cetak Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: DIRJEN DIKTI.

Lambirth, Andrew. 2010. “Class Consciousness, Power, Identity, and the Motivation to Teach”. Dalam Power and Education Volume 2, 2. School of Education, University of Greenwich, United Kingdom.

Maloney, Erin A. 2015. “Jump-Starting Early Childhood Education at Home: Early Learning, Parent Motivation, and Public Policy”. Dalam Perspectives on Psychological Science, Volume 10, 6. Assosiation for Psychologycal Science. SAGE Publish.

Nieveen, Nieke. 1999. Prototy to reach product Quality. In Jan Vanden Akker, R. M. Brach, Gutafson, H. Nieveen and Tj Ploom (Eds). Dalam Design Approaches and Tools in Education and Trining. Dogrecht, Netherland. Kluwer Academic Publiser.

Sadiman, Arief dkk. 2014.Media Pendidikan, Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siahaan, Sanggam. 2008. Issues in Linguistics. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sroufe, L. Alan dan Cooper, Robert G. 1988. Child Development its Nature and Course. New York: McGraw-Hill Publishing Company.

Subana, M. dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia (Berbagai Pendekatan, Metode Teknik, dan Media Pengajaran). Bandung: PUSTAKA SETIA.

Tsukamoto, Miho. 2014. Educational and Technological Perspectives in Doraemon - Hope and Dreams in Doraemon’s Gadgets. Dalam International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, Volume 8, 11. World Academy of Science, Engineering and Technology.

Tushi, Tasmania Ekram. 2014. “The Case of Bangladesh Government Banning Japanese Manga Cartoon Show Doraemon: The Antecedents of Consumers’ Avoidance”. Dalam Global Journal of Management and Business Research: E Marketing, Volume 14, 1. Double Blind Peer Reviewed International Research Journal Publisher: Global Journals Inc. (USA).

Yulianto, Bambang. dkk. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa University Press.

Yusniva. 2014. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Lapindo”. Dalam Pendidikan Dasar (Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian). 1 (Juli, III). Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.