PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KEDUNGREJO WONOGIRI

Authors

  • Dwi Sulistyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p127-132

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   meningkatkan   hasil   belajar   subtema hebatnya cita-citaku pada siswa kelas IV menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan media audio visual. perangkat pembelajaran yang digunakan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media audio visual, lembar kerja siswa (LKS), lembar tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Variable yang diamati selama pelaksanaan  penerapan  model  quantum  teaching  dengan  media  audio  visual adalah aktivitas guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran sedangkan hasil belajar siswa dilakukan melalui tes tertulis.

Desain penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian berlangsung selama tiga siklus. Data didapatkan melalui observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengobservasi kegiatan yang dilakukan guru dan siswa selama pembelajaran sedangkan tes dilakukan untuk mengukur tes hasil belajar siswa.

Hasil   penelitian   menunjukkan   aktivitas   guru   sangat   baik   dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 81,00 dengan kategori œsangat baik dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 95%. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model quantum teaching dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar subtema hebatnya cita-citaku pada siswa kelas   IV SDN 1 Kedungrejo Wonogiri semester II tahun pelajaran 2014/2015

Author Biography

Dwi Sulistyono, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Aqib, Zainal. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, & TK. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Asnawir., M. Basyiruddin., dan Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

De Porter, B. (2000). Quantum Teaching. Mempraktekkan Quantum Teaching di Ruang-ruang Kelas. Edisi terjemahan Ary Nilandary. Bandung: Kaifa.

De Porter, Bobbi., Readon, Mark., Sarah, Singer-Nourie. (2007). Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Depdikbud. (1994). Kurikulum Pendidikan Dasar, Landasan Program dan Pengembangan. Jakarta: Ditjen Diktasmen.

Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimyati, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah., Bahri., dan Syaiful. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP. Press Gruop.

Flavell, J. H. (1982). The Development Pscchology of Jean Peaget. Princenton: Van Nostrand.

Fogarty, Robin. (1991). Ten Ways to Integrated Curriculum. Educational Leadership, Oktober 1991, 61-65.

Gunarhadi. (2010). The Impact of Quantum Teaching Strategy on the Academic Achievements of Students in Inclusive Schools. Universiti Utara Malaysia.

Hamalik, Oemar. (1982). Pengajaran Unit, Studi Kurikulum dan Metodologi. Bandung: Alumni.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Herhyanto dan Hamid. (2008). Statiska Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Indarti. (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah (prinsip-prinsip dasar langkah-langkah, dan Implementasinya). Surabaya:UNESA University Press.

Junaidi, Wawan. (2010). Cara Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. http://wawan- junaidi.blogspot.com/2010/07/aktivitas-belajar-siswa.html. Diakses pada tanggal 27/01/ 2015 21:30 WIB.

Kartika Chrysti Suryandari, Suripto, Sutarno. (2014). Pengunaan Model Quantum Teaching dengan Media Gambar Seri Dalam Peningkatan.

Ketrampilan Mengarang Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. UNS (online) dalam http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10571. Diakses pada tanggal 28 April 2015 pukul 22:00 WIB.

Kemendikbud. (2013). Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No.81A tentang Implementasi Kurikulum Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud No.104 tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krisnasari, Selvy. (2010). Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDN Parangargo 1 Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Malang: PPS UM.

Lie. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Marzuki. (2001). Metodologi Riset. Yogyakarta: BPFE UII.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran; (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Muncarno. (2009). Bahan Ajar Statistic Pendidikan. Metro: PGSD.

Ngalim, Purwanto. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Poerwanti, Endang. (2008). Asesmen pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat.

Pranichayudha, Rohsulina. (2008). Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Metode Quantum Teaching Dan Ceramah Tanya Jawab Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Cepogo Tahun Ajaran 2008/2009. PPS: UNS (online) dalam http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/5329. Diakses pada tanggal 18 Desember 2014 pukul 20:00 WIB.

Purwanto, Ngalim. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Yrama Widya.

Purwanto. (1995). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, Rima. (2012). The Implementaton Quantum Teaching Method Of Graduate Through Up-Grade Hard Skill And Soft Skill. Procedia- Social and Behavioral Sciences Vol.57 pp. 477 485.(online) dalam http://www.sciencedirect.com.html. Diakses pada tanggal 16 Desember 2014 pukul 20:00 WIB.

Riyanto, Yatim. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Refrensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media.

Simarmata, Renni Ria Ritha. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Peningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Fluida Di Kelas XI IPA-3 SMA Negeri Hamparan Perak. Jurnal Saintech vol 06 No 02 (online) http://universitasquality.ac.id/library/jurnal-saintech. Diakses pada tanggal 28 April 2015 pukul 22:00 WIB.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pres.

Sadiman, Arif S. (1996). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rahayu, Saptanti. (2009). Penggunaan Metode Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS Ditinjau Dari Inteligensia Siswa Di SMA Negeri 7 Surakarta. UNS (online) dalam http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10571. Diakses pada tanggal 10. Desember 2014 pukul 21:00 WIB.

Sardiman, A, M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya . Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (1978). Media Pengajaran. Surabaya: Pustaka Dua.

Sugiyono. (2010). Metode Penetian Kuantitatif Kulitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualittif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Suryabrata. (1989). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryani, Irma., Sari, Sri Adelila., Milfayetty, Sri and Dirhamsyah, M. (2014). Increasing Knowledge of The Earthquake Preparedness Through. Quantum Teaching Model on State Primary School 19 Banda Aceh. Tijoss. Vol.19 No.1 pp 39-44 (online) dalam http://www.tijoss. Com/tjoss 19th volume.html. Diakses pada tanggal 2 Desember 2014 pukul 22:00 WIB.

Wardhani, IGAK. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Downloads

Published

2016-01-20

How to Cite

Sulistyono, D. (2016). PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KEDUNGREJO WONOGIRI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(1), 127–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p127-132
Abstract views: 1099 , PDF Downloads: 381