PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG DAN PUZZLE PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Shella Oktavianti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p118-126

Abstract

Penelitian pengembangan media wayang dan puzzle dilatarbelangi oleh kesulitan siswa kelas IV SD dalam menggali ide dan gagasannya pada pembelajaran menulis cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pegembangan, kualitas, dan keefektifan media wayang dan puzzle yang dikembangkan, Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan Four-D  yang dimodifikasi menjadi Three-D. Subjek uji coba I adalah 10 siswa kelas IVA dan uji coba II adalah 20 siswa kelas IVB SDN Perak I Jombang. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik catat  dan check list (√).Teknik analisis digunakan dengan statik deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan media wayang dan puzzle telah melalui tiga proses tahapan yang sesuai dengan model pengembangan Four-D yang telah dimodifikasi., (2) kualitas media wayang dan puzzle pada pembelajaran menulis cerita yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, (3) kriteria keefektifan media wayang dan puzzle ditinjau dari aktivitas guru dengan kategori baik, aktivitas siswa dengan kategori sangat baik, dan hasil belajar siswa secara individu pada uji coba I diperoleh nilai dari salah satu siswa yang belum mencapai KKM yaitu 70, sedangkan pada uji coba II nilai yang diperoleh seluruh siswa telah mencapai KKM. Hasil belajar secara klaksikal dinyatakan tuntas dengan persentase 90% pada uji coba I dan 100% pada uji coba II sebab ketuntasan belajar klaksikal yang ditetapkan adalah 75%.

Author Biography

Shella Oktavianti, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabya

References

Anderson, Lorin. W. (1981). Assessing Affective Characteristic in The Schools. Boston: Allyn and Bacon.

Gozzi, Raymond Jr. (2014). The Jigsaw Puzzle As A Metaphor for Knowledge. United States: International Society For General Semantics.

Herianto, Slamet. (2010). Penggunaan Wayang Kertas sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN Juluk 2 Saronggi Sumenep. Malang: Universitas Negeri Malang.

Murtianis. (2014). Pengembangan Permainan Tradisional œEngkle Bermedia Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Tema Peduli Terhadap Lingkungan Hidup. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Rita, Novit Kurnia Rahayu. (2013). Penggunaan Media Puzzle Dalam Pembelajaran Menulis Pengumuman Berbasis Lesson Study Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Sabang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sujamto. (1991). Sabda Pandhita Ratu. Semarang: Dahara Prize.

Sukino. (2010). Menulis Itu Mudah: Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal. Yogyakarta: LKis Printing Cemerlang.

Susilo, Bambang. (1995). Senang Wayang. Semarang: Masscom Graphy.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2016-01-20

How to Cite

Oktavianti, S. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG DAN PUZZLE PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERITA UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(1), 118–126. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p118-126
Abstract views: 925 , PDF Downloads: 431