Eksplorasi Pembelajaran Daring Mahasiswa PGSD Tingkat Satu

Authors

  • Yubali Ani Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p69-73

Abstract

The objectives of this research on exploration of PGSD students' online learning were to explore: (1) Constraints in online learning; (2) Attitudes in participating in online learning; (3) Steps to improve attitudes in lectures; and (4) Things obtained during online learning. This research uses descriptive-qualitative methods, using questionnaires and reflection. The data obtained from 40 students were analyzed descriptively. The results obtained are: (1) the biggest obstacle in online learning is networking: (2) the attitude taken in participating in online learning is to adapt; (3) steps to improve attitudes in the next lecture are to focus more on following online learning; and (4) what students get from online learning for one semester is to grow in faith and character.

Keywords: college students, exploration, online learning


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian eksplorasi pembelajaran daring mahasiswa PGSD adalah untuk mengeksplorasi: (1) Kendala dalam pembelajaran daring; (2) Sikap dalam mengikuti pembelajaran daring; (3) Langkah memperbaiki sikap pada perkuliahan; dan (4) Hal yang diperoleh selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif, dengan menggunakan kuisioner dan refleksi. Data yang diperoleh dari 40 mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah: (1) kendala terbesar dalam pembelajaran daring adalah jaringan: (2) sikap yang diambil dalm mengikuti pembelajaran daring adalah dengan beradaptasi; (3) langkah memperbaiki sikap pada perkuliahan selanjutnya adalah lebih fokus dalam mengikuti pembelajaran daring; dan (4) hal yang diperoleh mahasiswa dari pembelajaran daring selama satu semester adalah bertumbuh dalam Iman dan Karakter.

Kata Kunci: eksplorasi, mahasiswa, pembelajaran daring

References

Dulkiah, Nurmawan, Rohmana, & Rahman. (2020). Adaptasi Mahasiswa dalam Penggunaan Media On Line sebagai Dampak Wabah Covid-19. 1-10.

Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Jakarta. Penerbit: Bumi Aksara.

Hikmat, Hermawan, Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19, UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 1-7.

Sadikin & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Wahyuningsing, D. & Makmur, R. (2017). E-Learning: Teori dan Aplikasi. Proses Pembelajaran Berbasis Aplikasi, Web dan Cloud Computing dalam Dunia Teknologi Informasi. Bandung. Penerbit: Informatika.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

Wijaya, O. (2016). Mentoring dan Coaching sebagai Strategi Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan: Studi Fenomenologi. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(4), 675-628.

Zhafira, Ertika, & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37-45.

Downloads

Published

2021-07-14

How to Cite

Ani, Y. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Daring Mahasiswa PGSD Tingkat Satu. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 69–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p69-73
Abstract views: 259 , PDF Downloads: 232