PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD

Authors

  • Yoga Awalludin Nugraha Universitas Muhammadiyah Kudus
  • Manggalastawa Manggalastawa Universitas Muhammadiyah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this research is; (1) determine the effect of traditional game-based learning on learning motivation; and (2) find how much difference the effect of traditional game-based learning and expository learning on student motivation. This type of research is a quantitative research method in the form of a quasy experiment with a pretest-posttest control group design. The study population consisted of all fourth grade elementary school students in Cluster 1 UPTD, Maja District, Majalengka Regency. The sample was selected through random sampling technique. The data collection technique uses non-test techniques which include interview guidelines, observation guidelines, and documentation. The results showed that; (1) student learning motivation in the experimental class is higher than the control class, with the acquisition of the independent t-test results of 0.00 <0.05, and the mean data in the experimental class is higher than the control class; the N-Gain result of the control class was 0.24, while the experimental class was 0.43; and (2) there is a difference in the average learning motivation of students at very high, high, and sufficient levels in the experimental class. This is evidenced by the acquisition of one way ANOVA test results of 0.00 <0.05. Furthermore, the post hoc test was carried out to determine which group was the most significant, and the largest mean difference was obtained in the very high group, namely 22,333

Keywords: Independent School, Pancasila, Education, National Insight

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) menentukan pengaruh pembelajaran berbasis permainan tradisional terhadap motivasi belajar; dan (2) menemukan seberapa besar perbedaan pengaruh pembelajaran berbasis permainan tradisional dan pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif bentuk quasy eksperiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian terdiri atas seluruh siswa kelas IV SD di Gugus 1 UPTD Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Sampel dipilih melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes yang meliputi pedoman wawancara, pedoman observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) motivasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan perolehan hasil uji independet t-test sebesar 0,00 < 0,05, serta data rerata dikelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol; hasil N-Gain kelas kontrol sebesar 0,24, sedangkan kelas eksperimen sebesar 0,43; dan (2) terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa tingkat sangat tinggi, tinggi, dan cukup pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji one way ANOVA sebesar 0,00 < 0,05. Selanjutnya dilakukan uji post hoc untuk mengetahui kelompok yang paling signifikan, diperoleh mean difference terbesar pada kelompok sangat tinggi, yaitu 22.333

Kata Kunci: Engklek, Motivasi Belajar, Permainan Tradisional

Author Biography

Yoga Awalludin Nugraha, Universitas Muhammadiyah Kudus

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Azizah, I. (2016). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Materi Gaya. Jurnal Dinamika Penelitian, 16 (2), 279-285.

Dhani, F. (2020). Penerapan Permainan Tradisional terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Penelitian Olahraga dan Kesehatan, 7 (3), 515-518.

Gipit, A., Charles., A.M., Musa, R.M. (2017). The Effect of Traditional Games Intervention Programme in the Enhancement School-Age Childrens Motor Skills: A Preliminary Study. Internatoanal Jurnal: Movement, Health &amp; Exercise, 6 (2), 157-169.

Hardiyanto., Susilawati., & Harjono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ekspositori dengan Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN 1 Mataram Tahun Ajaran 2014/ 2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1 (4), 249-256.

Hidayat, D. (2013). Permainan Tradisional Dan Kearifan Lokal Kampung Dukuh Garut Selatan Jawa Barat. Jurnal Academica Fisip Untad, 5 (2), 1057-1070.

Rusnilawati., Muthmainnah, H.T., Mufti, F.N., Istiqomah., Ulima, E.T., & Hidayati., Y. M. (2018). Metode Permainan Tradisional Engklek Pada Pembelajaran Bangun Datar Menumbuhkembangkan Motivasi Belajar Siswa. Proceeding of The 8th University Research Colloquium 2018, pp. 189-195.

More, V.J., Amber, C., Chessin, D.A., Mott, M.S., & Elizabeth, M. (2014). Societal Issues in Social Studies and Science Education: Promoting Responsible Citizenship. International Journal of Humanities and Social Science, 4 (10), 69-73.

Mulyani, S. (2013). 45 Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing.

Munawaro, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1 (2), 617.

Rahmatin, R., & Siti, K. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu UMATH (Uno Mathematics) dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (5), 67Ë—73.

Sapriya. (2008). Pendidikan IPS. Bandung: Yasindo Multi Aspek

Sulastri. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3 (1), 90-103.

Sumitro, A. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (9), 1188-1195.

Susanti, S. & Nurtania, Y. (2017). Model Perilaku Komunikasi Komunitas Hong dalam Melestarikan Permainan dan Mainan Tradisional Sunda. Jurnal Komunit, 9 (2), 126Ë—145.

Downloads

Published

2021-01-31

How to Cite

Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37
Abstract views: 2001 , PDF Downloads: 1038