PELAYANAN PENYELENGGARA DIKLAT PELAYANAN TERPADU PENYANDANG DISABILITAS MELALUI DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p62-68Abstract
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of online education and training providers on the learning outcomes of participants. The object of his research is the implementation of integrated service training for persons with disabilities. using a correlational research design (Correlational Research) to determine the effect of service providers as an independent variable on learning outcomes as the dependent variable based on the correlation coefficient. Data collection techniques using interviews via google form and documentation of evaluation results. The results of the study concluded that the online service quality carried out by the organizers had a positive and significant effect on the learning outcomes of participants as indicated by the regression coefficient equation obtained, namely Y = 60.375 + 3.151X. The coefficient of determination of participant satisfaction with service providers on learning outcomes is 0.348 or 34.8%, which means that participant satisfaction with online services from providers contributes 34.8% to learning outcomes, while the remaining 65.2% is influenced by variables. others who were not examined in this study.
Keywords: Learning outcames, service, training
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan daring penyelenggara diklat terhadap pencapaian hasil belajar peserta. Objek penelitiannya adalah tentang pelaksanaan diklat pelayanan terpadu penyandang disabilitas menggunakan desain penelitian korelasional (Correlational Research) untuk mengetahui pengaruh pelayanan penyelenggara sebagai variabel bebas terhadap hasil belajar sebagai variabel terikat berdasar koefisien korelasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara melalui google form dan dokumentasi hasil evaluasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa mutu pelayanan secara daring yang dilakukan oleh penyelenggara berpengaruh posistif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta yang ditunjukkan dengan persamaan koefisien regresi yang diperoleh yakni Y = 60,375 + 3,151X. Koefisien determinasi kepuasan peserta dengan pelayanan penyelenggara terhadap hasil belajar tersebut adalah 0,348 atau 34,8% yang mengandung arti bahwa kepuasan peserta terhadap pelayanan daring dari penyelenggara memberikan kontribusi sebanyak 34,8% terhadap hasail belajar, sedang sisanya sebesar 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini..
Kata Kunci: Hasil belajar, pelayanan, diklat
References
Aminullah, A. (2018b). Analisis Tingkat Harapan dan Kepuasan Terhadap Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Teknis Fungsional Guru Tingkat Madya IPS Madrasah Tsanawiyah. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 6(2), 145. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.55
Kartini, T., & Rusman, R. (2018). Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 7486. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23651
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Diseas (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud RI.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Tatsqif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 1933. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
Mulajaya, R. P. (2020). Strategi Pelayanan Sistem Pembelajaran pada Masa Pemberlakuan New Normal (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Ngawen Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora). Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang, 1(21), 117.
Nurdin. (2020). Analisis Pengaruh Kompetensi Teknisi, Sarana Prasarana Diklat, Dan Pelayanan Terhadap Capaian Program Diklat. Scientific Journal of Reflection, 3(3), 271280. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930688
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 188197.
Ridho, S. (2020). Pendidikan Daring di Masa Covid-19. Diambil 4 Februari 2021, dari https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all
Rosdiana, R., & Syahfitri, I. (2019). Peranan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Pelayanan Publik. Journal of Millennial Community, 1(1), 4. https://doi.org/10.24114/jmic.v1i1.12707
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 109119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Santoso, A. D., Noor, I., Ulum, M. C., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2013). Disabilitas dan Bencana (Studi tentang Agenda Setting Kebijakan Pengurangan Risiko Bencana Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia). Jurnal Administrasi Publik, 3(12), 20332039.
Subandi, M. (2016). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (diklat) terhadap Kompetensi Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal ilmu sosial MAHAKAM, 5(1), 2136.
Suci, Y. T., & Jamil, A. S. (2019). Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Dengan Keberhasilan Peserta Pelatihan Teknis Bagi Penyuluh Pertanian. Jurnal Hexagro, 3(2), 4755. https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.279
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8. (2016). tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta: Sekretariat Negara RI.
Wahyudi, Ruliah S., & Yudihartanti, Y. (2017). Analisa Tingkat Kualitas Pelayanan Diklat Prajabatan BKD Banjarbaru Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Jutisi, 5(3), 12391246.
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 6672. https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 3745.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.