Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Troso Jepara Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Dhina Cahya Rohim Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p98-104

Abstract

This study aims to describe the results of mathematical exploration of the Jepara Troso batik motif which can be used as teaching material for students in elementary schools. This study uses a qualitative research method with an ethnographic approach. Data collection techniques using observation, interviews and documentation.The results showed that some of the Jepara troso woven batik motifs can be used as a medium to introduce mathematical concepts, especially geometric concepts to elementary school students. This is in accordance with the variety of tenu troso fabric motifs which are usually made with nuances of flora and fauna as well as geometric motifs. The geometric concept contained in the batik troso motif is in the form of a flat shape concept. This shows that mathematics is present in all aspects of life, including culture. The use of cultural elements in introducing mathematical concepts can provide meaningful learning for students. The concept of mathematics in this form can be used as teaching material for students in the form of printed, visual, and other teaching materials as needed.

Keywords: Ethnomatematics, batik troso, teaching materials.


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi matematika pada motif batik troso Jepara yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa motif batik kain tenun troso Jepara dapat dijadikan sebagai media untuk mengenalkan konsep matematika terutama konsep geometri pada siswa sekolah dasar. Hal ini sesuai dengan ragam motif kain tenu troso yang biasanya dibuat bernuansa flora fauna maupun motif geometris. Konsep geometri yang terdapat pada motif batik troso berupa konsep bangun datar. Hal ini menunjukkan bahwa matematika terdapat di semua aspek kehidupan termasuk budaya. Penggunaan unsur budaya dalam mengenalkan konsep matematika dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Konsep matematika berupa ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam bentuk bahan ajar cetak, visual maupun bentuk lain sesuai dengan kebutuhan.

Kata Kunci: Etnomatematika, batik troso, bahan ajar

References

Agasi, Georgius Rocki, and Yakobus Dwi Wahyuono. (2016). œKajian Etnomatematika¯: Studi Kasus Penggunaan Bahasa Lokal Untuk Penyajian Dan Penyelesaian Masalah Lokal Matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 52740.

Ardina, Fadila Nurfi, Khusnul Fajriyah, and M. Arief Budiman. (2019). œKeefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran 2(2): 151.

Ayuningtyas, Annis Deshinta, and Dafid Slamet Setiana. (2019). œPengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8(1): 1119.

Dimpudus, Ariantje, and Angela Carolina Huring Ding. (2019). œEksplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika¯: Jurnal Pendidikan Matematika 8(2): 11118.

Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). œPengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 11(2): 182.

Irsyad, Muhammad, A.A. Sujadi, and Dafid Slamet Setiana. (2020). œEksplorasi Etnomatematika Pada Candi Asu. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 8(1): 11.

Ismanto, Hadi. (2017). œPENGUATAN TATAKELOLA UKM TENUN IKAT TROSO Hadi Ismanto Fakultas Ekonomi Dan Bisnis , Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara 1: 12433.

Maryati, Maryati, and Wira Pratiwi. (2019). œEtnomatematika: Eksplorasi Dalam Tarian Tradisional Pada Pembukaan Asian Games 2018. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 5(1): 23.

Maskur, Ruhban, Dwi Permatasari, and Rosida M Rakhmawati. (2020). œPengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Rhythm Reading Vocal Pada Materi Konsep Pecahan Kelas VII SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11(1): 7887.

Sarwoedi, Desi Okta Marinka, Peni Febriani, and I Nyoman Wirne. (2018). œEfektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 03(02): 17176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521.

Siddiq, M Djauhar, Isniatun Munawarah, and Sungkono. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Ulumuddin, Dimas Irawan Ihya, and Puri Sulistiyawati. (2019). œPengembangan Motif Tenun Troso Berbasis Komputer Grafis. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia 5(01): 11526.

Utami, Rahmi Nur Fitria et al. (2020). œEtnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika) 6(1): 1326.

Zayyadi, Moh. (2017). œEksplorasi Etnomatematika Pada Batik Madura. Sigma 2(2): 3540.

Downloads

Published

2021-07-14

How to Cite

Rohim, D. C. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Motif Batik Troso Jepara Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 98–104. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p98-104
Abstract views: 690 , PDF Downloads: 573