PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Cahyo Hadi Purnomo

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation
berbantuan media audio visual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VI Sekolah
Dasar. Penelitian dilakukan di SDN Simomulyo I Surabaya tahun pelajaran 2015-2016, yaitu kelas VI A dan VI
B. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Variabel yang
dikaji dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi untuk memperoleh data aktivitas siswa dan tes untuk memperoleh data hasil belajar. Teknis analisis
data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian melalui uji t aktivitas siswa diperoleh t hitung 5,811. Sedangkan
dengan dk = 78 dan taraf signifikan 5% diperoleh t tabel 1,991 (t hitung 5,811 > t tabel 1,991), sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar yang signifikan antara kelas eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran group investigation berbantuan media audio visual dengan kelas kontrol yang
menerapkan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk pengujian hipotesis kedua dilakukan dua kali analisis
data yaitu pretest dan posttest. Pertama, Uji t data pretest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh t
hitung 0,346, dengan dk = 78 dan taraf signifikan 5% diperoleh t tabel 1,991 (t hitung 0,346 < t tabel 1,991), yang berarti
tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa. Kedua, Uji t data posttest antara kelas kontrol dan kelas
eksperimen diperoleh t hitung 4,829 dan t tabel 1,991 (t hitung 4,829 > t tabel 1,991), yang berarti ada perbedaan yang
signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan kedua analisis tersebut dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation berbantuan media audio visual dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation, Media Audio Visual, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar

Abstract
This study aims to knowing the effect of applying group investigation learning aided audio visual media in
improving Social Studies activities aand learning outcomes sixth grade elementary school. The study was
conducted on students from two classes in SDN Simomulyo I Surabaya 2015-2016, VI A and VI B. This research
is a quasi experimental with nonequivalent control group design. The variables studied in this research is the
activity and learning outcomes. The methods of collecting data were used observation to obtain activities data
and test to obtain learning outcomes data. Data analysis technique used is used were observation to obtain data
on student activity and tests to obtain data on learning outcomes. Technical analysis of the data used is t test.
The results of research through the student activity t test obtained t hitung 5,811. While with df = 78 and
significant level 5% is obtained t tabel 1,991 (t hitung 5,811 > t tabel 1,991), so it can be concluded that there are
differences student activities between the experimental class that implements group investigation learning aided
audio visual media and the control class that applying conventional learning. As for the second hypothesis
testing is done twice, pretest data and posttest data. First, t test between the control class pretest and
experimental class obtained t hitung 0.346, df = 78 and significant level 5% was obtained t tabel 1,991 (t hitung 0,346
< t tabel 1,991), it means there is no difference in the beginning ability of students. Second, t test between the
control class posttest and experimental class posttest obtained t hitung 4,829 and t tabel 1,991 (t hitung 4,829 > t tabel
1,991), which means there are significant differences between the control and the experimental class. Based on
both the analysis can be concluded that there is effect of applying group investigation learning aided audiovisual media in improving Social Studies learning outcomes sixth grade elementary school.

Keywords: group investigation learning, audio-visual media, student activities, learning outcomes.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Paraktik. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Fajar, Arnie. (2009). Portofolio dalam

Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Ginting, Rosmari. (2014). Peningkatan Hasil

Belajar IPS Siswa Melalui Model

Pembelajaran Group Investigation di Kelas

V-A SD Negeri 105267 Sei Mencirim.

Journal Saintech Vol. 6 pp. 1-10.

Hassan Hosseini, Seyed Muhammad. (2014).

Competitive Team Based Learning Versus

Group Investigation with Reference to The

Language Profieciency of Irania EFL

Intermidiate Students. International Journal

of Instruction Vol. 7 pp.177

Jongsermtrakoon, S and Naongkhla, J. (2015). A

Group Investigation Learning System for

Open Educational Resources to Enhance

Student Teacher’s Digital Literacy and

Awareness in Information Ethics.

International Journal of Information and

Education Technology Vol. V No.10 pp. 1-6.

Joyce, Bruce., Weil, Marsha., Showers, Beverly.

(1992). Model of Teaching Fouth Edition.

United State of America: Allyn and Bacon.

Mardapi, Djemari. (2008). Teknik Penyusunan

Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta:

Mitra Cendikia Offset.

Marzuki, (2013). Implementasi Metode Group

Investigation untuk Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V

SD Negeri 1 Bireuen. Jurnal Nasional

Lentera Vol. 13 No. 3 pp. 1-6.

Purwoko, Agung. (2001). Panduan Penelitian PTK.

Semarang: Unnes

Riduwan. (2013). Metode dan Teknik Menyusun

Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran

Mengembangkan Profesionalisme Guru.

Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning

Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa

Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif

Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun Skripsi,

Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana. (2010). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susilana, Rudi., dan Riyana, Cepi. (2011). Media

Pembelajaran Hakikat, Pengembangan,

Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV.

Wacana Prima.

Wahid, Herniwati. (2015). Keefektifan Penggunaan

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group

Investigation dan STAD Pada Materi

Perkembangan Teknologi di Sekolah Dasar.

Jurnal Publikasi Pendidikan Vol. 5 pp. 1-9.

Warsito, Hermawan. (1992). Pengantar Metodologi

Penelitian Buku Panduan Mahasiswa.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.