PELAYANAN PENYELENGGARA DIKLAT PELAYANAN TERPADU PENYANDANG DISABILITAS MELALUI DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA

Authors

  • Abdul Kholik BPSDM DKI Jakarta
  • Tarmujianto Tarmujianto BPSDM DKI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p62-68

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of online education and training providers on the learning outcomes of participants. The object of his research is the implementation of integrated service training for persons with disabilities. using a correlational research design (Correlational Research) to determine the effect of service providers as an independent variable on learning outcomes as the dependent variable based on the correlation coefficient. Data collection techniques using interviews via google form and documentation of evaluation results. The results of the study concluded that the online service quality carried out by the organizers had a positive and significant effect on the learning outcomes of participants as indicated by the regression coefficient equation obtained, namely Y = 60.375 + 3.151X. The coefficient of determination of participant satisfaction with service providers on learning outcomes is 0.348 or 34.8%, which means that participant satisfaction with online services from providers contributes 34.8% to learning outcomes, while the remaining 65.2% is influenced by variables. others who were not examined in this study.

Keywords: Learning outcames, service, training

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan daring penyelenggara diklat terhadap pencapaian hasil belajar peserta. Objek penelitiannya adalah tentang pelaksanaan diklat pelayanan terpadu penyandang disabilitas menggunakan desain penelitian korelasional (Correlational Research) untuk mengetahui pengaruh pelayanan penyelenggara sebagai variabel bebas terhadap hasil belajar sebagai variabel terikat berdasar koefisien korelasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara melalui google form dan dokumentasi hasil evaluasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa mutu pelayanan secara daring yang dilakukan oleh penyelenggara berpengaruh posistif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta yang ditunjukkan dengan persamaan koefisien regresi yang diperoleh yakni Y = 60,375 + 3,151X. Koefisien determinasi kepuasan peserta dengan pelayanan penyelenggara terhadap hasil belajar tersebut adalah 0,348 atau 34,8% yang mengandung arti bahwa kepuasan peserta terhadap pelayanan daring dari penyelenggara memberikan kontribusi sebanyak 34,8% terhadap hasail belajar, sedang sisanya sebesar 65,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini..

Kata Kunci: Hasil belajar, pelayanan, diklat

Author Biography

Abdul Kholik, BPSDM DKI Jakarta

Abdul Kholik, MM, sebagai widyaiswara ahli muda di Badan Pengembangan Sumber daya Manusia di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

References

Aminullah. (2018a). Profesionalisme dan kualitas pelayanan (telaah implementasi dalam penyelenggaraan diklat pusdiklat tenaga teknis pendidikan dan keagamaan). Andragogi Jurnal Diklat Teknis, VI(1), 87103.

Aminullah, A. (2018b). Analisis Tingkat Harapan dan Kepuasan Terhadap Kualitas Pelayanan Penyelenggaraan Diklat Teknis Fungsional Guru Tingkat Madya IPS Madrasah Tsanawiyah. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 6(2), 145. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.55

Kartini, T., & Rusman, R. (2018). Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 7486. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23651

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Diseas (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud RI.

Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Tatsqif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 17(1), 1933. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667

Mulajaya, R. P. (2020). Strategi Pelayanan Sistem Pembelajaran pada Masa Pemberlakuan New Normal (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Ngawen Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora). Majalah Ilmiah FISIP UNTAG Semarang, 1(21), 117.

Nurdin. (2020). Analisis Pengaruh Kompetensi Teknisi, Sarana Prasarana Diklat, Dan Pelayanan Terhadap Capaian Program Diklat. Scientific Journal of Reflection, 3(3), 271280. https://doi.org/10.5281/zenodo.3930688

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh mutu pembelajaran online dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap hasil belajar saat pandemi Covid19. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 188197.

Ridho, S. (2020). Pendidikan Daring di Masa Covid-19. Diambil 4 Februari 2021, dari https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all

Rosdiana, R., & Syahfitri, I. (2019). Peranan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pelayanan Prima dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Pelayanan Publik. Journal of Millennial Community, 1(1), 4. https://doi.org/10.24114/jmic.v1i1.12707

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 109119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Santoso, A. D., Noor, I., Ulum, M. C., Publik, J. A., Administrasi, F. I., & Brawijaya, U. (2013). Disabilitas dan Bencana (Studi tentang Agenda Setting Kebijakan Pengurangan Risiko Bencana Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Indonesia). Jurnal Administrasi Publik, 3(12), 20332039.

Subandi, M. (2016). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (diklat) terhadap Kompetensi Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal ilmu sosial MAHAKAM, 5(1), 2136.

Suci, Y. T., & Jamil, A. S. (2019). Hubungan Tingkat Kepuasan Pelayanan Dengan Keberhasilan Peserta Pelatihan Teknis Bagi Penyuluh Pertanian. Jurnal Hexagro, 3(2), 4755. https://doi.org/10.36423/hexagro.v3i2.279

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8. (2016). tentang Penyandang Disabilitas. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Wahyudi, Ruliah S., & Yudihartanti, Y. (2017). Analisa Tingkat Kualitas Pelayanan Diklat Prajabatan BKD Banjarbaru Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Jutisi, 5(3), 12391246.

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 6672. https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 3745.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Kholik, A., & Tarmujianto, T. (2021). PELAYANAN PENYELENGGARA DIKLAT PELAYANAN TERPADU PENYANDANG DISABILITAS MELALUI DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 62–68. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p62-68
Abstract views: 395 , PDF Downloads: 175