PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TERPADU TIPE SHARED BERBASIS KEGIATAN EKONOMI KREATIF UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Bekti Susilowati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran terpadu Tipe Shared berbasis kegiatan ekonomi kreatif untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar, dilihat dari kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan telah divalidasi terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa (BAS), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB); (2) keefektifan perangkat pembelajaran yang diukur dari aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran terpadu Tipe Shared berbasis kegiatan Ekonomi Kreatif dan hasil belajar siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran terpadu Tipe Shared berbasis Kegiatan Ekonomi Kreatif. Penelitian pengembangan ini menggunakan Model Kemp yang terdiri dari tiga tahap: yaitu pendefinisian; perancangan; dan pengembangan, sedangkan desain uji coba penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil penelitian diperoleh melalui hasil uji validitas perangkat pembelajaran oleh dua validator dan hasil uji coba perangkat pembelajaran yang terdiri dari hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Perangkat pembelajaran diujicobakan pada kelas IV A dan B SDN Sukarasa Kota Bandung. Keefektifan pelaksanaan pembelajaran diuji dengan statistik inferensial menggunakan SPSS 21.0 yaitu melalui uji F dan uji t. Angka F yang mengasumsikan kedua varian sama sebesar 0,362 dengan probabilitas (sig) sebesar 0,550 > 5% berarti tidak ada perbedaan varian antara eksperimen dan kontrol. Angka t-test yang mengasumsikan varian kedua populasi sama adalah -4,750 dengan probabilitas (sig) sebesar 0,000. Angka probalilitas < 0,005 dapat diartikan ada perbedaan nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan nilai posttest kelas kontrol, perolehan nilai posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan perangkat pembelajaran terpadu Tipe Shared berbasis kegiatan Ekonomi Kreatif yang telah dikembangkan, sehingga perangkat pembelajaran dapat diterapkan di Sekolah Dasar, namun tetap memerlukan penyesuaian dengan situasi dan kondisi di sekolah.

 

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Terpadu, Shared, Ekonomi Kreatif, Hasil Belajar Siswa

 

Abstract

The objective of this research was to recognize: (1) the worthiness of the Shared-Type learning device based on creative economy activity for fourth grade Elementary School students, observed from learning device's quality which developed and validatedby Syllabus, Learning Implementation Plan, Student Learning Material, Student Work Sheet, and Learning Outcome Test; (2) effectivity of learning device which measured from student activity in Shared-Type integrated learning device based on Creative Economy activityand student's learning outcomes after participated in Shared-Type integrated learning activity based on Creative Economy Activity.

The research of development was using Kemp Model that consists of three stages, which were defining, designing, and developing, while the research trial design was usingPretest-Posttest Control Group Design. Research data were obtained through learning device's validity test result of two validatorand learning device's trial results which consist of pre-test and post-test results on control’s class and experiment’s class. The learning device was tested on class IV A and B of SDN Sukarasa in Bandung. Learning implementation's effectivity then tested with inferential statistic using SPSS 21.0 through F-test and t-test. An F number which assumes both variant have the same result of 0,362 with probability (sig) of 0,550 > 5% means there is no variant difference between experiment and control. A t-test number which assumes both population have the same variant is -4,750 with probability (sig) of 0,000. Probability number< 0,005 can be interpreted as significant difference of post-test value between experiment’s class and control’s class,post-test value obtained from experiment's class was higher than control's class.

Based on data analysis, it can be concluded that student's learning outcomes with the use of developed Shared-Type integrated learning device based on creative economy activity are improved and can be implemented in Elementary School, however it still needs to be conformed with school's sitation and condition.

 

Keyword: Integrated, Based on Creative, Economy Activity, Improvement, Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Abbas, K. & Hasan, B. Z. (2014). “Integrated Learning Model Cultural-Art and Character Education”. International Journal for Innovation Education and Research. Vol. 2 - 08, pp. 27-36.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Bungin, B. (2009). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Grup.

Depdiknas. (2005). Prinsip dan Pendekatan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahan Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Fogarty, R. (1991). The Mindful School: How to Integrate the Curricula. Palatine: Skylight Publishing, Inc.

Hayati, I. M., Aminuddin, K. & Subroto, W. T. (2014). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe Threaded untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif pada Siswa Sekolah Dasar”. Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian. Vol. 03. No. 01, pp. 001-124.

Hendrawan, T. (2010). Spirit Bisnis For Kids. Yogyakarta: Pustaka Grhatama.

Ibrahim, R. & Sukmadinata, N. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud.

Khoironiyah, Muhari, & Subroto, W. T. (2014). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematikdengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar”. Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian. Vol. 03. No. 01, pp. 001-124.

.Mudjiono dan Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Emosi dan Kreativitas. Jakarta: Rineka Cipta

Nasution. (2011). Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya: Unesa University Press.

Ratumanan, T., G. & Rheresia, L. (2011). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Surabaya: Unesa University Press.

Ridwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Suhadi. (2007). Petunjuk Perangkat Pembelajaran. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sukmadinata, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supinah. (2008). Penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika SD dalam rangka Pengembangan KTSP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Supriatna, N. (2006). Bahan Belajar Mandiri Pendidikan IPS di SD. Bandung: Tidak diterbitkan.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.