Pembelajaran Google Classroom bagi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p105-109Abstract
Online learning activities can be done using google classroom. This learning becomes a platform to provide materials, assignments and assessments online. The purpose of the study is to describe learning and the constraints of google classroom learning. The method used in the study is descriptive through survey. Instrument in the form of questionnaires given to students to search for data related to google classroom learning. The subject of this study was PGSD student of Muhadi Setiabudi University. The data analysis technique used is source triangulation. Data analysis is done by means of reduction, display and verification of data. The use of google classroom can be a solution in learning activities in the pandemic era. The learning becomes a place for students in online learning. Obstacles in learning include; students do not have laptops, limited internet quota and can not manage learning time properly.
Keywords: google classroom, student.
ABSTRAK
Kegiatan pembelajaran online dapat dilakukan dengan menggunakan google classroom. Pembelajaran ini menjadi wadah dalam memberikan materi, tugas dan penilaian secara daring. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran dan kendala-kendala pembelajaran google classroom. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif melalui survey. Instrument berupa angket yang diberikan kepada mahasiswa untuk mencari data terkait dengan pembelajaran google classroom. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Muhadi Setiabudi. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi, display dan verfikasi data. Penggunaan google classroom dapat menjadi solusi dalam kegiatan pembelajaran pada era pandemi. Pembelajaran tersebut menjadi wadah bagi mahasiwa dalam pembelajaran daring. Kendala dalam pembelajaran antara lain; mahasiswa tidak mempunyai laptop, keterbatasan kuota internet dan tidak bisa memanage waktu pembelajaran dengan baik.
Kata Kunci: google classroom, mahasiswa
References
Hammi, Z. (2017). œImplementasi Google Classroom Pada Kelas Xi Ipa Man 2 Kudus. In Skripsi. https://lib.unnes.ac.id/31039/
Hidayasari, H. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Classroom Meeting Didukung Media Visual pada Terhadap Kemampuan Mengenal Aturan-Aturan yang Berlaku di Lingkungan Masyarakat pada Siswa Kelas III SDN Tambakrejo Kecamatan Gurah Tahun Pelajaran 2016/2017. Ekonomi Akuntansi, 01(08), 113.
Lexy. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. In Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI (Vol. 2, Issue 1). https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/PengabdianUMRI/article/view/361
Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977
Obykhairul. (2019). Implementasi Tools Google Clasroom pada Mata Kuliah Qowaidul Fiqhiyah Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang. Vicratina, 4(1), 6571.
Puspitasari, V., Martati, B., Setya, F., Pribowo, P., Guru, P., Dasar, S., & Surabaya, U. M. (2021). Analisis Dampak Gadget Pada Pembentukan Karakter Dalam Masa Pandemi Covid 19 Siswa Mi Muhammadiyah 27 Surabaya. 7(1), 713.
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibun, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya (T. Limbong (ed.)). Yayasan Kita Menulis. https://www.google.co.id/books/edition/E_Learning_Implementasi_Strategi_dan_Ino/hhDGDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

