PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SDN 1 PULE KECAMATAN PULE KABUPATEN TRENGGALEK

Authors

  • Yuni Anjarwati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p98-104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran geometri dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di kelas IV SDN 1 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap; yaitu, tahap perencanaan, aksi/tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen  yang digunakan adalah Tes Keterampilan Berpikir Kritis (TKBK), Tes Hasil Belajar (THB), lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik, serta angket respon peserta didik. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) meningkat, yakni 91,8% pada siklus I menjadi 94,7% pada siklus II; (2) aktivitas peserta didik dalam KBM meningkat dari 78,5% pada siklus I menjadi 85,0% pada siklus II; (3) keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat dari 53,0% pada studi awal menjadi 61,0% pada siklus I, dan kembali meningkat menjadi 76,4% pada siklus II; (4) hasil belajar peserta didik meningkat dari 74,0% pada siklus I menjadi 86,5% pada siklus II; serta (5) terjadi interaksi aktif dalam KBM, guru mengajar sesuai dengan langkah-langkah dalam RPP, dan peserta didik memberikan respon positif terhadap proses belajar mengajar beserta perangkat pembelajaran yang dirancang.

Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan PMR pada pembelajaran geometri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas IV SDN 1 Pule Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh peningkatan hasil tes keterampilan berpikir kritis mulai dari studi awal sampai siklus II

Author Biography

Yuni Anjarwati, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Amin, Siti Maghfirotun. (2015). Belajar Matematika? Yes!!!. Makalah Dipresentasikan pada Seminar Nasional Matematika Universitas Adi Buana Surabaya. Tanggal 30 Mei 2015.

Anggraini, Valentine Luky. (2012). Profil Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Inkuiri dengan Topik Grafik Fungsi Kuadrat Berbantuan Winplot Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Makalah Komprehensif pada PPS UNESA Surabaya: tidak diterbitkan.

Appelbaum, Mark & Leinking, Roza. (2007). Looking Back at The Beginning: Critical Thinking in Solving Unrealistic Problems. (Online). http://www.math.umt.edu.tmme vol 4 no 2 p.258. Diakses tanggal 7 Juli 2014.

Arends, Richard I. (2008). Learning to Teach Seventh Edition. New York: Mc Graw-Hill.

Arifin, Zaenal. (2010). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bestari, Anindya Dian. (2012). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Margorejo dengan Model Numbered Head Tugether (NHT) Berbantuan Hands On Activity terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Lingkaran. Tesis pada PPS UNS Semarang: tidak diterbitkan.

BSNP. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: BSNP.

Budi, Rahmad Ramelan Setia. (2008). Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia melalui Penggunaan Alat Peraga Paktik Miniatur Tandon Air terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri Kota Manna. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 2. No.1.

Bushaw, D. W. (1998). Preparing Teachers for Realistic Mathematics Education. The College Mathematics Journal, 29(1), 74. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/203932009?accountid=139588. diakses tanggal 18 Desember 2014.

Copeland, Richard W. (1976). Mathematics and The Elementary Teacher 3rd Edition. Philadelphia, London, Toronto: W B Saunders Company.

Daryanto, & Tasrial. (2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ennis, Robert H. (1995). Critikal Thinking. New Jersey: Prentice-Hall.

Ennis, Robert H. (2000). An Outline Of Goals For Critical Thinking Curuculum and Its Assesment. (Online). http://facullty.ed.uiue.edu/rhennis. diakses tanggal 18 Juli 2014.

Ermayanti. (2014). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Tesis pada PPS UNESA Surabaya: tidak diterbitkan.

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Fiantika, Feny Rita. (2005). Pembelajaran Matematika Ralistik untuk Pokok Bahasan Pencerminan dan Simetri. Tesis pada PPS UNESA Surabaya: tidak diterbitkan.

Filsaime, Dennis K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Gravemeijer, K. P. E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Freudhental: Institute Ultrecht.

Hadi, Sutarto. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin: Tulip Banjarmasin.

Hadis, Abdul & Nurhayati B. (2010). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Heruman. (2010). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Rosda Karya.

Johnson, Elaine B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is And Why Its Here To Stay. California: Corwin Press.

Kerami, Djati & Cormentyna Sitanggang. (2003). Kamus Matematika. Jakarta: Balai Pustaka.

Muhsetyo, Gatot, dkk. (2011). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurhayati, Yetty. (2013). Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Tesis pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Nur, Mohamad, dkk. (2008). Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: Unesa Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

Nur, Mohamad, & Prima Retno Wikandari. (2008). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa Pusat Sains Dan Matematika Sekolah.

Ratumanan, T. G. & Theresia Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Surabaya: unesa university press.

Reys, Robert, Mary M. L., Diana V. L., & Nancy L. S. (2009). Helping Children Learn Mathematics. United States of America: Wiley.

Riyanto, Yatim. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ruseffendi, E. T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Santrock, W. J. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Siswono, Tatag Yuli Eko. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.

Smith-Blair, N., & Neighbors, Marianne,EdD., R.N. (2000). Use of The Critical Thinking Disposition Inventory in Critical Care Orientation. The Journal of Continuing Education in Nursing, 31(6), 251-6. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/223323258?accountid=139588.

Soedjadi, R. (1999). Dasar-Dasar Matematika. Surabaya: IKIP Surabaya Press.

Soedjadi, R. (2007). Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Unesa Pusat Sains dan Matematika Sekolah.

Solso. Robert L. (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga.

Somakin. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Penelitian-Pendidikan Forum MIPA, Vol. 14. No. 1.

Soviawati, Evi. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khusus No.2, ISSN 1412-565X.

Streefland, Leen. (1991). Realistic Mathematics Education in Primary School. The Netherlands: Freudenthal Institute.

Sudjana. (1984). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jakarta: Kanisius.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Unal, Z. A., & Ipwk, A. S. (2009). The Effect of Realistic Mathematics Education on 7th Grade Students' Achievements in Multiplication of Integers. Egitim Ve Bilim, 34(152), 60. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/1009842163?accountid=139588. diakses tanggal 18 Desember 2014.

Warli. (2008). Pembelajaran Matematika Realistik Materi Geometri Kelas IV MI. http://ejournal.unirow.ac.id/ojs/files/journals/2/articles/4/public/JURNAL-WARLI-4.pdf.

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winataputra, Udin S, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2016-01-20

How to Cite

Anjarwati, Y. (2016). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SDN 1 PULE KECAMATAN PULE KABUPATEN TRENGGALEK. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(1), 98–104. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p98-104
Abstract views: 3684 , PDF Downloads: 1213