PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SUMBER ENERGI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n1.p71-77Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak digunakan untuk pembelajaran. Kelayakan dapat dilihat dari validitas, kepraktisan, serta keefektifan dari perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan.
Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah four-D Models yang telah direduksi. Reduksi yang dilakukan antara lain penyederhanaan tahap-tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design) dan tahap pengembangan (develop), sedang tahap penyebaran (desiminate) tidak dilaksanakan.
Subjek penelitian adalah siswa kelas III di SDN 2 Kertosari dan SD Tarbiyatul Islam dengan desain eksperimen one group pretest posttest design. Metode Pengumpulan data meliputi validitas, observasi dan tes. Analisis data menggunakan persentase, uji t berpasangan dan anava.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kevalidan perangkat yang dikembangkan berkategori baik. 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran berkategori sangat baik 3) Keefektifan perangkat ditinjau dari respon siswa menunjukkan persentase respon sangat baik terhadap pembelajaran, ditinjau dari aktivitas siswa menunjukkan persentase aktivitas sangat baik dalam pembelajaran, dan ditinjau hasil analisis uji t berpasangan menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Dengan uji anava diketahui bahwa hasil belajar semua kelas implementasi menggunakan perangkat yang dikembangkan konsisten.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa perangkat yang dihasilkan layak untuk diterapkan pada pembelajaran karena telah memenuhi tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.References
Arend, Richard I. (2012). Learning To Teach.New York: MCGraw-Hill
Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arvianto, Ilham Rais., Murdiyana, Budi Usodo. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kognitif TGT Berbasis Assesment for Learning(Afl) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. http://jurnal.pasca.uns.ac.id
Borich, GD. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. Newyork: Macmillan Publishing Company
Chairhany, Sitie dan Arsaythamby Veloo. (2013). Fostering students attitudes and achievement in probability using teams-games-tournaments.
Colman, Andrew M. (2003). Cooperation, psychological game theory, and limitations of rationality in social interaction
Damanik, Asan. (2011). Fisika Energi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: BNSP.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Fogarty, Robin. (1991). How to Integrate The Curricula. Unitet States of America: Skylight Publishing, Inc.
Hake, R.R. (1999). American Educational Research Association, Division, Measurement and Research Methodology ;Analyzing Change/Gain Scores.USA : Woodland Hills.
Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Gronlund, N.E. (1982). Constructing Achiefment Test:Thirt edition. Englewood Cliff: Frantice hall Inj.
Ibrahim, Muslimin dkk. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa-University Press.
Johnson, David W dan Robert T Johnson. (2002). Maningful Assessment A Manageable and Cooperative Process. Boston: Allyn And Bacon.
Ke, Frengfreg. (2008). Alternative goal structures for computer game-based learning. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 3(4), 429-445. http://dx.doi.org/10.1007/s11412-008-9048-2
Knabb, M. T. (2000). Discovering teamwork: A novel cooperative learning activity to encourage group interdependence. The American Biology Teacher, 62(3), 211-213. Retrieved from http://search.proquest.com/docview/219021121?accountid=139588.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur, Mohammad. (2004). Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: PSMS Unesa
Nur, Mohammad dan Prima Retno Wikandari. (2008). Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa-University Press.
Notash, Massoud Yaghoubi. (2014). Cooperative learning for oral accuracy: Investigating inflectional ending pronunciation in EFL situation. http://dx.doi.org/89.1007/s65412-456-9388-1
Paino, P. (2001). Games students play. The Science Teacher, 68(4), 28-30. http://search.proquest.com/docview/214621177?accountid=139588
Poedjiadi, Anna. (2005). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Pritchard A. dan J. Woollard. (2010). Psychology for The Classroom: Contructivism and Social Learning. Oxon: Routledge.
Purwati. (2013). Implementasi Team Games Tournament Berbasis Percobaan Fisika Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Peserta Didik. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ipec.
Ratumanan, TG dan Teheresia Laurens. (2011). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2. Surabaya : Unesa University Press.
Reys, Robert. (2009). Helping Children Learn Mathematic. The United States of America : John Wiley & Sons, Inc.
Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Santoso, Singih. (2014). SPSS 22 from Esential to Expert Skill. Jakarta: Elek Media Komputindo
Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learnig Penerjemah: Narulita Yusron. Bandung : Nusa Media
Solihatin, Etin dan Raharjo. (2007). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfa Beta
Sugiyono. (2014). Statistik Untuk Penelitian.Bandung: Alfa Beta
Suprijono, Agus. (2005). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto, Suryadi. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tiagarajan,S., Dorotyhy S Semmel, dan Melyn I Semmeli. (1974). Instructional Development for Training Tacher of Exeptional Children A Source Book. Blomington Indiana: Indiana University.
Tran, Van Dat. (2011). The Effects of Cooperative Learning on the Academic Achievement and Knowledge Retention. http://dx.doi.org/10.5430/ijhe.v3n2p131.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasiya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Trianto. (2010). Mendesain Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan & Implementasinya pada KTSP. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Wyk, Micheal M. Van. (2011). The Effects of Teams-Games-Tournaments on Achievement, Retention, and Attitudes of Economics Education Students. http://search.proquest.com/docview/219021121/fulltextPDF/D3F78DBF73F4204PQ/30?accountid=38628.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.