PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DENGAN ARAHAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN EKSPERIMEN DAN PENGUASAAN KONSEP MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p92-97Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran dengan arahan untuk melatihkan keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep materi gaya pada kelas IV SD. Melalui penerapan pembelajaran dengan arahan siswa dilatih untuk melakukan eksperimen tahap demi tahap sesuai dengan langkah-langkah percobaan sehingga siswa mampu melakukan eksperimen sendiri. Dengan melakukan eksperimen secara mandiri, keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep siswa dapat meningkat.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan bentuk one group pretest postest. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Garung Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas satu kelompok eksperimen yang berjumlah 25 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran dengan arahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan instrumen tes.
Berdasarkan hasil analisis data menggunakan lembar pengamatan, keterlaksanaan pembelajaran model direct instruction menunjukkan skor rata-rata 3,6 dalam kategori baik, keterampilan eksperimen siswa mencapai 100% dengan kategori aktivitas tinggi dan penguasaan konsep siswa pada materi gaya meningkat setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran dengan arahan dengan rata-rata proporsi 0,88. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan arahan dapat melatihkan keterampilan eksperimen dan penguasaan konsep materi gaya kelas IV SDReferences
Arends, R. (2012). Learning to Teach. New York: Mc Graw- Hill.
Dahar, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Djamarah, S dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Eggen dan Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT. Indeks.
Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta.
Joyce, B and Weil, M. (2011). Model of Teaching Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kardi, S dan Nur, M. (2005). Pengajaran Langsung. Surabaya: Unesa University Press.
Khaeruddin dan Sujiono, E. (2005). Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slavin, R. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik Jilid Satu. Jakarta: PT. Indeks.
Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiarto, B. (2009). Mengajar Siswa Belajar Implementasi Guru di dalam Kelas. Surabaya: Unesa University Press.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.
Tim Penyusun Kurikulum SD. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.