PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK INTEGRATED BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • M. Bambang Edi Siswanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p78-83

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas buku ajar tematik integrated berbasis multiple intelligences pada kelas IV SD. Kualitas buku ajar yang dikembangkan ditinjau berdasarkan produk dan penggunaannya di kelas.

Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengebangan four-D yang terdiri atas tahap (1) pendefinisian; (2) perancangan; (3) pengembangan; dan  (4) penyebaran. Akan tetapi,  penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan tanpa melakukan tahap penyebaran karena produk penelitian ini hanya dikhususkan sekolah ujicoba. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik dokumentasi, obsevasi, angket, dan tes.Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil presentase kelayakan isi/materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan secara berturut turut sebesar 94 %, 100 %, 100%, dan 100 %.Semua katagori tersebut katagori termasuk katagori berkualitas (sangat layak) perolehan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa berturut-turut adalah 92 % dan 91 %.Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85, nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan yaitu ≥67.Respon guru dan siswa terhadap buku ajar adalah 92 % dan 82 %. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa buku ajar tematik integrated berbasis multiple intelligences yang dikembangkan layak digunakan

Author Biography

M. Bambang Edi Siswanto, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Amstrong, Thomas. (2008). 7 Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelegence, terj. T. Hermaya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Amri, Sofan. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baharudin. (2008). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Brown,Dauglas H. (2007) Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Edisi Kelima-terjemahan. Jakarta: Person Education.Inc.

Chatib, Munif. (2011). Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelegence di Dunia Pendidikan, terj. Yudhi, Murtanto. Bandung: Kaifa

Chatib, Munif. (2010). Sekolah Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelegences di Indonesia. Bandung: Kaifa

Campbell, L, dkk. (1996). Teaching &Learning Trough Multiple Intelligence.United States of America : MediaLink Associates, Inc.

Dahar, Ratna Wilis. (1988). Teori-teori Belajar. Bandung

Degeng, Nyoman Sudana dan Miarso. (1993). Desain Pembelajaran Teori Keterapan. Malang: PPS IKIP Malang.

Depertemen Pendidikan Nasional. (2013). Draf Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar (SD) Madrasah Ibtidaiyah (MI).Jakarta: Balitbang.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

DePorter, Bobbi. (2009). Quantum Writer: Menulis Lebih Mudah, Tanpa Stres, dengan Hasil Lebih Baik. Cetakan ke-2. Diterjemahkan oleh Lovely: Bandung: Mizan Media Utama.

DePorter, Bobbi. (2005). Quantum Learning Bandung: Kaifa

Fogarty, Robin. (1991). The Mindful School: How to Integrate The Curricula. IRI/Skylight Publishing, Inc: Palatine, Illinois.

Gardner, Howard. (1983). Frames Of Mind,New York:Basic Books Inc.

Indriana, Dina. (2011). Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Diva Press

Isjoni. (2010). Cooperatif Learning: Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta cv.

Ismanto, Hadi. (2012). Pengembangan Modul PKn SD Kelas IV Pada Pokok Bahasan Globalisasi Berorientasi Pendidikan Karakter. Tesis, tidak diterbitkan. Surabaya: PPS Pendidikan Dasar.

Kurniawan, Deni. (2011). Pembelajaran Terpadu Teori, Praktek, dan Penilaian. Bandung: CV Pustaka Cendekia Utama.

Kolb, A.D. (1984). Experiential Learning, Experience as The Source of Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall, Inc.Englewood Cliffs.

Muslich, Masnur. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Nurani Yuliani,Bambang Sujiono. (2013). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.

Permendikbud RI Nomor 11 tahun 2014 tentang buku teks pelajaran dan buku panduan guru kurikulum 2013 kelompok peminatan pendidikan UNNES.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.

Purwanto M. N. (2001). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung : AlFABETA

Richard, Jack C. (2002). Methodology In Language Teaching Cambrige Press.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryanti, dkk. (2008). Model Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: University Press.

Downloads

Published

2016-01-20

How to Cite

Siswanto, M. B. E. (2016). PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK INTEGRATED BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 2(1), 78–83. https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p78-83
Abstract views: 392 , PDF Downloads: 336