PENGARUH PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA SISWA KELAS V

Authors

  • Hesty Prayekti Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Manggalastawa Manggalastawa Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p38-41

Abstract

ABSTRACT

Teachers have an important role as educators. It is known that professionalism as a teacher is not on the ability to develop science, but more on his ability to carry out learning that is interesting and meaningful to his students so that it affects the learning outcomes of good students. The purpose of this study is to find out the use of numbered heads together (NHT) models in story element material in improving the learning outcomes of grade V students. The test influenced the use of the NHT model on student learning outcomes in this study using a simple linear regression test. Regression analysis is used to determine the first hypothesis test whether the regression coefficient is significant or not. In looking for this hypothesis test, researchers used a tool in the form of SPSS statistic 25 using simple linear anlyze regression. The results showed that the NHT Model positively influenced students' learning outcomes on the material identifying the story elements < of grade V students.

Keywords: learning outcomes, numbered heads together, story elements

 

ABSTRAK

Guru memiliki peranan penting sebagai seorang pendidik. Diketahui bahwa profesionalisme sebagai seorang guru bukanlah pada kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan, tetapi lebih pada kemampuannya untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswanya sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang baik. Tujuan penelilian ini untuk mengetahui penggunaan model numbered heads together (NHT) pada materi unsur cerita dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Uji pengaruh penggunaan model NHT terhadap hasil belajar siswa pada penelitian ini menggunakan uji regresi linier sederhana. Analisis regresi digunakan untuk dapat mengetahui uji hipotesis pertama apakah koefisien regresi tersebut signifikan atau tidak. Dalam mencari uji hipotesis ini maka peneliti menggunakan alat bantu berupa SPSS statistic 25 dengan menggunakan anlyze regression linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model NHT berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi unsur cerita siswa kelas V. Hal ini dapat diketahui nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000 lebih kecil dari < probabilitas 0,05.

Kata Kunci: hasil belajar, numbered heads together, unsur cerita

References

Bambang, L., Husain, N. S. N., & Rede. A. (2015). Penerapan Pembelajaran Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VIII A SMP Gkst Imanuel Palu. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 4 (1), 23- 28.

Fitri, R. (2017). Perbedaan Penggunaan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dan Think Pair Share Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Bahastra, 37 (2), 156- 163.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A.K., & Kurnia, A. (2016). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hubungan antarmakhluk hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1), 841- 850.

Huda, W., Mardikantoro, H., & Haryadi, H. (2018). Quantum Learning Model Influence using Series of Drawings Towards The Fifth Grade Students Narrative Writing Skill. Journal of Primary Education, 7 (3), 332-341.

Khairunisa, A., Doyin, M., & Qomariyah, U. (2014). Merefleksi Isi Puisi dengan Metode Studi Kasus Kreasi Siswa menggunakan Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3 (1), 1-18.

Kusnida, F., Mulyati, M., & Suudi, A. (2015). Keefektifan Penggunaan media Audio visual dan Media Komik Strip dalam Pembelajaran Menulis Cerpen yang bermuatan Nilai- nilai Karakter berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (2), 111- 117.

Mubaroq, A., Khusni., & Subyantoro. (2017). Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA Berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (1), 53- 58.

Mukrianti. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Semester I Melalui Model Belajar Kooperatif Untuk Bidang Studi Bahasa Indonesia Di SDN Suruhanlor Tahun 2014/2015. Jurnal Pendidikan Profesional, 4 (2), 79- 86.

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Vocabulary Siswa. Jurnal Wawasan ilmiah, 8 (1), 25-31

Nasrun. (2016). The Use of Cooperative Learning With Number Head Together Model to Improve the Students Mathematics Subject. IOSR Journal of Mathematics (IOSR-JM), 12 (5), 113-117.

Nasution, R. A., Yus, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Perolehan Konsep Matematika Pada Anak Di Tk Pembina Negeri 2 Binjai. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 12 (1), 41-48.

Nurgiyantoro, B. (1995). Penilaian dalam Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Nurkanti. (2015). Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Teks Drama. Bastra, 1 (2), 209-218.

Nursyamsi, S.Y., & Corebima, A.D. (2016). The Effect Of Numbered Heads Together (NHT) Learning Strategy On The Retention Of Senior High School Students In Muara Badak, East Kalimantan, Indonesia. European Journal of Education Studies, 2 (5), 47- 58.

Nuryatin, A. (2007). Tujuh Langkah Pembelajaran Menulis Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama.

Ode, E. O. (2014). Impact Of Audio-Visual (Avs) Resources On Teaching And Learning In Some Selected Private Secondary Schools In Makurdi. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 2 (5), 36- 48.

Purwanitaningrum, E., Subyantoro, S., & Haryadi. (2014). Membaca Cepat Untuk Menyimpulkan Isi Bacaan Menggunakan Teknik Tayang Kilas Dengan Media Film Terjemahan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (1), 1-11.

Rahman, M. H., & Zulaeha, I. (2015). Keefektifan Pembelajaran Menyusun Teks Cerita Pendek dengan Model Quantum Dan Project Based Learning (PBL) pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4 (1), 1-10.

Rahmawati, D. (2014). The Effectiveness of Using Cooperative Learning Type Number Heads Together (NHT) Improving Reading Comprehansion of The Students at SMP N 20 Tangerang. The Second International Conference on Education and Language, 30- 36.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroyani, A. (2016). Pengembangan Media Pada Pembelajaran Menyimak Unsur Intrinsik Dengan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT). Bastra, 3 (1), 45- 52.

Thahar, H. E. (2008). Kiat menulis cerita pendek. Bandung: Angkasa.

Yetti, N., Atmazaki., & Timsin,A. C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5 (2), 245-251

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Prayekti, H., & Manggalastawa, M. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA SISWA KELAS V. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 38–41. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p38-41
Abstract views: 501 , PDF Downloads: 296