PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA KARTU PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Ari Wijayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran, menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik, dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan pendekatan matematika realistik berbantuan media kartu pecahan di Kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan adalah model Four-D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974, p. 5). Model pengembangan ini meliputi empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) , dan Disseminate (penyebaran). Penelitian ini menghasilkan (1) perangkat pembelajaran yang baik dengan kriteria : (a) kevalidan, hasil penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran secara umum berada pada skor 4 dengan kategori valid; (b) kepraktisan, diindikasikan dengan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada skor 3 ke atas dalam kategori baik; (c) keefektifan, dengan indikator aktivitas siswa memenuhi kriteria efektif sesuai dengan waktu ideal dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 79 %; (2) Pembelajaran matematika realistik berbantuan media kartu pecahan efektif untuk mengajarkan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan dengan kriteria : (a) hasil belajar siswa tuntas dengan persentase ketuntasan secara klasikal mencapai 82%; (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada skor 3 ke atas dalam kategori baik; (c) aktivitas siswa memenuhi kriteria efektif; (d) respon siswa terhadap pembelajaran positif.

Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan,  Pendekatan Matematika Realistik, Media Kartu Pecahan

 

Abstract

This study aims to describe the development process of learning materials, to generate quality learning materials, and to describe the effectiveness of learning addition and subtraction on fractions using realistic mathematics education with fraction card media at fourth grade. This study used Four-D Model of Thiagarajan, Semmel, and Semmel (1974, p. 5). This development model includes four stages : define, design, develop, and disseminate. The result of the study show that (1) the learning materials developed satisfied the following criteria: (a) validity, the result of validation toward the learning materials met valid category at score 4; (b) practicality, shown by the teacher’s capability in managing the learning process which were good at score ≥ 3 for each meeting; (c) effectiveness, shown by the students’ activities in learning process that satisfied the ideal time interval, the classical mastery reached 79 %; (2) Realistic Mathematics Education with fraction card media was effective to teach addition and subtraction on fractions with criteria as follows: (a) the classical mastery on the implementation class reached 82 %; (2) the teacher’s capability in managing the learning process which categorized good at score ≥ 3 for each meeting; (3) the students’ activities in learning process satisfied the ideal time interval; (4) the students’ responses categorized positive.

 

Keyword: Learning Materials, Addition and Subtraction on Fractions, Realistic Mathematics Education, Fraction Card Media


Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Niss, M. (1996). “Goals of Mathematics Teaching”. Dalam A.J.Bishop,dkk. (Eds.),International Handbook of Mathematics Education. Kluwer, 11-47.

Reys, R., M.M. Lindquist, D.V. Lambdin, N.L. Smith. (2004). Helping Children Learn Mathematics. USA : Jhon Wiley & Sons,Inc.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Soedjadi. (2007). Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya : Pusat Sains dan Matematika Unesa.

Thiagarajan, S., D.S. Semmel, & M.I. Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, A Sourcebook. Bloomington: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.