PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD

Authors

  • Fatoni Fatoni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p84-91

Abstract

Keberhasilan pembelajaran IPS dapat ditunjukkan dengan hasil belajar siswa. Tingkatan hasil belajar tertinggi adalah pemecahan masalah di mana dibutuhkan kemampuan kerjasama siswa. Salah satu model pembelajaran untuk melatihkan kemampuan kerjasama adalah pembelajaran kooperatif dan untuk kemampuan memecahkan masalah menggunakan strategi problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif STAD melalui strategi problem based learning terhadap hasil belajar siswa dan terhadap kemampuan kerja sama siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Sampel penelitian menggunakan 61 siswa SD kelas 5 SDN Kejapanan I Gempol Pasuruan. Pengambilan data penelitian menggunakan tes dan pengamatan. Data dianalisis dengan statistik melalui t test untuk menguji hipotesis dimana sebelumnya dilakukan uji pra syarat berupa uji normalitas dan homogenitas.

Berdasar uji statistik diperoleh nilai t hitung untuk hasil belajar sebesar 3,47 dan t tabel = 2,00. Karena thitung ttabel maka Ho ditolak artinya ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kejapanan I Gempol Pasuruan. Untuk kemampuan kerjasama diperoleh t hitung sebesar 3,57 dan t tabel = 2,00. Karena thitung ttabel maka Ho ditolak, sehingga ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi problem based learning terhadap  kerjasama siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Kejapanan I Gempol Pasuruan.Berdasar hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan strategi problem based learning terhadap kerja sama dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kejapanan I Gempol Pasuruan

Author Biography

Fatoni Fatoni, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

Universitas Negeri Surabaya

References

Alansari, Eissa M. (2006). Implementation of Cooperative Learning in The Center for Community Service and Continuing Educationat Kuwait University. Australian Journal of Adult Learning Volume 46, Number 2, July 2006.

Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Anderson, Lorin W, David R. Krathwohl. (2010). Kerangka Landasan Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anitah, Sri. (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2007). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Astika, I Kd. Urip, I. K. Suma, I. W. Suastra. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Volume 3 Tahun 2013).

Depdiknas. (2008). Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif. Depdiknas: Direkturat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Farid, Muhammad. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang Mengintegrasikan Media KIT Listrik dan PhET Melalui Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Unesa.

Hamdu, Ghullam dan Friska Risdiyani. (2015). Pengembangan LKS Pembelajaran Berbasis Masalah Tema Bermain dengan Benda-Benda Sekitar. Internasional Proceeding 6th Pedagogy International Seminar 2015. Bandung: UPI Bandung.

Hariastuti, Retno Tri ; Abdul Saman. (2007). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Vol.8, No.1, 2007.

Huang, Y.-M., Huang, T.-C., & Hsieh, M.-Y. (2008). Using Annotation Services in a Biquitous Jigsaw Cooperative Learning Environment. Journal of Educational Technology & Society, 11 (2), 3-15.

Khusni, Amanah C.L, Siska Desy Fatmaryanti, Dr. Sriyono. (2014). Aplikasi Model Performance Assessment untuk Melihat Ketelitian dan Kekritisan Siswa pada Kegiatan Praktikum SMA Negeri 5 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Radiasi Vol.5 No.1. September 2014.

Komalasari, Kokom. (2013). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Muijs Daniel and Reynolds David. (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munaiyah. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievementn Devision (STAD) untuk Meningkatkan Kepekaan Sosial dan Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negari Percobaan Surabaya. Unesa.

Nursaban, Muhammad. (2013). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Metode Tutorial Di Jurusan Pendidikan Geografi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, November 2013, Th. XXXII, No. 3.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ramadin 2013:Pembelajaran Pemecahan Masalah di Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Unesa.

Ratumanan, Tanwey Gerson, Theresia Laurens. (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: YP3IT dan Unesa University Press.

Rawi A. (2005). Implementasi Model PBM dengan Prinsip Kooperatif untuk Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Berbasis Masalah pada Pokok Bahasan Pencemaran. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: Unesa.

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas . Jakarta : Kencana.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarah, Lia Laela; Setiya Utari; Parsaoran Siahaan. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, Volume 10, Nomor 1, Maret 2009.

Simanjuntak, Wanti. (2013). Pentingnya PAIKEM dalam Pembelajaran. http://www.kompasiana.com.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujana, Nana. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suprijono, Agus (2011). Cooperative Learning; Teaori dan Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tim Naqsdna. (2014). Learning Pyramid, Cara Efektif Belajar. http://www.naqsdna.com/2014/01/learning-pyramid-cara-efektif-belajar.html.

Tim Penyusun. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Tim Penyusun Penilaian Kurikulum 2013. (2014). Pedoman penilaian kurikulum 2013. http://www.p3g.unm.ac.id.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana Prenada Media Group.

Vaugan, W. (2002). Effect of Cooperative Learning on Achievement and Attitude Among Students of Color. Journal of Education Research.

Widoyoko, S. Eko Putro. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, S. EkoPutro. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2016-01-20

How to Cite

Fatoni, F. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(1), 84–91. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p84-91
Abstract views: 1474 , PDF Downloads: 709